PENGARUH MENGIKUTI ORGAMAWA DAN REGULASI DIRI TERHADAP PROKRASTINASI MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN IKIP PGRI MADIUN TAHUN AKADEMIK 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.25273/counsellia.v6i2.1016Abstract
Prokrastinasi yang dilakukan mahasiswa dalam mengerjakan skripsi dapat dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya adalah mengikuti organisasi kemahasiswaan (Orgamawa) dan regulasi diri.Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui pengaruh mengikuti orgamawa terhadap prokrastinasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi, pengaruh regulasi diri terhadap prokrastinasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi, serta pengaruh mengikuti Orgamawa dan regulasi diri terhadap prokrastinasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsidi Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Madiun tahun akademik 2015/2016.
Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian ex-post facto.Populasi pada penelitian seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Madiun tahun akademik 2015/2016 yang menjadi pengurus Orgamawa dan sedang menempuh program penyusunan skripsi ber jumlah 60orang. Penentuan sampel dengan teknik sampling jenuh. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi dua prediktor.
Simpulan penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh mengikuti Orgamawa terhadap prokrastinasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi di Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Madiun tahun akademik 2015/2016, (2) ada pengaruh regulasi diri terhadap prokrastinasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi di Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Madiun tahun akademik 2015/2016, dan (3) ada pengaruh secara simultan mengikuti Orgamawa dan regulasi diri terhadap prokrastinasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi di Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Madiun tahun akademik 2015/2016.
Â
Kata Kunci:Â Â Mengikuti Orgamawa, Regulasi Diri, Prokrastinasi Mahasiswa dalam Menyelesaikan SkripsiDownloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Burka, Jane B. and Yuen, Lenora, M. 2008. Procrastination: Why Yo Do It, What to Do About It Now, Canbride: Da Capo.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghufron, M. Nur dan Risnawita, Rini. 2011. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hendrianur. 2015. Hubungan Dukungan Sosial dan Regulasi Diri dengan Prokrastinasi Dalam Menyelesaikan Skripsi. eJournal Psikologi. 3(2): 528-542.
IKIP PGRI Madiun. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Edisi 2/2015. Madiun: IKIP PGRI Madiun.
Jannah, Miftahul dan Muis, Tamsil.2014. Prokrastinasi Akademik (Perilaku Penundaan Akademik) Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.Jurnal BK UNESA. Vol. 04.No. 03.hal. 1-8.
Mutaqin, Dadang Zaenal. 2015. Buku Panduan Penyusunan Skripsi. Yogyakarta: Deepublish.
Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ormrod, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga.
Qadariah, Siti; Sukarti Hilmi Manan; dan Dwi Prameisi Ramdhayani. 2012. Gambaran Faktor Penyebab Prokrastinasi pada Mahasiswa Prokrastinator yang Mengontrak Skripsi.Prosiding SNaPP2012: Sosial, Ekonomi, dan Humaniora. Vol. 3.No. 1.hal. 119-126.
Riduwan dan Sunarto. 2013. Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rivai, Veithzal. 2011. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories Teori-Terori Pembelajaran Perspektif Pendidikan Edisi Keenam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 155/U/1998
Steel, P. 2007. The nature of procrastination: A meta analytic and theoretical review of quintessential self regulatory failure. Psychological Bulletin.133 (1): 65-94.
Sudarman, Paryati. 2004. Belajar Efektif di Perguruan Tinggi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukirman, Silvia. 2004. Tuntunan Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Pelangi Cendikia.
Taylor, Shelley E., Letitia Anne Peplau, and David O. Sears. 2009. Psikologi Sosial. Edisi Kedua Belas. Alih Bahasa: Michael Adriyanto dan Savitri Soekrisno. Jakarta: Kencana Prenada Mulia.
Urip Santosa. 2014. Manfaat Aktif dalam Organisasi Mahasiswa.Artikel. Universitas Bengkulu.
Downloads
Published
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, the author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling maintain the publishing rights to the published articles.
Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with an acknowledgement of initial publication to this journal.
Author sent the copyright transfer form (here) to the journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.