Inovasi multimedia video sejarah untuk melatih kemampuan historical thinking
DOI:
https://doi.org/10.25273/ajsp.v15i1.20280Keywords:
historical thinking, inovasi multimedia, pembelajaran sejarah, videoAbstract
Rendahnya kemampuan berpikir historis mahasiswa dalam pembelajaran sejarah di program studi pendidikan sejarah Universitas Negeri Padang merupakan masalah penting dalam riset ini. Kemampuan berpikir historis menjadi hal mendasar yang harus dimiliki mahasiswa untuk penguatan keterampilan relevan bagi calon pendidik sejarah. Keterampilan yang disasar berorientasi pada berpikir kronologis, kausalitas, interpretasi, dan berpikir dimensi waktu. Tujuan penelitian untuk mendesain multimedia dalam bentuk video sejarah yang mampu menjadi sarana melatih mahasiswa. Metode menggunakan R&d melalui kerangka ADDIE dengan melibatkan tahapan analysis, design, development, implementation dan evaluation. Pada implemntasi penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahapan pengembangan dengan uji kelayakan ahli media pembelajaran sejarah dan ahli materi sejarah Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan skor rata-rata oleh ahli materi yakni 3,96 dengan tingkat capaian sebesar 99%. Hasil ini memberikan makna terhadap materi yang diramu dan dirampungkan dengan kaidah historical thinking ini hampir mendapatkan nilai sempurna dengan kategori sangat valid. Lebih lanjut, penilaian dari ahli media pembelajaran diperoleh skor rata-rata sebesar 3,72 dengan tingkat capaian sebesar 93%. Temuan penilaian oleh validator tersebut menjadi dasar bahwa video sejarah dianggap sangat layak untuk dipergunakan dalam melatih kemampuan konsep historical thinking bagi mahasiswa.
Downloads
References
Abbas, E. W., Syaharuddin, S., Mutiani, M., Susanto, H., & Jumriani, J. (2022). Strengthening Historical thinking Skills Through Transcript Based Lesson Analyses Model in the Lesson of History. ISTORIA Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 18(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/istoria.v18i1.41691
Afwan, B., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2020). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Sejarah Di Era Digital. Proceding Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Milenial, 1(1), 9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4813
Basri, I., Fatimah, S., & Hastuti, H. (2024). Learning History with DeepThink : A Model to Train Critical Thinking Skills. Al-Ishlah, 16. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.4477
Basri, I., & Hastuti, H. (2020). Bagaimana Sejarah Seharusnya Diajarkan ? (Sebuah Kajian Pemikiran Pembelajaran Sejarah). Kronologi, 2(4), 140–148.
Basri, I., Zafri, Z., & Hastuti, H. (2023). Historical thinking Model: A Specific Model for History Learning. International Journal of Social Science and Human Research, 6(08), 5329–5340. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v6-i8-95
Boadu, G. (2020). Re-positioning historical thinking: a framework for classroom practice. Social Studies Research and Practice, 15(3), 277–289. https://doi.org/10.1108/ssrp-07-2020-0030
Cowgill, D. A., & Waring, S. M. (2017). Historical thinking: An evaluation of student and teacher ability to analyze sources. Journal of Social Studies Education Research, 8(1), 115–145.
