APLIKASI GAME SIMULATION UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UN KELAS IX SMP NEGERI I DAGANGAN
DOI:
https://doi.org/10.25273/counsellia.v3i2.249Keywords:
Kecemasan, Game Simulation,Abstract
Keberhasilan Ujian Nasional salah satunya ditentukan oleh kondisi psikis
para siswa. Perasaan takut gagal dapat menjadi beban yang menyebabkan para
siswa memiliki kecemasan dalam menghadapi ujian nasional. Kecemasan ini
dapat mempengaruhi kondisi psikologis mereka yang akan mengganggu aktivitas
mereka sebagai reaksi terhadap adanya sesuatu yang bersifat mengancam.
Ketenangan dalam menghadapi ujian nasional mutlak diperlukan bagi peserta
ujian nasional. Diharapkan dalam menghadapi ujian nasional siswa dalam kondisi
tenang
Berdasar observasi yang dilakukan oleh peneliti, dari Jumlah total Kelas IX
SMP Negeri 1 Dagangan ada 245 siswa dan hanya 25% yang tidak mengalami
kecemasan menghadapi UN. Sesuai dengan permasalahan yang diteliti dan
prosedur yang ditempuh, penelitian ini menggunakan desain True-Experimental.
Sampel penelitian ditetapkan secara acak yang keseluruhannya berjumlah 40
siswa SMP Negeri I Dagangan Madiun dengan perincian 20 siswa untuk
kelompok yang diberi perlakuan game simulation untuk mereduksi kecemasan
dalam mengahadapi UN dan 20 siswa untuk kelompok yang tidak diberi
perlakuan game simulation untuk mereduksi kecemasan dalam mengahadapi UN.
Pelaksanaan eksperimental berlangsung selama 10 kali 45 menit di lapangan.
Data yang berhasil dikumpulkan melalui test, dianalisis dengan t-test. Hasil
analisis data menunjukkan bahwa penelitian mengenai perbedaan kecemasan
siswa dalam menghadapi UN antara yang diberi perlakuan dengan game
simulation dan yang tidak diberi perlakuan game simualtion dalam taraf
kepercayaan 95 % terbukti secara signifikan. Begitu pula pada taraf kepercayaan
99 % terbukti ada perbedaan yang signifikan.
Berdasar perhitungan t-score diketahui ada perbedaan sebesar rata-rata 6,44
antara kedua kelompok tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa game simulation
berpengaruh positif dalam mereduksi kecemasan siswa dalam menghadapi UN,
baik dalam taraf 95% maupun 99%.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, the author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling maintain the publishing rights to the published articles.
Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with an acknowledgement of initial publication to this journal.
Author sent the copyright transfer form (here) to the journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.