Pengaruh teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran interaktif pada mata kuliah sejarah politik dan tata negara

Authors

  • Guntur Arie Wibowo Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aim Abdul Karim Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mamat Ruhimat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Erlina Wiyanarti Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25273/ajsp.v15i1.20654

Keywords:

augmented reality, pembelajaran kontekstual, pembelajaran sejarah

Abstract

Pembelajaran Sejarah di Indonesia masih bergantung pada metode konvensional, yang menyebabkan 62% mahasiswa kesulitan memvisualisasikan peristiwa abstrak. Padahal, materi seperti sejarah politik dan tata negara memerlukan pendekatan kontekstual. Augmented reality telah terbukti efektif di bidang STEM, namun aplikasinya pada ilmu sosial dan sejarah masih minim, khususnya di Indonesia. Penelitian ini menjawab gap tersebut dengan menguji efektivitas AR dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan mahasiswa. Metode eksperimen kuantitatif melibatkan 66 mahasiswa Universitas Samudra yakni 30 eksperimen AR dan 36 kelas kontrol menerapkan ceramah. Hasil post-test menunjukkan nilai rata-rata eksperimen 85,2 terhadap 74,3 kontrol, dengan 86,7% ketuntasan (vs. 33,3%). Uji ANOVA mengonfirmasi perbedaan signifikan (F=35,67; p<0,001), sementara kuesioner menunjukkan peningkatan keterlibatan sebesar 40%. Temuan ini membuktikan AR mampu menjawab tantangan pembelajaran sejarah yang abstrak melalui visualisasi interaktif. Penelitian ini merekomendasikan integrasi konten AR berbasis konteks lokal ke kurikulum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abad-Segura, E., Gonzalez-Zamar, M. D., & Lopez-Meneses, E. J. R. d. M. C. p. l. E. y. l. E. (2022). El proceso de toma de decisiones basado en métodos cuantitativos: análisis de tendencias en el ámbito corporativo. Revista De Métodos Cuantitativos Para La Economía Y La Empresa, 34, 118-136. doi:https://doi.org/10.46661/revmetodoscuanteconempresa.5135

Downloads

Published

28-03-2025

Issue

Section

Articles