PERILAKU BULLYING DALAM PERSEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.25273/counsellia.v2i2.213Keywords:
Perilaku Bullying, Kenakalan Remaja, Bimbingan dan Konseling Islami,Abstract
Perilaku bullying adalah bentuk-bentuk perilaku yang berupa pemaksaan atau usaha
menyakiti secara fisik maupun psikologis terhadap seseorang atau kelompok yang
lebih “lemah†oleh seseorang atau sekelompok orang yang mempersepsikan dirinya
“kuatâ€. Bullying adalah penggunaan kekuasaan atau kekuatan untuk menyakiti
seseorang atau sekelompok, sehingga korban merasa tertekan, trauma dan tidak
berdaya.
Hasil penelitian yang dilakukan Giri Rahendra tahun 2012 SMP Negeri 1 Maospati,
menunjukkan bahwa 60% diantara siswa terdapat indikasi merupakan korban dan
pelaku bullying, selain itu di setiap kelas terdapat gank pengelompokan teman.
Perbuatan Bullying ini dapat dikategorikan sebagai salah satu bentuk kenakalan
remaja atau siswa di sekolah yang harus segera di selesaikan agar tidak mengganggu
perkembangan siswa. Langkah yang dapat dilakukan adalah melalui peningkatan
layanan bimbingan dan konseling agama (Islam)
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, the author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling maintain the publishing rights to the published articles.
Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with an acknowledgement of initial publication to this journal.
Author sent the copyright transfer form (here) to the journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.