Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA

Setiawan Arief Wijayanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa sejarah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Cikarang Selatan Bekasi tahun pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah siswa kelas sebelas dengan 36 subjek sampel uji coba kedua, diambil dari dua kelas dengan media pembelajaran yang berbeda, 18 orang dengan media pembelajaran flash player. dan 18 orang dengan media konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dari pembelajaran sejarah siswa yang menggunakan media pembelajaran flash player lebih tinggi daripada yang menggunakan pembelajaran media konvensional, (2) Ada interaksi antara media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil pembelajaran sejarah, (3) Siswa dengan kemandirian belajar tinggi mencapai hasil belajar sejarah jika menggunakan media pembelajaran flash player dari pada  menggunakan media konvensional, (4) Siswa dengan kemandirian belajar rendah dapat mencapai hasil pembelajaran sejarah jika menggunakan media konvensional dari pada yang menggunakan media pembelajaran flash player.


Keywords


Hasil Belajar Sejarah; Media; Kemandirian

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 1860 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/ajsp.v9i2.4299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya Indexed by: 

    

Copyright Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya ISSN 2087-8907 (printed) , ISSN 2052-2857(online)

Lisensi Creative Commons
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats