STUDI KASUS TENTANG RASA PERCAYA DIRI, FAKTOR PENYEBABNYA DAN UPAYA MEMPERBAIKI DENGAN MENGGUNAKAN KONSELING INDIVIDUAL
DOI:
https://doi.org/10.25273/counsellia.v3i1.239Keywords:
kurangnya rasa percaya diri,Abstract
Pada hakekatnya manusia mempunyai rasa percaya diri, namun antara satu
dengan yang lain ada perbedaan yaitu ada yang memiliki rasa percaya diri rendah
dan ada yang rasa percaya dirinya tinggi.
Rasa percaya diri diperlukan dimana saja seseorang itu berada, karena itu
rasa percaya diri perlu dibangun dan dikembangkan secara positif dan objektif.
Siswa sebagai peserta didik yang berfungsi sebagai subjek maupun objek
pendidikan dituntut untuk dapat menyesuaikan diri terhadap perubahanperubahan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengubah seorang siswa yang
mempunyai rasa percaya diri rendah menjadi memiliki percaya diri tinggi juga
untuk mengetahui seberapa banyak kontribusi layanan konseling dalam
menangani masalah pribadi siswa demi keberhasilan.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran
dan jalan keluar langkah-langkah apa yang perlu diambil oleh pihak sekolah, agar
keberadaan konseling individu dapat memberikan kontribusi nyata terhadap
pengembangan dan peningkatan prestasi belajar siswa.
Lingkup penelitian adalah siswa SMK PGRI 3 Kediri. Untuk menetapkan
seorang siswa yang mengalami rasa percaya diri rendah dipergunakan kriteriakriteria
tertentu yaitu menunjukkan hasil belajar rendah, hasil yang dicapai tidak
sesuai dengan usaha yang dilakukan, sering melamun, menunjukkan perilaku
yang berlainan, menunjukkan gejala emosional yang kurang wajar. Untuk
mengetahui faktor-faktor penyebab kurangnya rasa percaya diri yang dialami
siswa digunakan teknik wawancara, observasi, pencatatan dokumen pribadi untuk
faktor internal, sedangkan untuk faktor eksternal adalah lingkungan keluarga dan
masyarakat.
Penelitian ini berusaha untuk mengungkap fakta-fakta yang terjadi pada
saat penelitian. Fakta-fakta yang dimaksud adalah banyaknya, jenisnya, faktorfaktor
penyebab dan upaya penanggulangannya, utamanya menggunakan strategi
konseling individual. Fakta-fakta yang terungkap dideskripsikan dengan kata-kata
dan tindakan, bukan dengan angka-angka maka penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, the author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling maintain the publishing rights to the published articles.
Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with an acknowledgement of initial publication to this journal.
Author sent the copyright transfer form (here) to the journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.