MENGURANGI TINGKAT AGRESIVITAS ANAK USIA TK MELALUI TERAPI BERMAIN (PLAY THERAPY)
DOI:
https://doi.org/10.25273/counsellia.v2i2.223Keywords:
anak TK, agresivitas, play therapy,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat agresivitas anak usia TK .
penelitian ini juga untuk mengetahui bagaimana keefektivan Play Therapy dalam
mengurangi tingkat agresivitas anak usia TK.
Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif eksperimen.
Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan di TK ABA Dagangan Kabupaten
Madiun diperoleh gambaran bahwa anak usia TK di TK ABA tersebut cenderung
menunjukkan perilaku agresif. Hal ini terlihat dari lembar observasi Child
Behavior Check List (CBCL) yang dilakukan oleh peneliti terhadap orang tua dan
guru siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku agresi yang sering muncul
pada anak TK ABA Dagangan adalah memukul, mengejek dan merebut mainan
teman. Ketiga perilaku tersebut mendominasi tingkah laku mereka sehari-hari
baik alam kegiatan disekolah maupun dirumah. Untuk dapat mengurangi tingkat
agresi tersebut peneliti melakukan kegiatan intervensi dengan menggunakan Play
Therapy sebanyak 6 kali. Rancangan Play Therapy yang digunakan dalam
penelitian untuk mengurangi tingkat agresivitas ini adalah dengan permainan ular
tangga dan sandiwara boneka. Berdasarkan kegiatan intervensi yang dilakukan
dapat disimpulkan bahwa tingkat agresi anak TK Dagangan mengalami
penurunan. Walaupun tidak semua anak mengalami penurunan yang drastic
namun dari 6 kali kegiatan intervensi yang dilakukan (3 kali untuk kegiatan
intervensi permainan ular tangga dan 3 kaliuntuk kegiatan intervensi bermain
drama boneka) tersebut anak yang bernama Nina, Albert, Cika dan Deni sudah
dapat mengontrol tingkah laku agresinya. Sedangkan untuk siswa yang bernama
Andi dan Firman perlu rancangan intervensi lebih lanjut. Dengan demikian
2
penggunaan Play Therapy yang dirumuskan oleh peneliti efektif untuk
menurunkan perilaku agresi anak TK ABA Dagangan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, the author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling maintain the publishing rights to the published articles.
Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with an acknowledgement of initial publication to this journal.
Author sent the copyright transfer form (here) to the journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.