PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEBONSARI KABUPATEN MADIUN
DOI:
https://doi.org/10.25273/counsellia.v3i1.236Keywords:
Perhatian Orang Tua, Keharmonisan Keluarga, Motivasi Belajar,Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui “Pengaruh perhatian orang tua dan
keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Kebonsari Kabupaten Madiun.
Sampel penelitian ditetapkan sebanyak 40 orang siswa dari 166 siswa anggota
populasi. Penetapan anggota sampel menggunakan teknik random sampling.
Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik angket. Teknik angket untuk
memperoleh data tentang perhatian orang tua, keharmonisan keluarga, dan
motivasi belajar.
Analisis data penelitian tentang (1) pengaruh X1 terhadap Y; dan (2) pengaruh
X2 terhadap Y dianalisis dengan korelasi Product Moment. Analisis data tentang
pengaruh X1 dan X2 terhadap Y dengan Analisis Regresi: Dua Prediktor. Hasil
analisis data menunjukkan bahwa: (a) rx1y lebih besar dibandingkan harga r-tabel
(0,481 > 0,316/TS=5%), berarti signifikan. (b) rx2y lebih besar dibanding harga rtabel
(0,858 >0,325/ TS=5%), berarti signifikan. Hasil F-regresi = 74.5t2. Harga
F-tabel dengan 2 lawan 37 adalah 3,25/TS=5%. Jadi harga F-reg > harga F-tabel
(sangat signifikan/TS=5%).
Simpulan penelitian: (a) Ada pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi
belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonsari Kabupaten Madiun; (b) Ada
pengaruh keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Kebonsari Kabupaten Madiun; (c) Ada pengaruh perhatian orang tua dan
keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Kebonsari Kabupaten Madiun. Saran: sekolah bekerja sama dengan pihak orang
tua untuk selalu memelihara perhatian, keharmonisan antar siswa dan staf sekolah,
sehingga membantu motivasi belajar siswa di sekolah.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, the author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling maintain the publishing rights to the published articles.
Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with an acknowledgement of initial publication to this journal.
Author sent the copyright transfer form (here) to the journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.