PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGELOLAAN EMOSI KORBAN PERCERAIAN BERBANTUAN BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL DENGAN TEKNIK SIMULASI SISWA SMP NEGERI 1 TAKERAN KABUPATEN MAGETAN
DOI:
https://doi.org/10.25273/counsellia.v4i2.264Keywords:
Pengelolaan Emosi Korban Perceraian, Bimbingan Pribadi-Sosial, Teknik SimulasiAbstract
Berdasarkan hasil pengamatan dan catatan konselor sekolah, diperoleh
informasi bahwa di SMP Negeri 1 Takeran Kabupaten Magetan khususnya siswa
kelas VIII, menunjukkan kurang mampu mengelola emosinya. Penyebab yang
paling dirasakan adalah karena latar belakang perceraian orang tua. Akibatnya,
kebanyakan siswa tersebut merasa minder, kurang mampu memotivasi diri
sendiri, tingkat kecemasan yang berlebihan, dan kurang mampu bangkit dari
perasaan-perasaan yang menekan. Kemampuan pengelolaan emosi merupakan
penunjang dari keberhasilan siswa dalam bersosialisasi dan mengoptimalkan
kemampuannya, sehingga ada alasan perlu ditingkatkan. Harapan dalam
penelitian ini siswa lebih mampu memotivasi diri, bertahan menghadapi frustasi,
mampu mengendalikan dorongan hati, tidak melebih-lebihkan kesenangan,
mampu mengatur suasana hati dan berempati.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pengelolaan
emosi korban perceraian melalui bimbingan pribadi-sosial dengan teknik simulasi
siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Takeran Kabupaten Magetan. Sampel penelitian
ditetapkan dengan teknik purposive sampling, yaitu siswa korban dari orang
tuanya bercerai, sebanyak 16 siswa, dan yang terindikasi belum mampu
mengelola emosi yang disebabkan perceraian orang tua sebanyak 5 siswa.
Penentuan jumlah sampel penelitian mengacu pada hasil observasi peneliti dan
catatan hasil analisis data kepribadian dari konselor sekolah. Pengumpulan data
menggunakan teknik angket. Rancangan penilitian ini menggunakan pra eksperimental,
dengan desain one-group pretest-post test. Analisis data penelitian
mengunakan teknik statistik, dengan rumus t-score.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengelola
emosi korban perceraian orang tua melalui bimbingan pribadi-sosial dengan
teknik simulasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Takeran Kabupaten Magetan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, the author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling maintain the publishing rights to the published articles.
Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with an acknowledgement of initial publication to this journal.
Author sent the copyright transfer form (here) to the journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.