Perbedaan Kemandirian Anak Berdasarkan Pengasuhan Orangtua dan Grandparents

Afdal Afdal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemandirian anak ditinjau dari pengasuh orangtua dan grandparents. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif komparatif dengan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang siswa SD di Sumatera Barat (kelas 1-3 SD, usia rata-rata 6-9 tahun, laki-laki dan perempuan, diasuh oleh orangtua dan grandparent yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kemandirian (validitas 45 item pernyataan) yang mengukur aspek kemampuan fisik, aspek percaya diri, aspek bertanggung jawab, aspek disiplin, aspek pandai bergaul, aspek saling berbagi dan aspek mengendalikan emosi. Data dianalisis dengan uji beda (t-test). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemandirian anak yang difokuskan oleh orangtua dan grandrandparent sama-sama berada pada kategori tinggi dengan persentase 80,00% dan dilihat dari nilai Asymp. Sig. (2-tailed) lebih besar dari taraf signifikansi 0,05 (0,864 > 0,05), sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemandirian anak diasuh oleh orangtua dan kemandirian anak yang diasuh oleh grandparent. Terkait dengan temuan ini, konselor perlu meningkatkan pemahaman mengenai pengasuhan orangtua maupun pengasuhan grandparents yang  baik melalui pemberian pelayanan Bimbingan dan Konseling.

Keywords


Kemandirian Anak; Pengasuh Orangtua; Pengasuh Grandparents

Full Text:

PDF

References


Afdal, A. (2015). Kolaboratif: Kerangka Kerja Konselor Masa Depan. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 3(2), 1–7.

Afdal, A., Taufik, T., & Ifdil, I. (2021). Implementation of the Concept of Birrul Walidaini in Conseling of Family. Psychology and Education Journal, 58(1), 4049-4052.

Amanda, I., & Afdal, A. (2020). Analysis of Attachment with Parents of Students with Problems. Jurnal Neo Konseling, 3(1), 163-168.

Fauziah, R. R., Kusumawardani, R., & Maryani, K. (2018). Perbedaan Kemandirian Anak Ditinjau Dari Subyek Pengasuhan Orangtua dan Kakek-Nenek pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan PAUD, 5(1), 72-80.

Fono, Y. M. (2021). Pola Asuh Orangtua Pengganti Anak Usia Dini. Jawa Tengah: Pena Persada.

Gottzen, L., & Sandberg, L. (2019). Creating Safe Atmosperes? Children’sexperiences of Granparents’ Affective and Spatial Responses to Demostic Violence. Chhildren’s Geographies, 17(5), 514-526.

Habibi, MA. M. (2018). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish.

Haryani, R. K., Dimyati., & Fauziah, P. Y. (2021). Peranan Pengasuhan Kakek dan Nenek terhadap Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 173-181.

Istiqamah, H., & Suyadi. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Sekolah Dasar dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasusu Di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta). Jurnal PGMI, 11(2), 155-168.

Fhitrah, K. M. E., & Afdal, A. (2021). Marital Quality: Analysis on Couples Who Have Long-Distance Marriages. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 2(1), 34-40.

Kamil, B., & Daniati. (2016). Layanan Informasi Karir dalam Menigkatkan Kematangan Karir pada Peserta Didik Kelas X di Sekolah Madrasah Aliyah Qudsiyah Kotabumi Lampung Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(2), 185-196.

Khaulani, F., Neviyarni., & Murni, I. (2019). Fase dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51-59.

Maryani, O., & Afdal. A. (2019). Perbedaan Pemahaman Remaja Perempuan terhadap Kesehatan Reproduksi ditinjau dari Asal Sekolah. Jurnal Fokus Konseling, 5(2), 102-109.

Novira, T., & Fikry, Z. (2021). Kelekatan Pada Pengasuhan Nenek. Jurnal Proyeksi, 16(1), 61-71.

Prasiti, T., & Saraswati, S. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Siswa Memanfaatkan Layanan Konseling Perorangan. Indonesian Journal of Guidance Counseling, 2(4), 42-50.

Putri, A. D., & Izzati. (2021). Pelaksanaan Perkembangan Kemandirian Anak yang Diasuh Oleh Grandparent. Jurnal Pendidikan Tambulasi, 4(2), 1269-1277.

Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31-46.

Sherr, L., Roberts, K. L., Hothi, S., & Balchin, N. (2018). Never to Old to Learn-Parenting Interventions for Grandparens a Systematic Review. Cogent Social Sciences, 4(1), 1-22.

Suparmi, S., Ekowaeni, E., Adiyanti, M., & Helmi, A. F. (2018). Pengasuhan Sebagai Mediator Nilai Anak Dalam Memengaruhi Kemandirian Anak Dengan Dwon Syndrom. Jurnal Psikologi, 45(2).

Syamsu, S. (2017). Pengaruh Program Parenting Terhadap Perkembangan Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Pada PAUD Pramata Bunda Kota Palopo). Journal of Social-Religion Research, 2(2), 161-174.

Wahy, H. (2012). Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama dan Utama. Jurnal Imiah DIDAKTIKA, 12(2), 245-258.

Wiyani, N. A., & Barnawi. (2012). Format PAUD Konsep, Karakteristik & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.


Article Metrics

Abstract has been read : 1347 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/counsellia.v12i1.10460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Counsellia is Indexed By:


Counsellia Office:
Universitas PGRI Madiun
Program Studi Bimbingan dan Konseling
 

View Counsellia Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.