Evaluasi Pengembangan Media Aplikasi Identifikasi Multiple Intellegence by Howard Gardner dalam Penentuan Putusan Karir
DOI:
https://doi.org/10.25273/counsellia.v12i2.11346Keywords:
Evaluasi, Pengembangan Media, Multiple Intellgence, Putusan Karir.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dari pengembangan media aplikasi identifikasi multiple intelligence by Howard Gardner dalam penentuan putusan karir. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Dalam penelitian ini, model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Model evaluasi CIPP dipilih karena aspek yang ditinjau dalam model penelitian ini dianggap lebih komprehensif dibandingkan dengan model evaluasi lainnya. Terdapat empat aspek evaluasi dalam model CIPP, yaitu evaluasi context yang meliputi latar belakang pembuatan media, evaluasi input yang meliputi sarana/ bahan/ sumber daya yang mendukung fungsi dari pengemangan media yang digunakan, evaluasi process yaitu evalusi penggunaan media, dan evaluasi product yaitu evaluasi hasil dari produk yang dikembangkan. Penelitian ini difokuskan pada evaluasi pengembangan media identitfikasi tipe kecerdasan individu by Howard Gardner dengan berbasis aplikasi android. Dengan adanya evaluasi media tersebut diharapkan pengembangan aplikasi nantinya dapat berkembang lebih baik dan memiliki kebermanfaatan yang lebih optimal.
Downloads
References
Agustanico Dwi Muryadi, Evaluasi Program Pembinaan Sepakbola Klub Persijap Jepara , Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran): Vol. 1 No. 2 (2015): Jurnal Ilmiah Penjas
Agustanico Dwi Muryadi, Peran Pemerintah Dalam Pembangunan Pemuda Dan Olahraga Di Indonesia , Prosiding Seminar Nasional Fkip Utp Surakarta: Vol. 39 No. 1 (2019): Prosiding Semnas Tahun 2019" Kiprah Perempuan Dalam Keolahragaaan Menuju Pola Hidup Sehat"
Ali, Noor Rochmad. 2015. Analisis Konsep Howard Gardner Tentang Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegence) dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran yang Sesuai dengan Perkembangan Anak di TK Alam Alfa Kids Pati Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Negeri Walisongo: Semarang.
Armstrong, T. (2004). Menerapkan multiple intelligences di sekolah (alih bahasa Yudhi Murtanto) Bandung: Penerbit Kaifa PT Mizan Pustaka.
Efendi, Muhammad Arifin. 2019. Pengembangan Aplikasi Informasi Jenis Profesi Berbasis Android Untuk Layanan Informasi Karir Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Gardner, Howard. 2011. Frames of Mind “The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.
Masaong, Kadim. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Multiple Intelligence. Konaspi VII Universitas Negeri Yogyakarta
Mundiri, A (2016) Strategi Lembaga Pendidikan Islam dalam Membangun Branding Image. Pedagogik, 3(2)
Mundiri, A., & Zahra, I. 2017. Implementasi Metode Stifin dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran di Rumah Quran Stifin Paiton Probolinggo. Journal of Islamic Education Studies 5(2), https://doi.org/10.15642/jpai.2017.5.2.201.223 DOI: https://doi.org/10.15642/jpai.2017.5.2.201-223
Safaat. 2011. Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika: Bandung
Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Prenamedia Grup: Jakarta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Alfabeta.
Ulum, Nafi’atul. 2020. Konsep Kecerdasan Majemuk Perspektif Howard Gardner dan Penerapannya dalam Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, the author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling maintain the publishing rights to the published articles.
Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with an acknowledgement of initial publication to this journal.
Author sent the copyright transfer form (here) to the journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.