Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.25273/ajsp.v9i2.4299Keywords:
Hasil Belajar Sejarah, Media, KemandirianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa sejarah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Cikarang Selatan Bekasi tahun pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah siswa kelas sebelas dengan 36 subjek sampel uji coba kedua, diambil dari dua kelas dengan media pembelajaran yang berbeda, 18 orang dengan media pembelajaran flash player. dan 18 orang dengan media konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dari pembelajaran sejarah siswa yang menggunakan media pembelajaran flash player lebih tinggi daripada yang menggunakan pembelajaran media konvensional, (2) Ada interaksi antara media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil pembelajaran sejarah, (3) Siswa dengan kemandirian belajar tinggi mencapai hasil belajar sejarah jika menggunakan media pembelajaran flash player dari pada  menggunakan media konvensional, (4) Siswa dengan kemandirian belajar rendah dapat mencapai hasil pembelajaran sejarah jika menggunakan media konvensional dari pada yang menggunakan media pembelajaran flash player.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International
Under the following terms:
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial - You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike - If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.