Tingkat Literasi Multikultural Mahasiswa Pendidikan Sejarah Dalam Memahami Materi Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.25273/ajsp.v11i1.5592Keywords:
Literasi, Multikultural, Sejarah, NasionalAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat literasi multikultural mahasiswa pendidikan sejarah dalam memahami materi sejarah pergerakan nasional Indonesia pada ranah hard skill dan soft skill. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan pada keseluruhan populasi yakni mahasiswa Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sanata Dharma Angkatan 2015 dan 2016 sejumlah 80 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes prestasi, angket, dan studi kepustakaan. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi multikultural mahasiswa pendidikan sejarah dalam memahami materi sejarah pergerakan nasional Indonesia pada ranah hard skill termasuk rendah karena hanya 44% mahasiswa yang memiliki pemahaman di atas kategori cukup. Pada ranah soft skill termasuk tinggi ditunjukkan sebanyak 91% mahasiswa mengungkapkan sikap multikultural di atas kategori cukup. Implikasi dari penelitian ini melahirkan rekomendasi akan perlunya revisi bahan ajar sejarah pergerakan nasional Indonesia dengan memperhatikan literasi multikultural pada ranah materi.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International
Under the following terms:
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial - You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike - If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.