Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Kepemimpinan Berbasis Pedagogi Reflektif Untuk Meningkatkan Sikap Kepemimpinan Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.25273/ajsp.v11i2.7938Keywords:
sejarah, pedagogi reflektif, sikap kepemimpinanAbstract
Pembelajaran sejarah memiliki fungsi strategis dalam mengembangkan nilai karakter peserta didik apabila guru mengajarkan secara inovatif. Meninjau filosofis pedagogik, sejarah bukan hanya sebagai sarana transmitting knowledge namun juga transmitting value dan transmitting virtue. Desain pembelajaran sejarah sebaiknya bukan hanya mengeksplorasi narasi peristiwa saja, tetapi mampu merefleksi nilai karakter dari materi yang dipelajari. Materi sejarah tentang heroisme mengandung nilai karakter, salah satunya kepemimpinan. Nilai kepemimpinan dapat diajarkan kepada peserta didik dalam rangka menumbuhkan sikap kepemimpinan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran sejarah berbasis pedagogi reflektif untuk meningkatkan sikap kepemimpinan siswa. Model pembelajaran ini diintegrasikan dalam KD 3.2 sub materi Perjuangan RM Said atau Mangkunegara I. Metode penelitian menggunakan penelitian pengembangan. Objek penelitian adalah peserta didik Kelas XI IPS SMA Kolese De Britto, Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) sikap kepemimpinan dikalangan peserta didik perlu ditingkatkan dilihat dari 8 indikator kepemimpinan dari Northouse dan Ignatian, (2) guru masih berkutat pada eksplorasi narasi peristiwa sejarah saja karena terpaku pada diktat-diktat, serta (3) Pengembangan model pembelajaran sejarah ini efektif untuk meningkatkan sikap kepemimpinan siswa dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test.
Downloads
References
Borg, WR and MD, Gall. (2003). Educational Reaserch; An Intoduction, 7th Edition. Boston: Allyn & Bacon
Daliman. (2018). Manusia dan Sejarah. Yogyakarta: Ombak
Dickinson, A.K., and Lee, P.J. (1980). History Teaching and History Understanding. London: Heinemann
Hasan, Said Hamid. (2020). Pelajaran Sejarah Terancam Hilang. September 18, 2020, Hlm 5, Koran Kompas
Karkono, H, Partokusumo. (1983). Zaman Edan. Yogyakarta: Proyek Javanologi
Kartodirdjo, Sartono. (2017). Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak
Kusuma, Sumardianyah P. (2020). Urgensi Mata Pelajaran Sejarah. Oktober 2, 2020, Hlm 6, Koran Kompas
Lickona, Thomas. (2019). Educating For Character: Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
Northouse, Peter G. (2013). Kepemimpinan: Teori dan Praktik. Terj. Ati Cahayani. Jakarta: Indeks Permata Putri
Pabottingi, M. (2013). Kepemimpinan dan Demokrasi Kita: Akar-akar Kebangkrutan dan Jalan Menuju Kebangkitan. Prisma, Vol. 4, Hlm. 3-27
Printina, Brigida Intan. (2017). Implementasi Pedagogi Reflektif Pada Pembelajaran Sejarah Melalui Media Komik Untuk Membangun Humanisme Dalam Kemajemukan (Book Chapter). Kapita Selekta Pendidikan Sejarah Indonesia. Yogyakarta: Ombak
Printina, Brigida Intan. (2019). Pemanfaatan Media Komik Digital Melalui Paradigma Pedagogi Reflektif Melalui Mata Kuliah Sejarah Asia Barat Modern. Jurnal Pendidikan Sejarah, 8 (1), 1-13, https://doi.org/10.21009/JPS.081.01
Purwanta, Hieronymus. (2019). Hakekat Pendidikan Sejarah. Surakarta: UNS Press
Sayono, Joko. (2013). Pembelajaran Sejarah Di Sekolah: Dari Pragmatis ke Idealis. Jurnal Sejarah dan Budaya, 7 (1), 9-17, http://dx.doi.org/10.17977/sb.v7i1.4733
Soekanto, Soerjono. (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Subagya. (2010). Paradigma Pedagogi Reflektif. Yogyakarta: Kanisius
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya
Suparno, Paul. (2015). Pembelajaran di Perguruan Tinggi Bergaya Paradigma Pedagogi Refleksi (PPR). Yogyakarta: Penerbit USD
Sutimin, Leo Agung. (2015). The Role of Social Studies And History Learning In Junior High School In Strengthening The Students Character. Paramita, 25 (2), 238-246, https://doi.org/10.15294/paramita.v25i2.5134
Tilaar, HAR. (2009). Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta
Tim Ignatian. (2017). Standar Mutu Pendidikan Sekolah Yesuit. Jakarta: Asosiasi Sekolah Yesuit Indonesia
Tosh, John. (1984). The Persuit of History. London: Longman
Utami, Indah Wahyu Puji. (2019). Teaching Historical Emphaty Trought Reflective Learning. Paramita, 29 (1), 1-9, https://doi.org/10.15294/param (Borg & MD, 2003)ita.v29i1.11479
Widja, I Gede. (1988). Pengantar Ilmu Sejarah: Sejarah Dalam Perspektif Pendidikan. Semarang: Satya Wacana
Wineburg, Sam. (2001). Historical Thinking. Philadelphia: Temple University Press
Wiriaatmadja, Rochiati. (2016). Filosofi Pendidikan Sejarah. Bandung: Diktat Kuliah.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International
Under the following terms:
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial - You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike - If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.