Tradisi petik tebu manten sebagai sumber belajar sejarah lokal di Sekolah Menengah Atas
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfi, I. (2023, 8 Mei). [Interview].
Antikasari, N., & Andriyanto, O. D. (2023). Makna Simbolis Dalam Ritual Tradisi Manten Tebu di Pabrik Gula Semboro Kabupaten Jember. JOB (Jurnal Online Baradha), 19(1), 20-50. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.26740/job.v19n1.p20-50
Askodrina, H. (2021). Penguatan Kecerdasaan Perspektif budaya dan Kearifan Lokal. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 16(1), 619-623. https://doi.org/ https://doi.org/10.55558/alihda.v16i1.52
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.) (Vol. 4). Sage Publication.
Djono. (2022). Kenduri dalam Perspektif Sejarah untuk Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Lokal. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 16(248-264). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um020v16i22022p248-264
Endah, K. (2006). Petung, Prosesi, dan Sesaji dalam Ritual Manten Masyarakat Jawa. Kejawen: Jurnal Kebudayaan Jawa, 1(2).
Endraswara, S. (2018). Agama Jawa: Ajaran, Amalan, dan Asal-Usul Kejawen. Narasi.
Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 1(2), 123–130. https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225
Firmansyah, A. (2023). Muatan Materi Sejarah Lokal dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus di SMA N 3 dan SMAN 6 Pontianak). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 123-132. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.8289033
Goksu, M. M., & Somen, T. (2019). History Teachers’ Views on Using Local History. European Journal of Education Studies, 6(2), 253–274. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.46827/ejes.v0i0.2436
Hartono, Y., & Setiana, D. (2012). Kearifan Lokal Tradisi Uyen Sapi Perajut Integrasi Sosial (Studi Kasus Di Desa Jonggol Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo). Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/http://doi.org/10.25273/ajsp.v2i1.768
Hood, C., & Reid, P. (2018). Social Media as A Vehicle for User Engagement with Local History: A Case Study in The North-East of Scotland. Journal of Documentation, 74(4), 741-762. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.1108/JD-12-2017-0167
Januardi, A., & Superman, S. (2024). Rancangan Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai Tradisi dan Sejarah Lokal. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 689-695. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6369
Jember, P. K. (2023, 11 Mei 2023). Selametan Petik Tebu Manten PG Semboro. Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Jember. Retrieved 14 Mei 2023 from https://ppid.jemberkab.go.id/berita-ppid/detail/selametan-petik-tebu-manten-pg-semboro
K. Conrad, S. (2013). Documenting Local History: A Case Study in Digital Storytelling. Library Review, 62(8/9), 459-471. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/LR-02-2013-0013
Kemendikbud, B. (2016). Pewarisan Budaya Melalui Pendidikan: Praktik Pendidikan Warisan Dalam Metode Pembelajaran Sejarah Di SMA http://litbang.kemdikbud.go.id
Kemendikbudristek, B. S. P. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Fase E-Fase F untuk SMA/MA/Program Paket C. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kistanto, N. H. (2017). Tentang Konsep Kebudayaan. Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan, 10(2), 1-8. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/sabda.10.2.%25p
Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Aksara Baru.
Kuswono, K., Sumiyatun, S., & Setiawati, E. (2021). Pemanfaatan Kajian Sejarah Lokal dalam Pembelajaran Sejarah di Indonesia. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 6(2), 206-209. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/jlpp.v6i2.1817
Magro, G., De Carvalho, J. R., & Marcelino, M. J. (2014). Improving History Learning Through Cultural Heritage, Local History and Technology (9898704020).
Maharani, R., & Jauhari, N. (2024). Relevansi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kirab Sesaji di Desa Wonosari Gunung Kawi pada Pembelajaran Sejarah Kurikulum Merdeka. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 1-13. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.37329/cetta.v7i1.2972
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. Sage Publisher.
Mukasheva, M., Kornilov, I., Beisembayev, G., Soroko, N., Sarsimbayeva, S., & Omirzakova, A. (2023). Contextual Structure as an Approach to the Study of Virtual Reality Learning Environment. Cogent Education, 10(1), 2165788. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2165788
Mungmachon, M. R. (2012). Knowledge and Local Wisdom: Community Treasure. International Journal of Humanities and Social Science, 2(13), 174-181.
Peursen, C. A. V. (2018). Strategi Kebudayaan. Kanisisus.
Pratama, A. L. Y., Soetriono, S., & Januar, J. (2018). The Farm Risk Management Of Besuki Na-Oogst Tobacco In Tanjungrejo Village, Jember Regency. Agricultural Socio-Economics Journal, 18(1), 13-22. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.21776/ub.agrise.2018.018.1.3
Ramdani, E. (2108). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1-10. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264
Rautiainen, M., Raikkonen, E., Veijola, A., & Mikkonen, S. (2019). History Teaching in Finnish General Upper Secondary Schools: Objectives and Practices. History Education Research Journal, 16(2), 291-305. https://doi.org/https://doi.org/10.18546/herj.16.2.09
Renaldi, G. (2022). Restrukturisasi Pabrik Gula Semboro Tahun 1996-2009 [Skripsi, Universitas Sebelas Maret Surakarta]. library.uns.ac.id.
Sanderson, S. K. (2000). Macro Sociology. Grafindo.
Sari, M. P., Putri, Y. R., & Malau, R. M. U. (2016). Aktivitas Komunikasi Upacara Adat Panen Tebu (studi Fenomenologi Dalam Upacara Adat Mantenan Tebu Di Desa Pangka, Kota Tegal). eProceedings of Management, 3(3), 1–10.
Saripudin, D., Fauzi, W. I., & Nugraha, E. (2022). The Development of Interactive E-Book of Local History for Senior High School in Improving Local Wisdom and Digital Literacy. European Journal of Educational Research, 11(1), 17-31. https://doi.org/https://doi.org/10.12973/eu-jer.11.1.17
Sarwinda, K., Rohaeti, E., & Fatharani, M. (2020). The Development of Audio-Visual Media with Contextual Teaching Learning Approach to Improve Learning Motivation and Critical Thinking Skills. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 2(2), 98-114. https://doi.org/https://doi.org/10.33292/petier.v2i2.12
Sugeng, B. (2023, 5 Mei). [Interview].
Sugiono, B. (2023, 8 Mei). [Interview].
Tischler, H. L. (2010). Introduction to Sociology. Wadsworth.
Trimerani, R. (2020). Tradisi Selamatan Cembengan dalam Mewujudkan Keteraturan Sosial (Studi deskriptif di PG-PS Madukismo). Jurnal Sosial Humaniora, 11(2), 203-213. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/jsh.v11i2.3199
Wibowo, A. M. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Lokal di SMA Kota Madiun. Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya, 6(1), 46-57. https://doi.org/https://doi.org/http://doi.org/10.25273/ajsp.v6i01.880
Widayanti, S. (2008). Makna Filosofis Kembar Mayang dalam Kehidupan Masyarakat Jawa. Jurnal Filsafat, 18(2), 115-129. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jf.3520
Article Metrics
Abstract has been read : 25 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/ajsp.v14i2.18251
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya Indexed by:
Copyright Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya ISSN 2087-8907 (printed) , ISSN 2052-2857(online)
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.