PERBEDAAN PENERIMAAN TEMAN SEBAYA ANTARA SISWA YANG BERKEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT PADA SISWA SMK NEGERI 1 MADIUN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
DOI:
https://doi.org/10.25273/counsellia.v1i1.163Keywords:
penerimaan teman sebaya, ekstrovert, introvertAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerimaan teman
sebaya pada siswa yang berkepribadian ekstrovert dan yang berkepribadian
introvert . Penelitian ini juga ingin mengetahui perbedaan penerimaan teman
sebaya antara siswa yang berkepribadian ekstrovert dan yang berkepribadian
introvert
Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan komparatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Madiun,
sebesar 735 siswa. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Cluster smapling. Pengambilan sampel dalam penelitian ini sebesar 33%,
sehingga sampel dalam penelitian ini sebesar 242 siswa. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat siswa yang berkepribadian
ekstrovert (54,1%) lebih banyak daripada siswa yang berkepribadian introvert
(45,9%). Penerimaan teman sebaya pada siswa yang berkepribadian ekstrovert
berada pada kategori kurang (49,6%) sedangkan peneimaan teman sebaya pada
siswa yang berkepribadian introvert berada pada kategori kurang (44,2%).
Berdasarkan nilai persentase tersebut terdapat perbedaan penerimaan teman
sebaya antara siswa yang berkepribadian ekstrovert dan introvert. Berdasarkan
hasil uji-t yang dilakukan diperoleh hasil nilai p (0,000) < α (0,05) maka dapat
dinyatakan terdapat perbedaan penerimaan teman sebaya antara siswa yang
berkeribadian ekstrovert dan siswa yang berkepribadian introvert.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, the author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling maintain the publishing rights to the published articles.
Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with an acknowledgement of initial publication to this journal.
Author sent the copyright transfer form (here) to the journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.