Narasi visual relief candi mendut: Integrasi konsep diptych dan framing dalam seni nusantara
DOI:
https://doi.org/10.25273/ajsp.v15i1.21815Keywords:
diptych, estetika nusantara, narasi visual, pembingkaianAbstract
Candi mendut adalah situs peninggalan buddha abad ke-9 mencerminkan penerapan awal estetika nusantara dan teknik narasi visual. Dibangun masa dinasti syailendra, reliefnya menggambarkan ajaran moral dan spiritual dari kisah Jataka dan Pancatantra. Penelitian bertujuan menganalisis teknik pembingkaian dan diptych sebagai representasi penceritaan visual awal dalam seni rupa Indonesia. Menggunakan filosofi nusantara yang menekankan harmoni dan keseimbangan manusia, alam dan spiritualitas serta teori narasi visual, penelitian mengeksplorasi bagaimana relief mengkomunikasikan nilai etika. Relief menggunakan struktur narasi linier dan pembingkaian alami untuk memandu pemirsa melalui pelajaran moral berurutan. Tokoh seperti dewi hariti, isyasawataka dan pohon kalpataru melambangkan kesuburan, perlindungan dan keseimbangan kosmik, yang merefleksikan cita-cita Nusantara. Susunan diptych yang mana panel terhubung secara visual dan konseptual sejajar dengan seni Eropa abad pertengahan, tetapi mendahuluinya beberapa abad. Teknik pembingkaian memusatkan perhatian pemirsa dan memperkaya pengalaman bercerita. Hasil penelitian bahwa relief tidak hanya memiliki fungsi religius dan edukatif, namun juga sistem narasi visual modern tetapi berakar filosofi lokal. Kajian ini menyoroti pentingnya mengenali kerangka visual asli sejarah seni global. Temuan menawarkan wawasan berharga bagi seni visual modern, termasuk fotografi dan desain yang mengadvokasi pelestarian dan penafsiran ulang warisan artistik nusantara.
Downloads
References
Akleman, E., Franchi, S., Kaleci, D., Mandell, L., Yamauchi, T., & Akleman, D. (2015). A Theoretical Framework to Represent Narrative Structures for Visual Storytelling. 129-136. https://consensus.app/papers/a-theoretical-framework-to-represent-narrative-akleman-franchi/bb8fd734c3cd57eab1851bc490d632c3/
Allan, S. A. H. L. (2012). Framing Film
Cinema and the Visual Arts. Intellect. https://books.google.co.id/books/about/Framing_Film.html?id=3QbLygAACAAJ&redir_esc=y
Bem, C. (2019). Cinema | Diptych: Grindhouse | Death Proof. JCMS: Journal of Cinema and Media Studies, 58, 1-22. https://doi.org/10.1353/cj.2019.0000
Bhikkhu, A. (2020). KARMAVIBHANGA : An Analysis of Deeds and Their Results. Ehipassiko Foundation.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Silviana Amanda Aurelia Tahalea, S Sunarmi, S Sarwanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International
Under the following terms:
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial - You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike - If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.