PENGARUH BIMBINGAN SOSIAL DAN MOTIVASI TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2011-2012
DOI:
https://doi.org/10.25273/counsellia.v2i2.216Keywords:
Bimbingan Sosial, Motivasi Belajar, dan Kedisiplinan Belajar,Abstract
Faktor kedisiplinan siswa di sekolah merupakan unsur yang tidak dapat diabaikan.
Perilaku disiplin bagi seorang pelajar merupakan bagian integral dalam pencapaian
tujuan pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Tinggi-rendahnya kedisiplinan siswa
di sekolah antara lain akan mempengaruhi optimal-tidaknya motivasi belajar siswa
dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah. Secara psikologis dapat dinyatakan
bahwa siswa kurang disiplin dalam berperilaku dalam kehidupan, dalam aktivitas
belajarnya di sekolah, maka akan berpengaruh terhadap motivasi belajarnya, sehingga
akan berpengaruh terhadap daya-daya jiwa lain yang dimiliki siswa. Penanggulangan
terhadap kecenderungan masalah siswa tersebut antara lain layanan bimbingan sosial,
karena hakikat bimbingan sosial adalah membantu siswa yang mengalami masalahmasalah
sosial, yang dapat mempengaruhi perilaku siswa.
Penelitian ini pada hakikatnya ingin mengetahui pengaruh bimbingan sosial dan
motivasi belajar terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Maospati
Magetan tahun pelajaran 2011-2012. Penelitian ini menggunakan metode ex-posfacto,
karena pada dasarnya peneliti ingin menguji teori yang menyatakan bahwa
faktor bimbingan sosial dan motivasi belajar akan mempengaruhi kedisiplinan belajar
siswa. Untuk megetahui pengaruh antar variabel penelitin peneliti mengungkap data
tentang keefektifan bimbingan sosial, motivasi belajar dan kedisiplinan belajar siswa
di sekolah dengan teknik angket Penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 50 siswa
dari 179 anggota populasi, yang ditetapkan dengan teknik random sampling. Analisis
data dalam penelitian ini menggunakan jasa statistik dengan rumus bangun Analisis
Regresi: dua Prediktor.
Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa harga F-hitung lebih besar dibanding Ftabel
(57,198 > 3,20=TS/5%). Jadi ada pengaruh yang signifikan bimbingan sosial dan
motivasi belajar terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Maospati
Magetan tahun pelajaran 2011-2012.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, the author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling maintain the publishing rights to the published articles.
Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with an acknowledgement of initial publication to this journal.
Author sent the copyright transfer form (here) to the journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.