PENGARUH SELF EFFICACY DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SMK PGRI 1 MADIUN
DOI:
https://doi.org/10.25273/counsellia.v4i2.263Keywords:
Self Efficacy, Kecerdasan Emosi, Motivasi Berprestasi,Abstract
Pelaksanaan pembelajaran di SMK PGRI 1 Madiun disajikan dengan
metode ceramah dan kurang memberi kesempatan siswa untuk aktif, sehingga
motivasi siswa dalam belajar cenderung rendah. Hal ini ditunjukkan dengan
sikap siswa yang sering tidak mengikuti pelajaran, sering tidur dikelas, dan jarang
mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru bidang studi. Maka dari itu peneliti
berusaha untuk menumbuhkan keyakinan diri siswa dalam menghadapi situasi
tertentu. Self Efficacy diharapkan menjadi strategi yang tepat dalam
menumbuhkan keyakinan dalam diri siswa untuk selalu berpikir positif serta
mampu mengendalikan emosi, sehingga dapat memunculkan kemauan untuk
termotivasi berprestasi sebagai langkah awal siswa untuk menuju kessuksesan
belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy dengan
kecerdasan emosi, baik bersama-sama maupun secara mandiri terhadap motivasi
berprestasi siswa SMK PGRI 1 Madiun.
Peneliti menggunakan metode deskripsi korelasional ex-post facto dan
penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling
yaitu sebanyak 97 siswa dari jumlah semua populasi siswa SMK PGRI 1 Madiun
yang berjumlah 152 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode skala
psikologi. Dalam menganalisis data menggunakan statistik regresi dua predictor
dan Uji F.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada pengaruh self efficacy terhadap
motivasi berprestasi pada siswa SMK PGRI 1 Madiun. 2) Ada pengaruh
kecerdasan emosi terhadap motivasi berprestasi pada siswa SMK PGRI 1 Madiun.
3) Ada pengaruh self efficacy dan kecerdasan emosi terhadap motivasi berprestasi
siswa SMK PGRI 1 Madiun.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, the author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling maintain the publishing rights to the published articles.
Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with an acknowledgement of initial publication to this journal.
Author sent the copyright transfer form (here) to the journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.