Pengembangan media games digital sebagai upaya eksplorasi karir siswa berkebutuhan khusus
DOI:
https://doi.org/10.25273/counsellia.v14i2.21632Keywords:
Digital, Eksplorasi, Games, Inklusi, KarirAbstract
Layanan karir untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) merupakan layanan yang membantu siswa merencanakan karirnya secara matang, tetapi selama ini media yang dikembangkan masih sangat kurang dan belum berbentuk media digital sehingga aksesnya terbatas untuk digunakan.sehingga tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan media games digital untuk membantu eksplorasi karir ABK. Pentingnya kemampuan dan kematangan siswa berkebutuhan khusus dalam merencanakan karir yang sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki menjadi alasan dilakukannya penelitian ini. Masih kurangnya tingkat kematangan perencanaan karir siswa menjadikan timbulnya masalah dalam kehidupannya kedepan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dengan model yang mengadaptasi dari tahapan pengembangan Borg dan Gall menjadi 7 tahap pengembangan. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah games digital tentang eksplorasi karir yang bisa dimainkan oleh siswa berkebutuhan khusus. Produk games eksplorasi karir ini telah melalui uji keberterimaan dan kelayakan berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi dan calon pengguna dan memperoleh hasil sebesar 89,80% yang artinya produk games eksplorasi karir ini sangat layak untuk digunakan di lapangan sebagai media layanan informasi karier untuk siswa berkebutuhan khusus. Media ini dapat membantu guru BK dalam menyediakan layanan bimbingan karir, serta mendorong siswa agar dapat melatih kemampuan dalam mengeksplorasi karir secara mandiri.
Abstract: The purpose of this research is to develop digital game media to help explore the careers of students with special needs. The importance of the ability and maturity of students with special needs in planning a career that suits their talents and interests is the reason for conducting this research. The lack of maturity in students' career planning causes problems in their future lives. This research uses the research and development (R&D) method with a development model that adapts the stages of Borg and Gall's development into 7 stages of development. The product resulting from this research is a digital game about career exploration that can be played by students with special needs. This career exploration game product has gone through an acceptance and feasibility test based on the results of the assessment carried out by material experts, media experts, practitioners and prospective users and obtained a result of 89.80% which means that this career exploration game product is very suitable for use in the field as a career information service media for students with special needs. This media can help BK teachers in providing career guidance services, as well as encourage students to be able to practice their ability to explore careers independently.
Downloads
References
Adawiyah, P. R. (2018). Peran Dan Upaya Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Dalam Implementasi Peraturan Daerah Tentang Perlindungan Dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas Di Kabupaten Banyuwangi. Politico, 18(1). https://doi.org/10.32528/politico.v18i1.1375
Almarogi, A. M. (2019). Implementasi Program Pendidikan Vokasional Sebagai Investasi Bagi Anak Tunagrahita dalam Setting Pendidikan Khusus. Inclusive: Journal of Special Education, 5(01), 49–58. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/jse.v5i1.895
Anwar, M. K. (2017). Model Eksplorasi Karir Sebagai Upaya Persiapan Karir Siswa Dalam Menghadapi Asean Global. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/jkg.v3i1.1066
Asmarina, I. D., & Lianawati, A. (2020). Bimbingan kelompok Jeopardy career game efektif dalam-meningkatkan kemantapan pemilihan karier siswa,SMPN’46 Surabaya Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Electronic) Pusat Kajian BK Unindra-IKI, 82(2), 82–87. https://doi.org/10.26539/teraputik.42295
Astuti, S. P. (2022). Bimbingan Karir Bagi Penyandang Disabilitas Di Yayasan Citra Baru Sukarame Kota Bandar Lampung. 1–23. http://repository.radenintan.ac.id/18594/1/PERPUS PUSAT 1 2.pdf
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1984). Situated Ethics in Educational Research Society for Educational Studies. British Journal of Educational Studies, 32(3).
