PENGARUH SERTIFIKASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP MINAT GURU BIMBINGAN KONSELING UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN LANJUT
DOI:
https://doi.org/10.25273/counsellia.v1i2.179Keywords:
Sertifikasi, Motivasi Kerja, Minat Pendidikan LanjutAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi program sertifikasi dan
motivasi kerja terhadap minat guru Bimbingan Konseling untuk mengikuti Pendidikan
Lanjut setelah menempuh jenjang S1. Populasi penelitian adalah guru Bimbingan
Konseling yang berada di Kabupaten Madiun. Sampel penelitian berjumlah 28 dari 9
sekaloh yang terdiri SMA/SMK/MA Negeri-Swasta. Variabel independen dalam penelitian
ini yaitu program sertifikasi dan motivasi kerja, sedangkan variabel dependennya adalah
minat mengikuti pendidikan lanjut. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, dan
data dianalisis dengan menggunakan metode analisis korelasi dan regresi berganda. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa program sertifikasi guru dan motivasi kerja secara
bersama-sama berpengaruh terhadap minat untuk mengikuti pendidikan lanjut, hal tersebut
ditunjukkan oleh koefisien korelasi (r) = 0,6209 ,dan koefisien determinan (r²) = 0,3855
dengan demikian menunjukkan bahwa sumbangan sertifikasi dan motivasi kerja terhadap
minat guru bk mengikuti pendidikan lanjut sebesar 38,55 % .
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, the author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling maintain the publishing rights to the published articles.
Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with an acknowledgement of initial publication to this journal.
Author sent the copyright transfer form (here) to the journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.