Pengembangan Media Pembelajaran IPS Sejarah Berbasis Kesenian Ambiya Untuk Meningkatkan Ketahanan Budaya Lokal
DOI:
https://doi.org/10.25273/ajsp.v10i2.5387Keywords:
Video Interaktif, Ambiya, Budaya LokalAbstract
Merasuknya nilai-nilai Barat pada kalangan masyarakat merupakan ancaman bagi budaya asli yang mencitrakan lokalitas kekhasan daerah. Kesenian daerah seperti Ambiya menghadapi ancaman serius karena banyak generasi muda yang menganggapnya kuno dan tidak menarik. Gerakan pelestarian kesenian tradisional dalam bentuk multimedia perlu diterapkan dalam pembelajaran sehingga kebudayaan lokal tetap terjaga. Tujuan penelitian 1) Mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis kesenian ambiya untuk meningkatkan ketahanan budaya lokal, 2) Menguji efektivitas pengembagan media pembelajaran interaktif berbasis kesenian ambiya dalam meningkatkan ketahanan budaya lokal. Metode penelitian menggunakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan video interaktif berbasis kesenian ambiya. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Islam swasta di kabupaten Blitar dengan teknik sampel Cluster Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket ketahanan budaya lokal. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif berupa saran ahli media dan Pendekatan kuantitatif yaitu Uji Normalitas, Uji Homogenitas serta Uji t. Hasil penelitian menunjukkan melalui penerapan media pembelajaran video interaktif, siswa mampu mengetahui dan memahami kebudayaan lokal yang ada di kabupaten Blitar yaitu kesenian Ambiya. Berdasarkan data angket terdapat peningkatan ketahanan budaya lokal siswa. Hal ini dikarenakan siswa mampu menyerap nilai-nilai yang terdapat dalam kesenian Ambiya yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat.
Downloads
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International
Under the following terms:
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial - You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike - If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.