PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM MENGIKUTI BELA DIRI DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARANGREJO KABUPATEN MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Fristiani Novita Sari, Ibnu mahmudi

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengaruh keaktifan siswa dalam
mengikuti bela diri terhadap perilaku bullying. 2) pengaruh perhatian orang tua
terhadap perilaku bullying. 3) pengaruh keaktifan siswa dalam mengikuti bela diri
dan perhatian orang tua terhadap perilaku bullying
Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Karangrejo Kabupaten Magetan
tahun pelajaran 2013/2014. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VIII SMP Negeri 2 Karangrejo yang berjumlah 221 siswa. Pengambilan
sampel dilakukan dengan cara sampling purposive. Jumlah anggota sampel
sebanyak 44 siswa atau 20 % dari jumlah populasi.
Hasil penelitian menunjukkan (1) pengaruh keaktifan siswa dalam
mengikuti bela diri terhadap perilaku bullying siswa kelas VIII SMP Negeri 2
Karangrejo tahun pelajaran 2013/2014 memperoleh nilai 𝑟ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 0,39 > 𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 =
0,297. (2) pengaruh perhatian orang tua terhadap perilaku bullying siswa kelas
VIII SMP Negeri 2 Karangrejo tahun pelajaran 2013/2014, memperoleh nilai
𝑟ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 0,63 > 𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 0,297. (3) pengaruh keaktifan siswa dalam mengikuti bela
diri dan perhatian orang tua terhadap perilaku bullying siswa kelas VIII SMP
Negeri 2 Karangrejo tahun pelajaran 2013/2014, memperoleh nilai Freg>Ftabel =
(14,96 > 1,684).
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh
keaktifan siswa dalam mengikuti bela diri terhadap perilaku bullying siswa kelas
VIII SMP Negeri 2 Karangrejo tahun pelajaran 2013/2014. (2) Ada pengaruh
perhatian orang tua terhadap perilaku bullying siswa kelas VIII SMP Negeri 2
Karangrejo tahun pelajaran 2013/2014, (3) Ada pengaruh keaktifan siswa dalam
mengikuti bela diri dan perhatian orang tua terhadap perilaku bullying siswa kelas
VIII SMP Negeri 2 Karangrejo tahun pelajaran 2013/2014. Saran, sekolah
hendaknya melakukan evaluasi dan memonitor terhadap pelaksanaan tata tertib
sekolah agar perilaku bullying di sekolah dapat di minimalisir atau bahkan
dihilangkan di masa yang akan datang.
Kata Kunci : Keaktifan Siswa dalam Mengikuti Bela Diri, Perhatian Orang Tua,
dan Perilaku Bullying


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 612 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/counsellia.v4i1.257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Counsellia is Indexed By:


Counsellia Office:
Universitas PGRI Madiun
Program Studi Bimbingan dan Konseling
 

View Counsellia Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.