Narasi visual relief candi mendut: Integrasi konsep diptych dan framing dalam seni nusantara

Authors

  • Silviana Amanda Aurelia Tahalea Universitas Trisakti
  • S Sunarmi Institut Seni Indonesia Surakarta
  • S Sarwanto Institut Seni Indonesia Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.25273/ajsp.v15i1.21815

Keywords:

diptych, estetika nusantara, narasi visual, pembingkaian

Abstract

Candi mendut adalah situs peninggalan buddha abad ke-9 mencerminkan penerapan awal estetika nusantara dan teknik narasi visual. Dibangun masa dinasti syailendra, reliefnya menggambarkan ajaran moral dan spiritual dari kisah Jataka dan Pancatantra. Penelitian bertujuan menganalisis teknik pembingkaian dan diptych sebagai representasi penceritaan visual awal dalam seni rupa Indonesia. Menggunakan filosofi nusantara yang menekankan harmoni dan keseimbangan manusia, alam dan spiritualitas serta teori narasi visual, penelitian mengeksplorasi bagaimana relief mengkomunikasikan nilai etika. Relief menggunakan struktur narasi linier dan pembingkaian alami untuk memandu pemirsa melalui pelajaran moral berurutan. Tokoh seperti dewi hariti, isyasawataka dan pohon kalpataru melambangkan kesuburan, perlindungan dan keseimbangan kosmik, yang merefleksikan cita-cita Nusantara. Susunan diptych yang mana panel terhubung secara visual dan konseptual sejajar dengan seni Eropa abad pertengahan, tetapi mendahuluinya beberapa abad. Teknik pembingkaian memusatkan perhatian pemirsa dan memperkaya pengalaman bercerita. Hasil penelitian bahwa relief tidak hanya memiliki fungsi religius dan edukatif, namun juga sistem narasi visual modern tetapi berakar filosofi lokal. Kajian ini menyoroti pentingnya mengenali kerangka visual asli sejarah seni global. Temuan menawarkan wawasan berharga bagi seni visual modern, termasuk fotografi dan desain yang mengadvokasi pelestarian dan penafsiran ulang warisan artistik nusantara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akleman, E., Franchi, S., Kaleci, D., Mandell, L., Yamauchi, T., & Akleman, D. (2015). A Theoretical Framework to Represent Narrative Structures for Visual Storytelling. 129-136. https://consensus.app/papers/a-theoretical-framework-to-represent-narrative-akleman-franchi/bb8fd734c3cd57eab1851bc490d632c3/

Allan, S. A. H. L. (2012). Framing Film

Cinema and the Visual Arts. Intellect. https://books.google.co.id/books/about/Framing_Film.html?id=3QbLygAACAAJ&redir_esc=y

Bem, C. (2019). Cinema | Diptych: Grindhouse | Death Proof. JCMS: Journal of Cinema and Media Studies, 58, 1-22. https://doi.org/10.1353/cj.2019.0000

Bhikkhu, A. (2020). KARMAVIBHANGA : An Analysis of Deeds and Their Results. Ehipassiko Foundation.

Downloads

Published

30-04-2025

Issue

Section

Articles