Pengembangan Aplikasi Kamus Bimbingan dan Konseling Berbasis Android sebagai Sumber Belajar Mandiri Mahasiswa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.25273/counsellia.v13i1.14289

Keywords:

Konseling, Kamus, Belajar, Kemandirian, Android, Aplikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab tantangan dan kebutuhan perkembangan teknologi industry 4.0, yang menghendaki pembelajaran mengintegrasikan teknologi dan informasi dalam belajar. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan salah satu aplikasi kamus belajar bimbingan konseling berbasis android yang mempermudah dan integrasi teknologi dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan dengan langkah eksplorasi, studi Pustaka, Menyusun model hipotetik, verifikasi, validasi, revisi model, uji coba terbatas, analisis, revisi akhir dan sosialisasi. Subjek penelitian adalah mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Masoem, hasil penelitian dengan proses pengembangan sudah dilakukan revisi dan telah berhasil mengembangkan dan keberfungsian aplikasi kamus bimbingan dan konseling yang sudah selesai pada tahap sosialisasi dan bisa digunakan oleh mahasiswa bimbingan dan konseling.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfaiz, A. (2018). Guidance and Counseling Profession: a Philosophy and Professional Challenges In The Future. Couns-Edu: International Journal of Counseling and Education, 3(1): pp. 44-47. DOI: https://doi.org/10.23916/0020180313420. http://journal.konselor.or.id/index.php/counsedu/article/view/134 DOI: https://doi.org/10.23916/0020180313420

Alfaiz, A., Yandri, H., Yuzarion, Y., Lestari, L. P. S., & Heriyani, E. (2019). Persepsi agentik individu untuk mencapai prestasi pribadi dalam aktivitas karir: riset pendahuluan. Psychocentrum Review, 1(2), 85-95. https://doi.org/10.26539/pcr.1276 DOI: https://doi.org/10.30998/pcr.1276

Fahriza, I., Karima, Y, Rayaginansih, F & Julius, A. (2021). Guidance and Counseling Program (Focusing on Personal-Social) to Improve Student Resilience of Class X Students of Vocational School. Quanta Journal. 5(2). DOI: 10.22460/q.v2i1p21-30.642 DOI: https://doi.org/10.22460/q.v5i2p36-45.2440

Fernanda, F & Rosnelly, R. (2020). Perancangan Aplikasi Kamus Sinonim dan Antonim Berbahasa Indonesia Berbasis Android. Jurnal FTIK. 1 (1). Google Scholar.

Friedl, M., Ebner, M., & Ebner, M. (2018). Mobile Learning Applications for Android and iOS for German Language Acquisition Based on Learning Analytics Measurements. International Journal of Learning Analytics and Artificial Intelligencefor Education. https://doi.org/10.3991/ijai.v2i1.12317 DOI: https://doi.org/10.3991/ijai.v2i1.12317

Gregory, R. J. (2015). “Psychological Testing: History, Principles and Applicationsâ€. Seventh Edition. Pearson Publishing

Handayani, M.S, Wangid, M.N & Julius, A. (2021). The Impact of Self-Management Techniques to Improve University Students’ Social Cognition. Islamic Guidance and Counseling Journal. 4(1). https://doi.org/10.25217/igcj.v4i1.1247 DOI: https://doi.org/10.25217/igcj.v4i1.1247

Iskandar, A., Tobi, M.D., Chin, J., & Satria, E. (2019). Mobile Based Android Application Pharmaceutical Dictionary with Direct Search as Searching Process. International Journal of Scientific & Technology Research.

Jaya, S., Sutisna, M.A., & Wisudya, R.H. (2019). Aplikasi Kamus Alquran Berbasis Android Menggunakan Android Studio. Jurnal SIBERNETIKA. 4(1), 51 – 60. Google Scholar.

Julius, A., Fahriza, I., & Wulandari, P. (2020). Digital Literacy as a School Counselor Competence in the Development of Media in Guidance Service. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling. 5(2). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPBK/article/view/10106

Krismona, E.B., Purwaningrum, R & Surur, N. (2021). Pengembangan Aplikasi “Kawan SMK†untuk Meningkatkan Perencanaan Studi Lanjut pada Siswa SMK. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 11(1), 31-42. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JBK DOI: https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i1.8591

Novaliendry, D., Asman., & Hendriyani, Y. (2020). Smart Learning Media Based on Android Technology. Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/344160680

Pinnamaneni, N., Muvva, S.C., & Dodda, S. (2021). A Study on Threats to Mobile-Learning. EPRA International Journal of Research and Development. 6 (7). https://doi.org/10.36713/epra7696 DOI: https://doi.org/10.36713/epra7696

Sabara, E., Nilawati, A & Kusumawati, N. (2019). Rancang Bangun Kamus Pintar Elektronika Berbasis Android. JETC, 14 (2). Google Scholar.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Syifa, Abdullah. (2020). Intensitas Penggunaan Smartphone, Prokratinasi akademik dan Perilaku Phubbing Mahasiswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 10 (1), 83 – 96. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JBK DOI: https://doi.org/10.25273/counsellia.v10i1.6309

Wati, R & Ernawati, S. (2018). Perancangan Aplikasi Kamus Bahasa Jawa-Indonesia Bebrasis Android. Jurnal TECHNO Nusa Mandiri. 15 (2). Google Scholar. DOI: https://doi.org/10.33480/techno.v15i2.893

Wijaya, I.K., Bakri, R.A., Wutun, A.A., Fitriani., & Mattoliang A.A. (2019). The Effectiveness of Mobile Learning Based Android in Learning English Vocabularies. International Journal of Interactive Mobile Technology. https://doi.org/10.3991/ijim.v13i12.11167 DOI: https://doi.org/10.3991/ijim.v13i12.11167

Zaki, D.A., Alimzhanov, Y., & Tolenbekov. (2019). Experience on Using of Mobile Learning for Effective Teaching Foreign Languages in University Studies. Proceeding of EDULEARN. Google Scholar. DOI: https://doi.org/10.21125/edulearn.2019.1872

Downloads

Published

2023-05-24

Issue

Section

Articles