Pembelajaran sejarah melalui folklore Ki Ageng Mangir untuk penanaman nilai kearifan lokal
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfian, M. (2011). Pendidikan Sejarah dan Permasalahan yang dihadapi. Khazanah Pendidikan, 3(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30595/jkp.v3i2.643
Anwar, K. (2019). Oral Tradition (Literature): Conservation Of Ecology And Promotion Of Tourism Destination. Magistra Andalusia: Jurnal Ilmu Sastra, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.25077/majis.1.1.3.2019
Arifin, M. Z. (2019). Nilai moral karya sastra sebagai alternatif pendidikan karakter (Novel Amuk Wisanggeni karya Suwito Sarjono). Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 3(1), 30-40. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/literasi.v3i1.1953
Fajarini, U. (2014). PERANAN KEARIFAN LOKAL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 1(2), 123-130. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225
Fathurrohman, M., & Chotimah, C. (2018). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran: Dari Teori, Metode, Model, Media, Hingga Evaluasi Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.
Graff, C. E. (2012). The effectiveness of character education programs in middle and high schools SUNY Brockport]. https://core.ac.uk/download/pdf/233575029.pdf
Himawan, R. R. (2020). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT KABUPATEN BANTUL KI AGENG MANGIR (KAJIAN FOLKLOR). Jurnal Mimesis, 2(1), 77-85. https://doi.org/https://doi.org/10.12928/mms.v1i2.2580
IPS, S. K. X. (2022, 23 Mei). Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Folklore SMA Muhammadiyah Bantul [Interview]. SMA Muhammadiyah Bantul; Universitas PGRI Yogyakarta.
Kistanto, N. H. (2017). Tentang konsep kebudayaan. Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.14710/sabda.10.2.%p
LANGER, S. K. (2014). Philosophy in a New Key: A Study in the Symbolism of Reason, Rite, and Art. THE NEW AMERICAN LIBRARY.
Mareta, Y., & Jamil, R. N. (2022). Pembelajaran Sejarah Lokal: Enkulturasi Berpikir Kritis. Tarikhuna: Journal of History and History Education, 4(1), 1-11. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/thje.v4i1.4591
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (38 ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Museum, U. P. T. D. U., & Sonobudoyo. (2013). KAJIAN NASKAH BABAD BEDHAHING MANGIR (D. Dwiyanto, Bugiswanto, & H. Pardiyono, Trans.; M. Guntar, Ed.). MUSEUM NEGERI SONOBUDOYO DINAS KEBUDAYAAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA YOGYAKARTA. file:///C:/Users/USER/Downloads/0a5ff-Isi-Buku-Babad-Mangir--1-29%20(1).pdf
Norhidayat. (2019). Pemahaman Sejarah Lokal, Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Membina Sikap Patriotisme Siswa (Studi Korelasi pada SMA Negeri Se-Kabupaten Banjar). Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 2(1), 29-34. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.12569
Novia, D., Pajriah, S., Suryana, A., & Heryana, H. (2023). Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Budaya Panengen di SMAN 1 Pangandaran (Studi Kasus di Kelas X IPA 1 SMAN 1 Pangandaran). Jurnal Artefak, 10(1), 145-158. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/ja.v10i1.10169
Pridayanti, E. A., Andrasari, A. N., & Kurino, Y. D. (2022). URGENSI PENGUATAN NILAI-NILAI RELIGIUS TERHADAP KARAKTER ANAK SD. Journal of Innovation in Primary Education, 1(1), 40-47. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jipe/article/view/2789
Romadi, R., & Kurniawan, G. F. (2017). Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Folklore Untuk Menanamkan Nilai Kearifan Lokal Kepada Siswa. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 11(1), 79-94. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um020v11i12017p079
Sejarah, G. (2022, 23 Mei). Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Folklore SMA Muhammadiyah Bantul [Interview]. SMA Muhammadiyah Bantul; Universitas PGRI Yogyakarta.
Septiadi, M. A., Prawira, N. H., Aepudin, S., & Lestari, V. A. (2022). Dampak Covid-19 Terhadap Sistem Pendidikan. Khazanah Pendidikan Islam, 4(2), 51-61. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/kp.v4i2.19478
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Triwahyuningsih, T., Zuliyah, S., Abdi, N. S., & Arif, D. B. (2023). Penguatan Kearifan Lokal Daerah Istimewa Yogyakarta: Kajian Perdais DIY No. 3 Tahun 2017 Tentang Pemeliharaan dan Pengembangan Kebudayaan. Jurnal Civic Hukum, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jch.v8i1.24800
Warsito, H. R. (2012). Antropologi Budaya. Penerbit Ombak.
Wedawati, M. T., Abida, F. I. N., Koiri, M., & Damanhuri, A. (2022). Cultural and Moral Values in East Javanese Folklore. ELS-JISHJournal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 5(3), 411-415. https://doi.org/https://doi.org/10.34050/elsjish.v5i3.22230
Wibowo, B. A. (2022a). Dokumentasi penjelasan guru sejarah lokal Ki Ageng Mangir.
Wibowo, B. A. (2022b). EKSISTENSI TRADISI LISAN SEBAGAI SUMBER SEJARAH LOKAL. Estoria: Journal of Social Science and Humanities, 3(1), 383-397. https://doi.org/https://doi.org/10.30998/je.v3i1.1178
Article Metrics
Abstract has been read : 402 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/ajsp.v13i2.14368
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya Indexed by:
Copyright Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya ISSN 2087-8907 (printed) , ISSN 2052-2857(online)
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.