Hubungan Keterampilan Sosial dan Kontrol Diri dengan Penerimaan Teman Sebaya Pada Siswa SMP Negeri 33 Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.25273/counsellia.v12i1.11770Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan social dan kontrol diri dengan penerimaan teman sebaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Alat pengumpulan data berupa angket tertutup dengan model skala Likert, melalui Google Forms, dan metode pengambilan sampelnya adalah random sampling. Jumlah populasi 513 siswa dan sampel sebanyak 225 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, korelasi product moment dan korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara X1, X2 dan Y yang menunjukkan bahwa Sig. F Change < 0,05. Hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang menunjukkan bahwa ada hubungan antara keterampilan sosial dan kontrol diri dengan penerimaan teman sebaya. Artinya semakin tinggi keterampilan sosial dan kontrol diri maka semakin tinggi pula penerimaan teman sebaya.
Downloads
References
Amsari, Tira Pratama; Nurhadianti, R. D. D. (2020). Kontrol Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kepatuhan Santri dalam Melaksanakan Tata Tertib. Jurmal IKRA-ITH Humaniora, 4(2), 144–150.
Andangjati, Maria Winayang; Soesilo, Tritjahjo Danny; Windrawanto, Yustinus. (2021) Hubungan anatar Interaksi Sosial Teman Sebaya dengan Penerimaan Sosial Siswa Kelas XI. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(1), 167-173. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33360
Anggreini, Ririn; Mariyanti, Sulis. (2014). Hubungan antara Kontrol Diri dan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, 12(1), 34-42.
Azwar, Saifuddin. (1993). Kelompok Subjek ini Memiliki Harga Diri yang Rendah; Kok, Tahu?. Buletin Psikologi, (2), 13-17.
Chaplin, J. P. (2014). Kamus Lengkap Psikologi Terjemahan oleh Kartino Kartono. PT Raja Grafindo Persada.
Choeriyah, Mustabiqotul. (2011). Upaya Meningkatkam Hubungan Sosial antar Teman Sebaya melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VII SMP Islam Wonopringgo Pekalongan.Universitas Negeri Semarang.
Desmita. (2017). Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakarya.
Dinata, Andari Nursa; Murtini; Safaria, T. (2019). Peran peer acceptance dan perilaku assertif pada keterampilan sosial remaja. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 327–334. http://seminar.uad.ac.id/index.php/snmpuad/article/download/3444/774
Elbrahim, M. N. (2011). psikologi remaja. CV Arta Duta.
Geldard, Kathryn; Geldard, David; Foo, R. Y. (2016). Konseling Anak-Anak: Panduan Praktis, Edisi Keempat Terjemahan Paramita. PT Indeks.
Ghufron, M Nur; Risnawita, R. (2014). Teori-Teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.
Hurlock, Elizabeth B. (1993). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan terjemahan oleh Isriwidyanti dan Soedjarwo. Erlangga.
Izzati, Nurma. (2014). Pengaruh Keterampilan Sosial terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Edueksos, 3(1), 87-100.
Jannah, M. (2013). Hubungan antara Keterampilan Sosial dengan Penerimaan Teman Sebaya pada Siswa Kelas VII di MTs Muhammadiyah I Malang. UIN Malik Ibrahim Malang.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia.
Majid, A. N. (2017). Hubungan antara Kontrol Diri (Self-Control) dengan Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa FTIK Jurusan PAI Angkatan 2012 IAIN Salatiga. FTIK IAIN.
Mappiare, A. (1982). Psikologi Remaja. Usaha Nasional.
Margono. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Rineka Cipta.
Mariyam, S. (2015). Hubungan antara keterampilan sosial dengan penerimaan teman sebaya pada siswa kelas VII di MTs Nai Ashfiyah Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Munawaroh, F. (2015). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Kenakalan Remaja Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Bimibingan Dan Konseling, 3(1), 1–15. http://dx.doi.org/10.1016/j.bpj.2015.06.056%0Ahttps://academic.oup.com/bioinformatics/article-abstract/34/13/2201/4852827%0Ainternal-pdf://semisupervised-3254828305/semisupervised.ppt%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.str.2013.02.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.10 DOI: https://doi.org/10.1016/j.str.2013.02.005
Nuraini, R. D. (2018). Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dan Kontrol Diri Dengan Kepatuhan Terhadap Peraturan Sekolah Pada Siswa Di Smk Negeri 6 Yogyakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 21. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipbk/article/view/11757
Nurihsan, Achmad Juntia; Agustin, Mubar. (2013). Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja: Tinjauan Psikologi, Pendidikan dan Bimbingan. PT Refika Aditama.
Santrock, E. B. (2007) Remaja (Edisi Kesebelas). Alih Bahasa: Benedictine Widyasinta. Erlangga.
Saptarina, Bina. (2020). Pengaruh Kontrol Diri dan Konformitas Teman Sebaya terhadap Kedisiplinan Siswa SMK Negeri Se-Wilayah Semarang Selatan. Universitas Negeri Semarang.
Setiani, Tita. (2014). Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa melalui Penerapan Metode Simulasi pada Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri Pakem 2 Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Prenada Media.
Sugianto, Akhmad. (2017). Pengembangan Instrumen Kecerdasan (Intelegensi). Jurnal BK Fitriah, 1(2) 1-6.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Thalib, S. B. (2017). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Apliktif. Kencana.
Yuliani, M. T. D. (2019). Hubungan antara Interaksi Sosial Teman Sebaya dengan Penerimaan Sosial Siswa Kelas XI SMP Negeri 09 Kota Bengkulu. Consilia Jurnal Ilmiah BK, 2(3), 245–253. DOI: https://doi.org/10.33369/consilia.2.3.245-253
Downloads
Published
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, the author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling maintain the publishing rights to the published articles.
Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with an acknowledgement of initial publication to this journal.
Author sent the copyright transfer form (here) to the journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.