Pengembangan Buku Manajemen dan Supervisi Bimbingan dan Konseling di Sekolah

Authors

  • Budi Purwoko Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Pudjiastuti Sartinah Universitas Negeri Surabaya
  • Ach. Sudrajad Nurismawan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.25273/counsellia.v12i1.11197

Keywords:

Pengembangan Buku Ajar, Manajemen dan Supervisi BK

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku manajemen dan supervisi BK di sekolah yang efektif dan fisibel berdasarkan uji ahli, pengguna, dan uji keterbacaan produk. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan. Berdasarkan tujuan dan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan: Penelitian pengembangan ini menghasilkan buku bahan ajar Manajemen dan Supervisi BK yang memiliki akseptabilitas, berdasarkan  4 indikator meliputi aspek kegunaan, produk dinilai ahli dan penguna sangat berguna. Pada aspek kelayakan, dinilai ahli dan penguna sangat sangat layak. Kemudian aspek ketepatan, produk dinilai ahli dan penguna tepat.  Dan dari aspek kepatutan, dinilai patut. Hasil temuan ini perlu ditindaklanjuti dengan penerapan produk melalui penelitian tindakan kelas untuk menghasilkan perangkat yang tepat dan aplikatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Budi Purwoko, Universitas Negeri Surabaya

S2 Bimbingan dan Konseling Pascasarjana

Endang Pudjiastuti Sartinah, Universitas Negeri Surabaya

S2 Bimbingan dan Konseling Pascasarjana

Ach. Sudrajad Nurismawan, Universitas Negeri Surabaya

S2 Bimbingan dan Konseling Pascasarjana

References

Amalianita, B., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Penerapan sistem pendidikan disentralisasi serta upaya peningkatan mutu layanan dengan pengembangan profesionalisme guru bimbingan konseling. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 9–14. DOI: https://doi.org/10.29210/3003737000

Ardimen, A. (2018). Visi baru konselor sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah dan madrasah. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 4(1), 22–29. DOI: https://doi.org/10.21067/jki.v4i1.2733

Awalya, A., Indriyanti, D. R., Arinata, F. S., Khiyarusoleh, U., Istiqomah, M., & Nugraha, Y. P. (2022). Peningkatan Kompetensi Kolaborasi Konselor Sekolah Melalui Program Pelatihan di Musyawarah Guru Bimbingan Dan Konseling (MGBK) Kabupaten Semarang. Journal of Community Empowerment, 2(1), 27–31. DOI: https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.59870

Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (2003). Educational research: An introduction. Longman Publishing.

Gysbers, N. C., & Henderson, P. (2014). Developing and managing your school guidance and counseling program. John Wiley & Sons.

Harefa, D., & Telaumbanua, K. (2020). Teori Manajemen Dan Bimbingan Konseling: Kajian Untuk Mahasiswa Pendidikan Dan Keguruan. PM Publisher.

Jufri, M., & Ahmad, A. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Pascasarjana UNM.

Kemendikbud. (2016). Panduan Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta.

Kurniah, N., Agustriana, N., & Zulkarnain, R. (2021). Implementasi Bahan Ajar Untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Mahasiswa PAUD Pascasarjana. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 17–25.

Mashudi, F. (2018). Panduan Praktis Evaluasi Dan Supervisi Bimbingan Konseling. DIVA PRESS.

Mudjijanti, F. (2022). Kepuasan Siswa atas Pelayanan Bimbingan dan Konseling Ditinjau dari Persepsi Siswa Tentang Kualitas Layanan Bimbingan dan Konseling di SMK PGRI Wonoasri Kabupaten Madiun. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 7(2), 1–10.

Myrick, R. D. (2011). Developmental Guidance And Counseling: A Practical Approach Fifth. ERIC.

Nadeak, B. (2020). BUKU MATERI PEMBELAJARAN Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah (ditinjau dari organisasi dan manajemen pendidikan). UKI Press.

O’Brien, E. R., & Hauser, M. A. (2015). Supervision and agency management for counselors. Springer Publishing Company. DOI: https://doi.org/10.1891/9780826127990

Octavia, S. A. (2019). Implementasi Manajemen Bimbingan Konseling Di Sekolah/Madrasah. Deepublish.

Putri, M. A., Neviyarni, N., Ahmad, R., & Syukur, Y. (2018). Guidance and Counseling in School Accountability. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 108–117. DOI: https://doi.org/10.32505/enlighten.v1i2.731

Radjah, C. L., Atmoko, A., & Simon, I. M. (2019). Pengembangan Kurikulum dan Bahan Ajar Continuing Proffesional Development Berbasis Blended Learning Bagi Konselor. Konvensi Nasional Bimbingan Dan Konseling XXI, 164–168.

Sarman, F., & Asradi, A. (2021). Implementasi bahan ajar hasil pengembangan materi mata kuliah instrumentasi dalam konseling I di Universitas Jambi. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 1–10. DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.51458

Syarifah, A. A. (2021). PROFESIONALISME GURU DAN KONSELING DALAMMENYUSUN PROGRAM SEMESTER DI SMA NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG SKRIPSI.

Team, C. W. (2008). The South Carolina Comprehensive Developmental Guidance and Counseling Program model: a guide for school counseling programs, prekindergarten through twelfth grade. South Carolina State Documents Depository.

Wardhani, N. S., Farida, E., & Yudha, E. S. (2019). Profil kompetensi pedagogik dan profesional guru bimbingan dan konseling SMA di Kota Bandung. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(2), 147–154. DOI: https://doi.org/10.30653/001.201932.63

Wines, L. A., & Nelson, J. A. (2018). School Counselors as Practitioners: Building on Theory, Standards, and Experience for Optimal Performance. Routledge. DOI: https://doi.org/10.4324/9781315175645

Wiyono, B. D., Purwoko, B., & Winingsih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Manajemen Bimbingan dan Konseling Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 40–54. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1040

Downloads

Published

2022-05-24

Issue

Section

Articles