Bose, B., & Heymann, J. (2020). Do inclusive education laws improve primary schooling among children with disabilities? International Journal of Educational Development, 77, 102208. https://doi.org/10.1016/J.IJEDUDEV.2020.102208
Dari, M. M. W., & Hanggara, G. S. (2022). Permainan Board Game Peta Sebagai Media Dalam Meningkatkan Kesiapan Study Lanjut Pada Siswa Sma. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 6(1), 18–22. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v6n2.p18-22
Fadlillah, A. M., & Ruhjatini, D. (2019). Edukasi perencanaan parier bagi pelajar sma di kecamatan limo , depok career planning education for high school students in kecamatan limo , depok. Jurnal Mitra, 3, 164–178. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/pkm/article/view/97
Gatra, S. (2023). Aksesibilitas 28 Juta Penyandang Disabilitas Halaman all. - Kompas.com. KOMPAS.com. https://lestari.kompas.com/read/2023/11/27/162704486/aksesibilitas-28-juta-penyandang-disabilitas?page=all.&lgn_method=google
Gunardi. (2020). Inquiry Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika. Conference Series 3, 3(3), 2288–2294. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Hassanein, E. E. A., Alshaboul, Y. M., & Ibrahim, S. (2021). The impact of teacher preparation on preservice teachers’ attitudes toward inclusive education in Qatar. Heliyon, 7(9), e07925. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07925
Krismona, E. B., Purwaningrum, R., & Surur, N. (2021). Pengembangan Aplikasi “Kawan SMK” untuk Meningkatkan Perencanaan Studi Lanjut pada Siswa SMK. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 11(1), 31. https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i1.8591
McCormick, S. T., Kurth, N. K., Chambless, C. E., Ipsen, C., & Hall, J. P. (2021). Case Management Strategies to Promote Employment for Transition-Age Youth With Disabilities. Career Development and Transition for Exceptional Individuals, 44(2), 120–131. https://doi.org/10.1177/2165143421991826
Murtiningsih, Fitria, E., & Khuzaimah, S. (2024). Pengembangan media layanan informasi karier berbantuan animaker untuk SD Kelas Rendah. 13(November 2023), 27–45. https://doi.org/10.25273/counsellia.v14i1.17186
Nadya, A., Purwanta, E., & Nurwangid, M. (2022a). Konseptualissasi Bimbingan Karier bagi Siswa Berkebutuhan Khusus. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 8(1), 27. https://doi.org/10.17977/um031v8i12022p27-34
Nadya, A., Purwanta, E., & Nurwangid, M. (2022b). Konseptualissasi Bimbingan Karier bagi Siswa Berkebutuhan Khusus. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 8(1), 27. https://doi.org/10.17977/um031v8i12022p27-34
Noviandari, H & Masruroh, F. (2021). Cooperative Positive Learning dalam Pendidikan Inklusi. Penerbit Lakeisha, 2013–2015. http://repository.unibabwi.ac.id/id/eprint/576/
Noviandari, H., & Fitriara Huda, T. (2018). Peran Sekolah Dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Di Sdlb Pgri Bangorejo Banyuwangi. Jurnal Psikologi, VOl 5(1), 29–37. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ILMU-PSIKOLOGI/article/view/1168
Novitarani, S. W., & Wahyuno, E. (2018). Layanan Bimbingan Kematangan Karir bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di SMK Inklusi. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 4(2), 115–119. https://doi.org/10.17977/um031v4i12018p115
Nusantara, S. B., Barida, M., Hestiningrum, E., & Nugraha, A. (2020). Career planning for physical disability students. KONSELI : Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 7(2), 91–100. https://doi.org/10.24042/kons.v7i2.6516
Pramuaji, A., & Munir, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Pengenalan Corel Draw Sebagai Sarana Pembelajaran Desain Grafis Di Smk Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 183–189. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17312
Rahmawati, A. Y. (2020). Board Games Puzzle Karier : Inovasi Media BK Untuk Meningkatkan Kemampuan Ketrampilan Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMA. 2019(July), 1–23. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3946
Rosyada, S. A., & Muslim, A. (2021). Implementasi Layanan Bimbingan Karir Bagi Anak Tunawicara Di Smplb Ypac Palembang [Implementation of Career Guidance Service for Speech Impaired Children in Smplb Ypac Palembang]. Acta Islamica Counsenesia: Counselling Research and Applications, 1(2), 59–70. https://doi.org/10.59027/aiccra.v1i2.93
Septyanti, R. N., & Annisa, D. F. (2022). Media Permainan Ular Tangga untuk Perencanaan Karier Siswa SMP. Seminar Nasional Psikologi UM, 1(1), 154–162. http://conference.um.ac.id/index.php/psi/article/view/2940%0Ahttp://conference.um.ac.id/index.php/psi/article/download/2940/1556
Subdirektorat Indikator Statistik. (2020). indikator-kesejahteraan-rakyat-2020 Badan ststisik. indikator-kesejahteraan-rakyat-2020 Badan ststisik, 1(1), 20–29. https://www.bps.go.id/id/publication/2020/11/30/5d97da0e92542a75d3cace48/indikator-kesejahteraan-rakyat-2020.html
Syahrul, F. (2021). Strategi Bimbingan Karir dalam Merencanakan Studi Lanjut Siswa Penyandang Disabilitasdi SLB Negeri 1 Parepare. https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4452
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
In order to be accepted and published by Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, the author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling maintain the publishing rights to the published articles.
Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with an acknowledgement of initial publication to this journal.
Author sent the copyright transfer form (here) to the journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.