PENINGKATAN KEAKTIFAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT MELALUI BIMBINGAN PRIBADI DENGAN TEKNIK REINFORCEMENT PADA SISWA SMP NEGERI 1 TAKERAN KAB. MAGETAN

Authors

  • Yulia Rahmatika Aziza IKIP PGRI MADIUN
  • Vitalis Djarot Sumarwoto IKIP PGRI MADIUN

DOI:

https://doi.org/10.25273/counsellia.v4i1.258

Keywords:

Bimbingan pribadi dengan teknik reinforcement dan Keaktifan mengemukakan pendapat

Abstract

Proses pembelajaran siswa di sekolah dalam beberapa aspek menuntut keaktifan
siswa dalam mengemukakan pendapat. Tuntutan tersebut bertujuan untuk mengetahui
seberapa besar pemahaman siswa terhadap obyek yang dihadapinya. Semakin siswa
menunjukkan keaktifan dalam mengemukakan pendapat, semakin memberi petunjuk
tentang seberapa besar pemahaman siswa terhadap materi yang diterimanya.
Menghadapi tuntutan di atas ternyata tidak semua siswa menunjukkan perilaku yang
sama. Hasil observasi awal yang peneliti lakukan pada minggu pertama dan kedua pada
bulan Mei 2013, terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 1 Takeran Kabupaten Magetan,
yang berjumlah 110 siswa diketahui terdapat 85 siswa yang tidak aktif mengemukakan
pendapatnya. Penyebab utamanya adalah: dalam proses pembelajaran tidak dikondisikan
untuk mengeluarkan pendapat, dan takut jika pendapatnya salah.
Kenyataan di atas perlu disikapi secara positif, yaitu dengan mencari solusi terhadap
masalah tersebut, sehingga tidak menghambat perkembangan siswa. Solusi yang
ditawarkan adalah dengan memberi bimbingan pribadi melalui tekhnik reinforcement.
Hakikat teknik reinforcement adalah suatu tindakan penguatan didefinisikan sebagai
setiap konsekuensi yang memperkuat dan meningkatkan frekuensi perilaku.
Subyek penelitian adalah 20 dari 85 siswa total siswa yang bermasalah pada keaktifan
mengemukakan pendapat. Penetapan sampel dengan teknik random sampling. Kepada 20
siswa diberi treatment berupa bimbingan pribadi melalui teknik reinforcement. Frekuensi
pemberian bimbingan sebanyak 4 kali pertemuan, lama bimbingan 60 menit/pertemuan,
dan diakhiri dengan evaluasi. Hasil evaluasi berupa kumpulan skor dari observasi dan
hasil isian angket antara sebelum dan setelah diberi treatment, kemudian dibandingkan,
untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keaktifan mengemukakan pendapat.
Analisis data menggunakan rumus t-skor. Hasil analisis data menunjukkan terdapat
peningkatan yang signifikan. Simpulan yang diperoleh adalah bahwa bimbingan pribadi
dengan teknik reinforcement dapat meningkatkan keaktifan mengemukakan pendapat
siswa kelas VII SMP Negeri 1 Takeran Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2013/2014.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-11-15

Issue

Section

Articles