PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA OTORITER DAN AKTIVITAS SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGATASI MASALAH BELAJAR PADA SISWA KELAS VI SDN KRATON 2 MAOSPATI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Authors

  • Indah Wahyu Yuliani IKIP PGRI MADIUN
  • Dahlia Novarianing Asri IKIP PGRI MADIUN

DOI:

https://doi.org/10.25273/counsellia.v2i1.196

Keywords:

Pola Asuh Orang Tua Otoriter, Aktivitas Sosial, Kemampuan Mengatasi Masalah Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pola asuh orang
tua otoriter terhadap kemampuan mengatasi masalah belajar pada siswa kelas VI
SDN Kraton 2 Maospati; (2) pengaruh tingkat aktivitas sosial siswa terhadap
kemampuan mengatasi masalah belajar pada siswa kelas VI SDN Kraton 2
Maospati; (3) pengaruh pola asuh orang tua otoriter dan tingkat aktivitas sosial
siswa secara simultan terhadap kemampuan mengatasi masalah belajar pada siswa
kelas VI SDN Kraton 2 Maospati.
Populasi penelitian adalah siswa kelas VI SDN Kraton 2 Maospati tahun
pelajaran 2010/2011. Sampel penelitian menggunakan teknik total sampling
dengan jumlah populasi 31 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode
angket. Analisis data menggunakan teknik statistik dengan menggunakan rumus
korelasi berganda dan untuk mengetahui signifikansi pengaruh antar variabel
digunakan uji-F.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) ada
pengaruh yang signifikan dan negatif antara pola asuh orang tua otoriter terhadap
kemampuan siswa mengatasi masalah belajar pada siswa kelas VI SDN Kraton 2
Maospati tahun pelajaran 2010/2011, (2) ada pengaruh signifikan dan positif
antara aktivitas sosial siswa terhadap kemampuan siswa mengatasi masalah
belajar pada siswa kelas VI SDN Kraton 2 Maospati tahun pelajaran 2010/2011,
dan (3) ada pengaruh signifikan dan positif antara pola asuh orang tua otoriter
bersama dengan aktivitas sosial siswa secara simultan terhadap kemampuan siswa
mengatasi masalah belajar pada siswa kelas VI SDN Kraton 2 Maospati tahun
pelajaran 2010/2011.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-11-15

Issue

Section

Articles