Analisis Peran Teman Sebaya dalam Pengambilan Keputusan Karier

Insan Suwanto, Dian Mayasari, Nurul Wulan Dhari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan peran yang ditunjukkan oleh kelompok teman sebaya dalam mempengaruhi keputusan karier; 2) mengidentifikasi faktor-faktor penyebab yang mempengaruhi pengambilan keputusan karier. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui secara mendalam terkait peran teman sebaya dalam pengambilan keputusan karier siswa. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan wawancara terstruktur kepada keenam orang siswa kelas XII. Wawancara yang dilakukan dengan pedoman wawancara peran teman sebaya dan faktor pengambilan keputusan karier yang telah diuji melalui uji validitas konstruksi (judgement experts). Kemudian, data hasil penelitian dianalisis menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan: 1) peran kelompok teman sebaya terlihat pada aspek dukungan sosial, moral dan emosional; kebebasan berpendapat, bertindak atau menemukan identitas diri. Sedangkan aspek sebagai agen sosialisasi dan mengembangkan keterampilan tidak terlalu ditemukan pada teman sebaya. 2) Faktor kondisi lingkungan sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan karier. Sedangkan untuk faktor belajar tidak terlalu berpengaruh dalam pengambilan keputusan karier. Berdasarkan hasil penelitian, hendaknya teman sebaya bisa memilih teman yang dapat dijadikan sebagai role model dan Guru BK dapat memfasilitasi pembentukan kelompok teman sebaya yang membahas terkait permasalahan karier agar siswa bisa secara mandiri mengambil keputusan karier.


Abstract: This study aims to: 1) describe the role shown by peer groups in influencing career decisions; 2) identify the causal factors that influence career decision making. This study uses a qualitative approach to know in-depth the role of peers in students' career decision-making. In collecting data, the researcher conducted structured interviews with the six students of class XII. Interviews were conducted using peer role interview guidelines and career decision-making factors that have been tested through construction validity tests (expert judgment). Then, the research data were analyzed using themodel Miles and Huberman consisting of data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. The results showed: 1) the role of peer groups was seen in aspects of social, moral and emotional support; freedom of opinion, action or self-identity. While the aspects as agents of socialization and developing skills are not found in peers. 2) Environmental conditions are very influential in making career decisions. Meanwhile, the learning factor is not very influential in making career decisions. Based on the results of the study, peers should be able to choose friends who can be used as role models and guidance and counseling teachers can facilitate the formation of peer groups that discuss career issues so that students can independently make career decisions.

Keywords


Teman Sebaya; Keputusan Karier

Full Text:

PDF

References


Alhafid, A. F., & Nora, D. (2020). Kontribusi Dukungan Sosial Orang Tua dan Peran Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(4), 284–300. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i4.53

Aminnurrohim, A. W., Saraswati, S., & Kurniawan, K. (2014). Survei Faktor-Faktor Penghambat Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 57–63.

Amsanah, S. (2018). Efektivitas Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Pemilihan Karir Peserta Didik Kelas XII SMK Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019 (Vol. 11, Issue 1). (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Intan).

Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial Edisi Kesepuluh Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Brown, D. (2003). Career Information, Career Counseling, and Career Development (8th). Boston: University of Nort Carolina At Chapel Hill.

Dharma, S., & Siregar, R. (2015). Membangun Pengalaman Belajar Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Project Citizen Pada Siswa. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 100. https://doi.org/10.24114/jupiis.v7i1.2303

Fadhillah, S. H., & Yudiana, W. (2020). Kesulitan Pengambilan Keputusan Karier Pada Siswa Di Daerah Rural: Bagaimana Peran Dukungan Sosial? Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 229–248. https://doi.org/10.30996/persona.v9i2.3375

Hendayani, N., & Abdullah, S. M. (2018). Dukungan Teman Sebaya dan Kematangan Karier Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(1), 28. https://doi.org/10.22219/jipt.v6i1.5189

Howard, K. A. S., Budge, S. L., Gutierrez, B., Owen, A. D., Lemke, N., Jones, J. E., & Higgins, K. (2010). Future Plans of Urban Youth: Influences, Perceived Barriers, and Coping Strategies. Journal of Career Development, 37(4), 655–676. https://doi.org/10.1177/0894845309358999

Hurlock, E. B. (2006). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Imbellone, A., & Laghi, F. (2016). The Role of Time Perspective in Social Cognitive Career Theory of Interests. Time and Society, 25(2), 334–354. https://doi.org/10.1177/0961463X15577263

Istifarani, F. (2016). Pengaruh Dukungan Keluarga Terhadap Pengambilan Keputusan Karir Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Depok. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(5).

Kristiono, W. S. (2018). Peran Kelompok Teman Sebaya Dalam Menentukan Pengambilan Keputusan Karir Pada Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 7 Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(10), 604–614.

Marliyah, L., Dewi, F. I. R., & Suyasa, P. T. (2004). Persepsi Terhadap Dukungan Orangtua dan Pembuatan Keputusan Karir Remaja. Jurnal Provitae, 1(1), 59–82.

Moleong, J. L. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ormord, J. E. (2009). Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Prastya, A. (2016). Bimbingan dan Konseling Karir dengan Pendekatan Social Learning Krumboltz dalam Menentukan Pemilihan Karir Seorang Siswa Kelas XI di MA Bilingual Krian Sidoarjo. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Rahmat, D., Wahyuni, E., & Herdi, H. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Karir Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 20. https://doi.org/10.21009/insight.032.04

Republik Indonesia. (2015). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Santrock, J. W. (2003). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sari, A. K., Yusuf, A. M., Megaiswari, M., & Afdhal, A. (2021). Analisis Teori Karir Krumboltz: Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 116–121. https://doi.org/10.23887/XXXXXX-XX-0000-00

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suhartono, S. (2008). Wawasan pendidikan: Sebuah pengantar pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Supriatna, M., & Budiman, N. (2010). Layanan Bimbingan Karier Di Sekolah Menengah Kejuruan (E-Book). Bandung: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Indonesia.

Susanto, I. (2016). Pengaruh Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menyimpang Peserta Didik di Sekolah (Studi Deskriptif di kelas X SMA Pasundan 3 Bandung). (Doctoral Dissertation, FKIP UNPAS).

Suwanto, I. (2018). Teknik Self Management Terhadap Kematangan Karir Siswa SMK Negeri 2 Singkawang. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 3(1), 27–30.

Walgito, B. (2010). Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karier). Yogyakarta: Andi Offset.

Zulfa, N. I., Heryaniningsih, S. M., Saputra, M. R., & Putri, M. K. (2018). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi pada Siswa SMA. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research, 2(2), 69–74.


Article Metrics

Abstract has been read : 5203 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/counsellia.v11i2.10101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Counsellia is Indexed By:


Counsellia Office:
Universitas PGRI Madiun
Program Studi Bimbingan dan Konseling
 

View Counsellia Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.