PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM MENGIKUTI BELA DIRI DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARANGREJO KABUPATEN MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014
DOI:
https://doi.org/10.25273/counsellia.v4i1.257Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengaruh keaktifan siswa dalam
mengikuti bela diri terhadap perilaku bullying. 2) pengaruh perhatian orang tua
terhadap perilaku bullying. 3) pengaruh keaktifan siswa dalam mengikuti bela diri
dan perhatian orang tua terhadap perilaku bullying
Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Karangrejo Kabupaten Magetan
tahun pelajaran 2013/2014. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VIII SMP Negeri 2 Karangrejo yang berjumlah 221 siswa. Pengambilan
sampel dilakukan dengan cara sampling purposive. Jumlah anggota sampel
sebanyak 44 siswa atau 20 % dari jumlah populasi.
Hasil penelitian menunjukkan (1) pengaruh keaktifan siswa dalam
mengikuti bela diri terhadap perilaku bullying siswa kelas VIII SMP Negeri 2
Karangrejo tahun pelajaran 2013/2014 memperoleh nilai ð‘Ÿâ„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” = 0,39 > ð‘Ÿð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ =
0,297. (2) pengaruh perhatian orang tua terhadap perilaku bullying siswa kelas
VIII SMP Negeri 2 Karangrejo tahun pelajaran 2013/2014, memperoleh nilai
ð‘Ÿâ„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” = 0,63 > ð‘Ÿð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ = 0,297. (3) pengaruh keaktifan siswa dalam mengikuti bela
diri dan perhatian orang tua terhadap perilaku bullying siswa kelas VIII SMP
Negeri 2 Karangrejo tahun pelajaran 2013/2014, memperoleh nilai Freg>Ftabel =
(14,96 > 1,684).
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh
keaktifan siswa dalam mengikuti bela diri terhadap perilaku bullying siswa kelas
VIII SMP Negeri 2 Karangrejo tahun pelajaran 2013/2014. (2) Ada pengaruh
perhatian orang tua terhadap perilaku bullying siswa kelas VIII SMP Negeri 2
Karangrejo tahun pelajaran 2013/2014, (3) Ada pengaruh keaktifan siswa dalam
mengikuti bela diri dan perhatian orang tua terhadap perilaku bullying siswa kelas
VIII SMP Negeri 2 Karangrejo tahun pelajaran 2013/2014. Saran, sekolah
hendaknya melakukan evaluasi dan memonitor terhadap pelaksanaan tata tertib
sekolah agar perilaku bullying di sekolah dapat di minimalisir atau bahkan
dihilangkan di masa yang akan datang.
Kata Kunci : Keaktifan Siswa dalam Mengikuti Bela Diri, Perhatian Orang Tua,
dan Perilaku Bullying
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, the author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling maintain the publishing rights to the published articles.
Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with an acknowledgement of initial publication to this journal.
Author sent the copyright transfer form (here) to the journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.