Pengaruh teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran interaktif pada mata kuliah sejarah politik dan tata negara
DOI:
https://doi.org/10.25273/ajsp.v15i1.20654Keywords:
augmented reality, pembelajaran kontekstual, pembelajaran sejarahAbstract
Pembelajaran Sejarah di Indonesia masih bergantung pada metode konvensional, yang menyebabkan 62% mahasiswa kesulitan memvisualisasikan peristiwa abstrak. Padahal, materi seperti sejarah politik dan tata negara memerlukan pendekatan kontekstual. Augmented reality telah terbukti efektif di bidang STEM, namun aplikasinya pada ilmu sosial dan sejarah masih minim, khususnya di Indonesia. Penelitian ini menjawab gap tersebut dengan menguji efektivitas AR dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan mahasiswa. Metode eksperimen kuantitatif melibatkan 66 mahasiswa Universitas Samudra yakni 30 eksperimen AR dan 36 kelas kontrol menerapkan ceramah. Hasil post-test menunjukkan nilai rata-rata eksperimen 85,2 terhadap 74,3 kontrol, dengan 86,7% ketuntasan (vs. 33,3%). Uji ANOVA mengonfirmasi perbedaan signifikan (F=35,67; p<0,001), sementara kuesioner menunjukkan peningkatan keterlibatan sebesar 40%. Temuan ini membuktikan AR mampu menjawab tantangan pembelajaran sejarah yang abstrak melalui visualisasi interaktif. Penelitian ini merekomendasikan integrasi konten AR berbasis konteks lokal ke kurikulum.
Downloads
References
Abad-Segura, E., Gonzalez-Zamar, M. D., & Lopez-Meneses, E. J. R. d. M. C. p. l. E. y. l. E. (2022). El proceso de toma de decisiones basado en métodos cuantitativos: análisis de tendencias en el ámbito corporativo. Revista De Métodos Cuantitativos Para La Economía Y La Empresa, 34, 118-136. doi:https://doi.org/10.46661/revmetodoscuanteconempresa.5135
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International
Under the following terms:
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial - You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike - If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.