Bimbingan dan konseling Islami untuk meningkatkan psychologycal well-being pada remaja

Authors

  • Nova Setyawan Universitas Negeri Semarang
  • Anwar Sutoyo Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang, Semarang
  • Muslikah Muslikah Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang, Semarang

DOI:

https://doi.org/10.25273/counsellia.v15i1.22314

Keywords:

Islamic Counseling, Psychological well-being, Adolescents, SLR

Abstract

Psychological well-being berperan penting dalam kehidupan remaja. Remaja rentan mengalami kondisi psikologis yang kurang baik seperti, kecemasan, stres, dan depresi, sehingga dapat mempengaruhi remaja dalam mencapai kondisi psychological well-being yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh spiritual, spiritualitas, religion, dan religiusitas terhadap psychological well-being pada remaja, dan integrasi nilai-nilai Islam dalam layanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan psychological well-being remaja. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review, dengan mencari data-data yang relevan melalui database Sinta, Springer, dan Taylor & Francis Group. Desain penelitian menggunakan Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analytics (PRISMA). Kriteria inklusi ditentukan untuk membatasi pencarian data penelitian, dan diperoleh 11 artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil systematic literature review menunjukkan bahwa, (1) spiritual, spiritualitas, dan religion berpengaruh positif terhadap psychological well-being, namun pada saat yang sama, religiusitas tidak berhubungan secara signifikan dengan psychological well-being; dan (2) mengintegrasikan nilai-nilai islam atau ajaran Islam dalam layanan bimbingan dan konseling dapat membantu meningkatkan psychological well-being remaja.

Abstract: Psychological well-being plays a vital role in the lives of adolescents. Adolescents are prone to experiencing unfavorable psychological conditions such as anxiety, stress, and depression, which can affect adolescents in achieving good psychological well-being. This study aims to analyze the influence of spirituality, spirituality, religion, and religiosity on psychological well-being in adolescents and the integration of Islamic values in guidance and counseling services in improving adolescent psychological well-being. This research uses a systematic literature review method, searching for relevant data through the Sinta, Springer, and Taylor & Francis Group databases. The research design used Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analytics (PRISMA). Inclusion criteria were determined to limit the search for research data, and 11 articles were obtained that met the inclusion criteria. The results of the systematic literature review showed that (1) spirituality, spirituality, and religion have a positive effect on psychological well-being, but at the same time, religiosity is not significantly related to psychological well-being; and (2) integrating Islamic values or Islamic teachings in guidance and counseling services can help improve adolescents' psychological well-being.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Zawaadi, A., Hesso, I., & Kayyali, R. (2021). Mental Health Among School-Going Adolescents in Greater London: A Cross-Sectional Study. Frontiers in Psychiatry, 12, 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2021.592624

Ariyanti, V., Al Habsy, B., Nursalim, M., & Hariastuti, R. T. (2023). Profile Psychological Well-Being High School Students. Bisma The Journal of Counseling, 7(2), 195–200. https://doi.org/10.23887/bisma.v7i2.69154

Baihaki, N. T. F. D., Sulistiyana., & Makaria, E. C. (2024). Hubungan psychological well-being dengan work engagement pada pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 14(2), 90–101. https://doi.org/10.25273/counsellia.v14i2.21284

Batubara, A. (2017). Hubungan antara Religiusitas dengan Psychological Well Being Ditinjau dari Big Five Personality pada Siswa SMA Negeri 6 Binjai. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 7(1), 48–62. http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v7i1.6667

Carles, E., Hiptraspa, Z., Warsah, I., & Effendi, M. (2023). Peningkatan Kesejahteraan Mental Siswa melalui Bimbingan Konseling Islam. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 7(1), 149–164. https://doi.org/10.29240/ jbk.v7i1.6273

Derung, T. N., Mandonza, M., Suyatno, G. A., & Mete, A. (2022). Fungsi Agama terhadap Perilaku Sosial Masyarakat. In Theos: Jurnal Pendidikan Dan Theologi, 2(11), 373–380. https://doi.org/10.56393/intheos.v2i11.1279

