PENINGKATAN PEMAHAMAN DIRI MELALUI MODEL PERMAINAN JOHARI WINDOW SISWA KELAS X AK 3 SMK SORE KOTA MADIUN TAHUN PELAJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.25273/counsellia.v3i2.252Keywords:
Pemahaman Diri, Model Permainan Johari Window,Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan peneliti di lapangan
dan wawancara dengan konselor sekolah, diketahui bahwa kurang lebih 70%
siswa kelas X Ak 3 di SMK SORE Kota Madiun Tahun Pelajaran 2012/2013
memiliki pemahaman diri yang masih rendah. Cara yang digunakan untuk
meningkatkan pemahaman diri siswa adalah dengan menggunakan model
permainan Johari Window. Model Johari Window merupakan model permainan
yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran diri (self-awareness) dan
pemahaman diri (self understanding) pada individu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman diri
melalui model permainan Johari Window siswa kelas X Ak 3 SMK SORE Kota
Madiun tahun pelajaran 2012/2013.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode penelitian
eksperimen dengan desain pre-test and post test group. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas X Ak 3 SMK SORE Kota Madiun. Pengambilan sampel
dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh yaitu siswa kelas X Ak 3
sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data untuk mengetahui tingkat pemahaman diri
siswa sebelum dan sesudah diberikan model permainan Johari Window dalam
penelitian ini menggunakan metode angket. Dalam menganalisis data
menggunakan teknik t-test.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan pemahaman diri
siswa sebelum dan sesudah diberikan model permainan Johari Window yang
berarti ada peningkatan pemahaman diri melalui model permainan Johari Window
siswa kelas X Ak 3 SMK SORE Kota Madiun tahun pelajaran 2012/2013.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, the author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling maintain the publishing rights to the published articles.
Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with an acknowledgement of initial publication to this journal.
Author sent the copyright transfer form (here) to the journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.