Pengembangan Media Komik Kerajaan Kanjuruhan Berbasis Online Dalam Mata Pelajaran Sejarah Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.25273/ajsp.v11i2.8832Keywords:
komik, online, KanjuruhanAbstract
Selama ini banyak konsep yang perlu direvisi mengenai belajar sejarah. Di sekolah biasanya pelajaran yang dianggap membosankan oleh siswa diantaranya adalah pelajaran sejarah. Kebanyakan siswa menganggap pelajaran sejarah membosankan karena hanya berkutat pada hafalan tokoh, peristiwa dan tempat bersejarah. Hal lain yang menyebabkan pelajaran sejarah di sekolah terkesan membosan karena guru yang mengajar kurang mampu dalam menghidupkan spirit atau jiwa sejarah itu sendiri. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan fokus utamanya adalah pengembangan media pembelajaran Sejarah yang disajikan dalam bentuk komik yang bertujuan untuk mempermudah guru menyampaikan materi pelajaran dan membantu peserta didik dalam memahami materi. Dari hasil penelitian ini sebanyak 80% dari total jumlah peserta kelas mampu menyerap dengan baik materi yang disampaikan sehingga dapat ditarik kesimpulan melalui komik proses pembelajaran dapat mengaktifkan keseriusan peserta didik dalam pembelajaranya, media pembelajaran berupa komik yang menghibur dan ringan membuat peserta didik cenderung lebih menyenangi bacaan atau cerita tersebut dibandingkan mengunakan waktu mereka untuk membaca buku pelajaran sekolah.
Downloads
References
A.R. Studio. (2013). Drawing Magic Menggambar Manga. Cetakan Ke-2. Jakarta: Mediakita.
Abidin, Jefri Marzal, dan Rohati. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android untuk Menumbuhkan Motivasi belajar Anak Disleksia pada Materi Eksponensial di Kota Jambi.†Edumatica 04 (02): 66-76
Ariani, N. dan Haryanto, D. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah: Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif dan Prospektif. (Editor: Ardhiawan, Program Director & Editor RCTI). Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya Publisher.
Bonneff, M. (2008). Komik Indonesia (Les Bandes Desinées Indonesiennes). (Penerjemah: Rahayu S. Hidayat). Cetakan Ke-3. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG).
Departmen Pendidikan dan Kebudayaan (Debdikbud). (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia (K.B.B.I.) Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Desriana, Barbara dan C. Asri Budiningsih. (2018). Audiobook Pembelajaran Mata Kuliah Literatur Berdasarkan Perspektif Behavioral untuk MeningkatkanPemahaman Bahasa Jerman. Jurnal JITP. Diambil pada tanggal 20 Maret 2019, dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/13377/1178.
Dimyati, Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rineka
Hergenhahn, B.R dan Olson, Matthew H. (2010). Theories of Learning. Jakarta: Kencana PRenada Media Group. Jakarta.
Kartodidjo, Sartono (2008). Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia.
Maharsi, I. (2011). Komik: Dunia Kreatif Tanpa Batas. Yogyakarta: KATA BUKU.
Waluyo, H.D. (2005). ‘Komik sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran’. Dalam Jurnal Nirmana, Vol. 07, No. 01, Edisi Januari 2005. Hal. 44-55. Surabaya: Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International
Under the following terms:
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial - You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike - If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.