APLIKASI GAME SIMULATION UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UN KELAS IX SMP NEGERI I DAGANGAN

Authors

  • Hagus Muryanto IKIP PGRI MADIUN
  • Asroful Kadafi IKIP PGRI MADIUN
  • Rischa Pramudia Trisnani IKIP PGRI MADIUN
  • Vivi Yuniar Fitriani IKIP PGRI MADIUN

DOI:

https://doi.org/10.25273/counsellia.v3i2.249

Keywords:

Kecemasan, Game Simulation,

Abstract

Keberhasilan Ujian Nasional salah satunya ditentukan oleh kondisi psikis
para siswa. Perasaan takut gagal dapat menjadi beban yang menyebabkan para
siswa memiliki kecemasan dalam menghadapi ujian nasional. Kecemasan ini
dapat mempengaruhi kondisi psikologis mereka yang akan mengganggu aktivitas
mereka sebagai reaksi terhadap adanya sesuatu yang bersifat mengancam.
Ketenangan dalam menghadapi ujian nasional mutlak diperlukan bagi peserta
ujian nasional. Diharapkan dalam menghadapi ujian nasional siswa dalam kondisi
tenang
Berdasar observasi yang dilakukan oleh peneliti, dari Jumlah total Kelas IX
SMP Negeri 1 Dagangan ada 245 siswa dan hanya 25% yang tidak mengalami
kecemasan menghadapi UN. Sesuai dengan permasalahan yang diteliti dan
prosedur yang ditempuh, penelitian ini menggunakan desain True-Experimental.
Sampel penelitian ditetapkan secara acak yang keseluruhannya berjumlah 40
siswa SMP Negeri I Dagangan Madiun dengan perincian 20 siswa untuk
kelompok yang diberi perlakuan game simulation untuk mereduksi kecemasan
dalam mengahadapi UN dan 20 siswa untuk kelompok yang tidak diberi
perlakuan game simulation untuk mereduksi kecemasan dalam mengahadapi UN.
Pelaksanaan eksperimental berlangsung selama 10 kali 45 menit di lapangan.
Data yang berhasil dikumpulkan melalui test, dianalisis dengan t-test. Hasil
analisis data menunjukkan bahwa penelitian mengenai perbedaan kecemasan
siswa dalam menghadapi UN antara yang diberi perlakuan dengan game
simulation dan yang tidak diberi perlakuan game simualtion dalam taraf
kepercayaan 95 % terbukti secara signifikan. Begitu pula pada taraf kepercayaan
99 % terbukti ada perbedaan yang signifikan.
Berdasar perhitungan t-score diketahui ada perbedaan sebesar rata-rata 6,44
antara kedua kelompok tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa game simulation
berpengaruh positif dalam mereduksi kecemasan siswa dalam menghadapi UN,
baik dalam taraf 95% maupun 99%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-11-15

Issue

Section

Articles