PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA OTORITER DAN AKTIVITAS SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGATASI MASALAH BELAJAR PADA SISWA KELAS VI SDN KRATON 2 MAOSPATI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
DOI:
https://doi.org/10.25273/counsellia.v2i1.196Keywords:
Pola Asuh Orang Tua Otoriter, Aktivitas Sosial, Kemampuan Mengatasi Masalah BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pola asuh orang
tua otoriter terhadap kemampuan mengatasi masalah belajar pada siswa kelas VI
SDN Kraton 2 Maospati; (2) pengaruh tingkat aktivitas sosial siswa terhadap
kemampuan mengatasi masalah belajar pada siswa kelas VI SDN Kraton 2
Maospati; (3) pengaruh pola asuh orang tua otoriter dan tingkat aktivitas sosial
siswa secara simultan terhadap kemampuan mengatasi masalah belajar pada siswa
kelas VI SDN Kraton 2 Maospati.
Populasi penelitian adalah siswa kelas VI SDN Kraton 2 Maospati tahun
pelajaran 2010/2011. Sampel penelitian menggunakan teknik total sampling
dengan jumlah populasi 31 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode
angket. Analisis data menggunakan teknik statistik dengan menggunakan rumus
korelasi berganda dan untuk mengetahui signifikansi pengaruh antar variabel
digunakan uji-F.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) ada
pengaruh yang signifikan dan negatif antara pola asuh orang tua otoriter terhadap
kemampuan siswa mengatasi masalah belajar pada siswa kelas VI SDN Kraton 2
Maospati tahun pelajaran 2010/2011, (2) ada pengaruh signifikan dan positif
antara aktivitas sosial siswa terhadap kemampuan siswa mengatasi masalah
belajar pada siswa kelas VI SDN Kraton 2 Maospati tahun pelajaran 2010/2011,
dan (3) ada pengaruh signifikan dan positif antara pola asuh orang tua otoriter
bersama dengan aktivitas sosial siswa secara simultan terhadap kemampuan siswa
mengatasi masalah belajar pada siswa kelas VI SDN Kraton 2 Maospati tahun
pelajaran 2010/2011.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, the author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling maintain the publishing rights to the published articles.
Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with an acknowledgement of initial publication to this journal.
Author sent the copyright transfer form (here) to the journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.