Efektifitas Penggunaan Media Mobile Learning berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang

Authors

  • Muhammad Naharuddin Arsyad IKIP Budi Utomo Malang
  • Dinna Eka Graha Lestari IKIP Budi Utomo Malang

DOI:

https://doi.org/10.25273/ajsp.v10i1.5072

Keywords:

Mobile learning, Android, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media mobile learning berbasis android materi sejarah revolusi industri di Eropa terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Metode yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Populasi penelitian adalah mahasiswa angkatan 2017 kelas A Program Studi Sejarah dan Sosiologi IKIP Budi Utomo Malang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dari hasil uji kolmogorov-smirnov dengan menggunakan SPSS 14 diperoleh bahwa subjek penelitian terdistribusi normal dan berdasarkan hasil uji-t Paired Samples Test diketahui bahwa nilai sig sebesar 0,000 > 0,05. Sedangkan thitung = -12,692 dan untuk ttabel pada taraf signifikan α = 5% (0,05) dengan derajat kebebasan (df) n-1 atau 45-1 = 44. Pengujian 2 sisi (signifikansi = 0,025) hasil diperoleh untuk ttabel = 2,01537 dengan taraf signifikan 0,025. Di dapatkan hasil -thitung < -ttabel (-12,692 < -2,01537) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga penggunaan media mobile learning berbasis android materi sejarah revolusi industri Eropa dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa prodi sejarah dan sosiologi IKIP Budi Utomo Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

28-01-2020

Issue

Section

Articles