Dehghayedi, M., & Bagheri, M. S. (2018). EFL teachers’ learning and teaching beliefs: Does critical thinking make a difference? International Journal of Instruction, 11(4), 223–240. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11415a
Endacott, J. L. (2014). Negotiating the process of historical empathy. Theory and Research in Social Education, 42(1), 4–34. https://doi.org/10.1080/00933104.2013.826158
Endacott, J. L., & Brooks, S. (2018). Historical Empathy: Perspectives and Responding to the Past. The Wiley International Handbook of History Teaching and Learning, 203–225. https://doi.org/10.1002/9781119100812.ch8
Handy, M. R. N. (2021). Pembelajaran Sejarah Dalam Membangun Historical Awarness dan Sikap Nasionalisme Pada Peserta Didik. Prabayaksa: Journal of History Education, 1(1), 49. https://doi.org/10.20527/prb.v1i1.2196
Hastuti, H., Basri, I., & Zafri, Z. (2021). Meramu Materi Pembelajaran Sejarah Berlandaskan Analisis Historical thinking. Diakronika, 21(1), 57–70. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol21-iss1/181
Hera Hastuti, Z. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Raja Grafindo: Jakarta
Hernandez-Ramos, P., & De La Paz, S. (2009). Learning history in middle school by designing multimedia in a project-based learning experience. Journal of Research on Technology in Education, 42(2), 151–173. https://doi.org/10.1080/15391523.2009.10782545
Ingram, P., Rao, H., & Silverman, B. S. (2012). History in strategy research: What, why, and how? Advances in Strategic Management, 29(2012), 241–273. https://doi.org/10.1108/S0742-3322(2012)0000029012
Kurniawan, G. F. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah dengan Sistem Daring. Diakronika, 20(2), 76. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol20-iss2/148
Liao, C. W., Chen, C. H., & Shih, S. J. (2019). The interactivity of video and collaboration for learning achievement, intrinsic motivation, cognitive load, and behavior patterns in a digital game-based learning environment. Computers and Education, 133, 43–55. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.01.013
Loera-varela, A., Flores, A. M., & Frausto, A. (2019). USING VIDEO-LESSONS TO IMPROVE THE QUALITY OF TEACHING : A WORKSHOP . with collaborations from Fernando Mejia-Botero ,. April. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.17412.78727
Manning, P., Paulson, J., & Keo, D. (2024). Reparative remembering for just futures: History education, multiple perspectives and responsibility. Futures, 155(September 2023), 103279. https://doi.org/10.1016/j.futures.2023.103279
Mason, M. (2007). Critical thinking and learning. Educational Philosophy and Theory, 39(4), 339–349. https://doi.org/10.1111/j.1469-5812.2007.00343.x
Mufti, K., & Hastuti, H. (2023). Pengembangan Media History Virtual Exhibition untuk Pembelajaran Sejarah di SMA. Kronologi, 5(1), 89–100.
Ofianto, Erniwati, & dkk. (2023). Development of Online Local History Learning Media Based on Virtual Field Trips to Enhance the Use of Primary Source Evidence. European Journal of Educational Research, 12(2), 775–793. https://pdf.eu-jer.com/EU-JER_12_2_705.pdf
Putri, A., & Hastuti, H. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Sejarah yang Memuat Materi Kronologis. Kronologi, 2(4), 15–24.
Rokhmansyah, A. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal terhadap Ilmu Sastra. 1–23.
Said Hamid Hasan. (2019). Pendidikan Sejarah untuk Kehidupan Abad Ke 21. HISTORIA: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, II(2), 61–72.
Seixas, P. (2017). A Model of Historical thinking. Educational Philosophy and Theory, 49(6), 593–605. https://doi.org/10.1080/00131857.2015.1101363
Sugiyono. (2017). Neraca Pembayaran: Konsep, Metodologi dan Penerapan.
Susanto, H. (2014). Anotasi Bibliografi Pedagogi Sejarah, Nasionalisme Dan Karakter Bangsa. 2015. https://doi.org/DOI 10.17605/OSF.IO/CZ7JW
Thorp, R., & Persson, A. (2020). On historical thinking and the history educational challenge. Educational Philosophy and Theory, 52(8), 891–901. https://doi.org/10.1080/00131857.2020.1712550
VanSledright, B. A. (2015). Assessing for Learning in the History Classroom. In New Directions in Assessing Historical thinking.
Winarno, U., Purnomo, A., & Suharso, R. (2016). Analisis Media yang Digunakan Guru Sejarah dalam Pembelajaran Sejarah Dua Sekolah Menengah Atas di Kota Semarang Tahun 2015/2016 (Studi Kasus pada SMA Kolose Loyola Semarang dan SMA Negeri 5 Semarang). Indonesian Journal of History Education, 4(2), 64–69.
Zafri, Z., & Hastuti, H. (2018). Analisis Makna Setiap Peristiwa Sejarah Melalui Penerapan Model Berstruktur. HISTORIA Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 6(2), 333. https://doi.org/10.24127/hj.v6i2.1133
Zed, M. (2018). Tentang Konsep Berfikir Sejarah. Lensa Budaya: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Budaya, 13(1), 54–60. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.34050/jlb.v13i1.4147
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International
Under the following terms:
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial - You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike - If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.