POLA ASUH DIALOGIS DAN METODE INDIVIDUAL DALAM PENDIDIKAN SEKS ISLAM PADA PENDIDIKAN AGAMA TERHADAP SIKAP ANAK BERBUSANA SESUAI DENGAN JENIS KELAMINNYA

Authors

  • Siti Muhayati IKIP PGRI MADIUN

DOI:

https://doi.org/10.25273/counsellia.v2i1.201

Keywords:

Pola Asuh Dialogis, Metode Individual, Pendidikan Seks Islam, Berbusana Sesuai Dengan Jenis Kelaminnya

Abstract

Pola Asuh Dialogis adalah pola asuh dimana orang tua memberi bimbingan,
membina, mengamati, mengingatkan, memberi contoh dan mengajak dialog anak
mengenai masalah yang dihadapi anak. Keterbatasan kemampuan orang tua maka
anak dikirim ke sekolah untuk mengembangkan dan memperkuat jenis kelamin
yang dibawa sejak dari rumah atau sejak lahir. Pendidikan Seks (berbusana sesuai
jenis kelaminnya) merupakan ketrampilan maka untuk mengasuh anak agar
bersikap berbusana sesuai jenis kelaminnya dengan metode individualisasi. Hasil
peneitian menunjukkan bahwa pola asuh dialogis berpengaruh positif terhadap
sikap anak berbusana sesuai jenis kelaminnya (Fo> Ft atau 38,55>4,11), metode
individualisasi berpengaruh positif terhadap sikap anak berbusana sesuai jenis
kelaminnya (Fo>Ft atau 33,33>4.11), pola asuh dialogis dan metode
individualisasi berpengaru positif terhadap sikap anak berbusana sesuai jenis
kelaminnya (Fo>Ft atau 6.32>4.11)

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-11-15

Issue

Section

Articles