Perbedaan Kemandirian Anak Berdasarkan Pengasuhan Orangtua dan Grandparents
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afdal, A. (2015). Kolaboratif: Kerangka Kerja Konselor Masa Depan. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 3(2), 1–7.
Afdal, A., Taufik, T., & Ifdil, I. (2021). Implementation of the Concept of Birrul Walidaini in Conseling of Family. Psychology and Education Journal, 58(1), 4049-4052.
Amanda, I., & Afdal, A. (2020). Analysis of Attachment with Parents of Students with Problems. Jurnal Neo Konseling, 3(1), 163-168.
Fauziah, R. R., Kusumawardani, R., & Maryani, K. (2018). Perbedaan Kemandirian Anak Ditinjau Dari Subyek Pengasuhan Orangtua dan Kakek-Nenek pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan PAUD, 5(1), 72-80.
Fono, Y. M. (2021). Pola Asuh Orangtua Pengganti Anak Usia Dini. Jawa Tengah: Pena Persada.
Gottzen, L., & Sandberg, L. (2019). Creating Safe Atmosperes? Children’sexperiences of Granparents’ Affective and Spatial Responses to Demostic Violence. Chhildren’s Geographies, 17(5), 514-526.
Habibi, MA. M. (2018). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish.
Haryani, R. K., Dimyati., & Fauziah, P. Y. (2021). Peranan Pengasuhan Kakek dan Nenek terhadap Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 173-181.
Istiqamah, H., & Suyadi. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Sekolah Dasar dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasusu Di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta). Jurnal PGMI, 11(2), 155-168.
Fhitrah, K. M. E., & Afdal, A. (2021). Marital Quality: Analysis on Couples Who Have Long-Distance Marriages. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 2(1), 34-40.
Kamil, B., & Daniati. (2016). Layanan Informasi Karir dalam Menigkatkan Kematangan Karir pada Peserta Didik Kelas X di Sekolah Madrasah Aliyah Qudsiyah Kotabumi Lampung Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(2), 185-196.
Khaulani, F., Neviyarni., & Murni, I. (2019). Fase dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51-59.
Maryani, O., & Afdal. A. (2019). Perbedaan Pemahaman Remaja Perempuan terhadap Kesehatan Reproduksi ditinjau dari Asal Sekolah. Jurnal Fokus Konseling, 5(2), 102-109.
Novira, T., & Fikry, Z. (2021). Kelekatan Pada Pengasuhan Nenek. Jurnal Proyeksi, 16(1), 61-71.
Prasiti, T., & Saraswati, S. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Siswa Memanfaatkan Layanan Konseling Perorangan. Indonesian Journal of Guidance Counseling, 2(4), 42-50.
Putri, A. D., & Izzati. (2021). Pelaksanaan Perkembangan Kemandirian Anak yang Diasuh Oleh Grandparent. Jurnal Pendidikan Tambulasi, 4(2), 1269-1277.
Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31-46.
Sherr, L., Roberts, K. L., Hothi, S., & Balchin, N. (2018). Never to Old to Learn-Parenting Interventions for Grandparens a Systematic Review. Cogent Social Sciences, 4(1), 1-22.
Suparmi, S., Ekowaeni, E., Adiyanti, M., & Helmi, A. F. (2018). Pengasuhan Sebagai Mediator Nilai Anak Dalam Memengaruhi Kemandirian Anak Dengan Dwon Syndrom. Jurnal Psikologi, 45(2).
Syamsu, S. (2017). Pengaruh Program Parenting Terhadap Perkembangan Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Pada PAUD Pramata Bunda Kota Palopo). Journal of Social-Religion Research, 2(2), 161-174.
Wahy, H. (2012). Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama dan Utama. Jurnal Imiah DIDAKTIKA, 12(2), 245-258.
Wiyani, N. A., & Barnawi. (2012). Format PAUD Konsep, Karakteristik & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Article Metrics
Abstract has been read : 1347 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/counsellia.v12i1.10460
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Counsellia is Indexed By:
Counsellia Office:
Universitas PGRI Madiun
Program Studi Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.