Djuria, S. A., Gayatri, D., & A. (2024). Spiritualitas Untuk Kesejahteraan Psikologi Pada Pasien Penyakit Kronis. Journal of Telenursing (JOTING), 6(2), 2881-2889. https://doi.org/10.31539/joting.v6i2.4254

Faricha, I., Muna, N. R., & Fuad, A. (2024). Efektivitas Konseling Qur’ani Terhadap Peningkatan Psychological Well-Being Pada Remaja di Panti Asuhan Ashabul Kahfi. Jurnal Al-Taujih, 10(2), 90–100. https://doi.org/10.15548/atj.v10i2.5997

Hanif, S. I., & Widiasari, A. R. (2024). Peran Spiritualitas dalam Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Pada Generasi Z. Jurnal Psikologi Insight, 8(2), 139–146. https://doi.org/10.17509/insight.v8i2.74941

Harjanti, D. K. S. (2021). Kesejahteraan Psikologis pada Remaja Panti Asuhan Ditinjau dari Internal Locus of Control dan Spiritualitas. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 7(1), 83–98. https://doi.org/10.22146/gamajop.62236

Hidayati, B. M. R., & Fadhilah, T. N. (2021). Religiusitas dan Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 2(3), 197-210. https://doi.org/10.33367/ijhass.v2i3.2276

Ifdil, I., Sari, I. P., & Putri, V. N. (2020). Psychological Well-Being Remaja dari Keluarga Broken Home. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5(1), 35-44. https://doi.org/10.23916/08591011

Indriani, T., Jarkawi, J., & Ridhani, A. R. (2024). Dhikr Therapy: Overcoming Life Anxiety with Islamic Counseling Based on QS Ar-Ra’d Verse 28. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(2), 562-571. https://doi.org/10.35723/ajie.v8i2.477

Irmansyah. (2020). Nilai dan Spiritual dalam Bimbingan Konseling. AL-IRSYAD: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 197–214. https://doi.org/10.24952/bki.v2i2.2888

Jannah, M., & Nurjannah, N. (2022). Konseling Islami dengan Teknik Modelling untuk Mengatasi Emosi Negatif Anak Broken Home. Indonesian Journal of Educational Counseling, 6(2), 87–95. https://doi.org/10.30653/001.202262.188

Kehi, K. K. A., & Huwae, A. (2024). Welas Diri dan Kesejahteraan Remaja Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga: Studi Korelasional Pasca Pendampingan Holistik. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 6(2), 1–12. https://doi.org/10.51214/00202406931000

Kosasih, I., Kosasih, E., & Zakariyya, F. (2022). Religiusitas dan Kesejahteraan Psikologis. Jurnal Psikologi Insight, 6(2), 127–134. https://doi.org/10.17509/insight.v6i2.64746

Linawati, A. R., & Desiningrum, R. D. (2017). Hubungan Antara Religiusitas dengan Psychological Well-Being pada Siswa SMP Muhammadiyah 7 Semarang. Jurnal Empati, 7(3), 105–109. https://doi.org/10.14710/empati.2017.19738

Mannion, L., Harmon, M., & O’Brien, T. (2024). Exploring The Relationships Between Psychological Wellbeing, Religiosity and Religious Coping Among Post-Primary School Students In Ireland. Irish Educational Studies, 1–24. https://doi.org/10.1080/03323315.2024.2353317

Mashurin, M., Wangid, M., & Fadkhurosi, A. (2022). Islamic Spirituality in Psychological Well-Being in Adolescents. KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 13(2), 339–356. http://dx.doi.org/10.21043/kr.v13i2.16938

Mubarok, M. F., & Karim, A. (2022). Assessing the Impact of Islamic Spiritual Guidance on Mental Health. Journal of Advanced Guidance and Counseling, 3(2), 149–161. https://doi.org/10.21580/jagc.0.0.0.14249

Muhimmah, I., & Suyadi, S. (2020). Neurosains dan Spiritualitas dalam Pendidikan Islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 68-87. https://doi.org/10.19105/ tjpi.v15i1.2880

Muhjab, S., & Sunawan. (2021). Pengaruh Spiritual Terhadap Kebahagiaan di Sekolah Berbasis Asrama. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 10(1), 83–91. https://doi.org/10.15294/ij gc.v10i1

