Pengembangan media layanan informasi karier berbantuan animaker untuk SD Kelas Rendah

Murtiningsih Murtiningsih, Erlin Fitria, Siti Khuzaimah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa yang kesulitan dalam mendeskripsikan suatu profesi, serta sebagian besar guru berusia lebih dari 40 tahun, sehingga kemampuan untuk memahami konsep dalam mengembangkan media pembelajaran perlu dibantu dengan memberikan motivasi dalam menciptakan variasi media pembelajaran yang unik, kreatif dan menarik menggunakan bantuan teknologi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media layanan informasi karier berbantuan Animaker untuk siswa Sekolah Dasar kelas rendah dan melakukan uji kelayakan media. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menghasilkan 3 produk media video berbantuan animaker sebagai media layanan informasi karier. Berdasarkan akumulasi hasil uji validasi yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi, praktisi dan pengguna memperoleh hasil  sebesar 90,30% yang artinya sangat layak untuk digunakan di lapangan sebagai media layanan informasi karier untuk siswa Sekolah Dasar kelas rendah. Media ini dapat membantu guru kelas dalam mengembangkan media, melaksanakan layanan informasi karier, serta mendorong antusias dan motivasi siswa dalam menyimak materi.

Abstract: This research was motivated by the problem of students who have difficulty in describing a profession, and most teachers are over 40 years old, so the ability to understand concepts in developing learning media needs to be helped by providing motivation in creating a variety of unique, creative and interesting learning media using the help of technology. This research aims to develop a Animaker-assisted career information service media for low-grade elementary school students and conduct media feasibility tests. This research uses Research & Development (R&D) method with ADDIE development model. This research produced 3 animaker-assisted video media products as career information service media. Based on the accumulated results of validation tests conducted by media experts, material experts, practitioners and users obtained results of 90.30% which means it is very feasible to be used in the field as a career information service media for low-grade elementary school students. These media can help class teachers develop media, provide career information services, and encourage enthusiasm and motivation in attention to material.

Keywords


Layanan Informasi Karier; Animaker; Siswa SD Kelas Rendah

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, M. N., Umar, N. F., & Saman, A. (2020). Pengembangan Media Bimbingan Karier Berbasis Animasi Motion graphic Sebagai Layanan Informasi Karier Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Educational Counseling, 4(1), 75–84. https://doi.org/10.30653/001.202041.114

Amalia, U., Fitria, E., & Handayani, I. (2020). Pengembangan media animasi Flash untuk meningkatkan critical thinking skill Remaja melawan hoaks. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(2), 160. https://doi.org/10.25273/counsellia.v10i2.7600

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5315. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636

Aqib, Z. (2021). A to Z Bimbingan dan Konseling Karier Konsep, Teori dan Aplikasinya. Penerbit ANDI.

Basri, H., Yusuf, A. M., & Afdal, A. (2021). Kesesuaian Antara Bakat dan Minat dalam Menentukan Jurusan Pendidikan Tinggi Melalui Bimbingan Karir di Sekolah Menengah Atas. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 6(2), 157–163. https://doi.org/https://doi.org/10.23916/08885011

Brown, S. D., & Lent, R. W. (2013). Career Development and Counseling: Putting Theory and Research to Work. In John Wiley & Sons (Vol. 53, Issue 9).

Hartinah, G., Wibowo, M. E., & Tadjri, I. (2015). Pengembangan Model Layanan Informasi Karir Berbasis Life Skills Untuk Meningkatkan Pemahaman Dalam Perencanaan Karir Siswa Sma. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1). https://doi.org/10.15294/JUBK.V4I1.6874

Jannah, I. N., Prasetiyawati, D., Hariyanti, D., & Prasetyo, S. A. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 54–59.

Muttaqin, R., & Tadjri, I. (2017). Keefektifan Layanan Informasi Karier Berbantuan Video Interaktif dan Live Modeling untuk Meningkatkan Pemahaman Karier Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 176. https://doi.org/10.15294/JUBK.V6I2.21794

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Pedoman Evaluasi Kurikulum. simpuh.kemenag.co.id

Pramuaji, A., & Munir, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi PengenalanCorel Draw Sebagai Sarjana. Electronics, Informatics, and Vocational Education, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17312

Rosita, T., Irmayanti, R., & Hendriana, H. (2020). Urgensi Bimbingan Karir di Sekolah Dasar. Adimas Siliwangi, 03(01), 199–205. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/as.v3i1p%25p.3570

Saputra, A., & Filahanasari, E. (2020). Pengembangan Media Video untuk Pengenalan Karir di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, Vol. 3, No(3), 499–507. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.29110

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Alfabeta.

Sukadari, S. (2021). Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Sangat Dibutuhkan. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 67–74. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1204

Yuniasih, N., Aini, R. N., & Widowati, R. (2018). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring Materi Sistem Pencernaan manusia kelas V di SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2647

Yusuf, S. (2017). Bimbingan & Konseling Perkembangan: Suatu Pendekatan Komperhensif (M. D. Wildani (ed.)). PT Refika Aditama


Article Metrics

Abstract has been read : 66 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/counsellia.v14i1.17186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Counsellia is Indexed By:


Counsellia Office:
Universitas PGRI Madiun
Program Studi Bimbingan dan Konseling
 

View Counsellia Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.