Nuzula, F. F. (2024). Psychology of Religion: The Relationship Between Islamic Spirituality and Psychological Well-Being. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(2), 1157–1167. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5898

Ratnasari, D., Miskanik, & Rahmaniah, A. (2018). Use of Religious Counseling (Islami) to Improve Psychological Well Being on Students of SMK Nusantara Wisata Respati Jakarta. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(1), 6–19. https://doi.org/10.26539/teraputik.21165

Rochman, E. T. S., et. al. (2024). Pengaruh Media Sosial terhadap Kesehatan Mental pada Anak Muda di Indonesia. Student Research Journal, 2(3), 12–27. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v2i3.1219

Sakdiah, H., Adawiah, R., & Ariani, A. (2024). Menggapai kesejahteraan psikologis melalui terapi istighfar. International Conference on Islamic Counseling Studies, 1(1), 1–12. Retrieved From https://proceedings.uinsa.ac.id/index.php/ ICONICS/article/download/1608/144/

Saputra, A., & Ikasari, I. H. (2023). Systematic Literatur Review : Analisis Sistem Informasi Penjualan. JORAPI : Journal of Research and Publication Innovation, 1(3), 633–638. Retrieved From https://jurnal.portalpublikasi.id/index.php/ JORAPI/article/view/313/208

Sari, P. Y., et al. (2020). Kondisi Kesehatan Mental Remaja. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 6(6), 495-500. https://doi.org/10.37287/jppp.v7i1.5200

Seprianto, Fadila, Ristianti, D. H., & Azwar, B. (2024). Implementasi Layanan Bimbingan Konseling Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Psikologis Siswa di SMPIT An-Nida. Jurnal Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Islam, 4(2), 103–117. https://doi.org/10.53888/muhafadzah.v4i2.690

Setiawan, M. S., Eva, N., & Andayani. (2021). Religiusitas Dan Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Pengajar Bimbingan Belajar Al–Qur’an di Universitas Negeri Malang. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 6(1), 94–107. http://dx.doi.org/10.22373/ psikoislamedia.v6i1.8999

Setiawan, R. M. W., & Hartini, N. (2022). Hubungan Religiusitas dengan Psychological Well-Being pada Remaja Berbakat Bidang Akademik di Madrasah. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM), 2(1), 119–127. https://doi.org/10.20473/brpkm.v2i1.31955

Simamora, J. C., Gaffar, V., & Ariefnuari, M. (2024). Systematic Literatur Review dengan Metode Prisma: Dampak Teknologi Blockchain Terhadap Periklanan Digital. Jurnal Ilmiah M-Progress, 14(1), 1–11. https://doi.org/10.35968/m-pu.v14i1.1182

Sinay, H., Lapodi, A. R., & Tukiman, S. (2024). Edukasi Kesehatan Mental pada Kalangan Remaja di SMAN 26 Maluku Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5(3), 3319–3323. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i3.3652

Situmorang, K., Milfayetty, S., & Hasanuddin. (2024). Pengaruh Religiusitas Terhadap Kesejahteraan Psikologis Dimoderasi Oleh Dukungan Sosial Teman Sebaya. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 18(6), 4144-4155. https://doi.org/10.35931/aq.v18i6.3907

Suraji, R., & Sastrodiharjo, I. (2021). Peran Spiritualitas dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(4), 570-575. https://doi.org/10.29210/020211246

Sutoyo, A. (2019). Bimbingan & Konseling Islami (Teori dan Praktik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Umam, R. N., & Maemonah, M. (2021). Konseling Religi dalam Upaya Menemukan Kebermaknaan Hidup Remaja Korban Broken Home. Indonesian Journal of Educational Counseling, 5(2), 64–74. https://doi.org/10.30653/001.202152.166

Whitehead, B. R., & Bergeman, C. S. (2020). Daily Religious Coping Buffers The Stress Affect Relationship and Benefits Overall Metabolic Health In Older Adults. Psychology of Religion and Spirituality, 12(4), 393–399. https://doi.org/10.1037/rel0000251

Winarno, W. W., Purwanti, A., Kristiana, D. R., & Wahyuni, E. S. (2023). Penelitian Kualitatif Menggunakan Systematic Literature Review. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Downloads

Published

2025-05-02

Issue

Section

Articles