Pemetaan situs peninggalan sejarah Kabupaten Ponorogo berbasis macromedia flash sebagai media pembelajaran sejarah SMA

Shabrina Sabila El Haq, Muhammad Hanif, Novi Triana Habsari

Abstract


Sekarang ini teknologi menjadi hal yang berpengaruh dalam kehidupan. Perkembangan teknologi tersebut dapat dimanfaatkan dalam pengembangan media pembelajaran. Mengingat bisa mengatasi permasalahan pelajaran sejarah. Oleh karena itu perlu adanya media pembelajaran yang menarik dengan memanfaatkan teknologi. Terutama untuk mengurai kurangnya minat siswa dalam mempelajari sejarah lokal. Mengingat begitu penting untuk dipelajari sebagai jembatan memahami sejarah nasional. beberapa situs sejarah banyak ditemukan, namun masyarakat belum mengetahui sebab minimnya informasi. Tujuan peneilitian ini untuk memetakan situs peninggalan sejarah di Kabupaten Ponorogo yang nantinya diolah menjadi media pembelajaran sejarah untuk SMA kelas X menggunakan Macromedia Flash. Rancangannya dengan menggabungkan teks, gambar dan suara dalam bentuk animasi. Pada peta tersebut memuat informasi mengenai letak situs, sejarah dan foto situsnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berdasarkan wawancara, observasi, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran peta situs peninggalan sejarah Kabupaten Ponorogo, membantu meningkatkan motivasi siswa dalam belajar sejarah. Selain itu juga media ini bisa digunakan guru untuk memudahkan dalam mengajar pelajaran sejarah.

Keywords


situs; Ponorogo; macromedia flash

Full Text:

PDF

References


Andriani, D. N., Berlianantiya, M., Huda, K., & Praditya, R. (2022). Strategi Ekonomi Perempuan Pembuat Batik Ngangkrik Lestari Masa Pandemi Di Desa Sidomulyo Kabupaten Madiun. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 15–28. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jpeka.v6n1.p15-28

Budiyanto, E., & Muzayanah. (2018). Pendalaman Materi Geografi Peta dan Perpetaan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan KEMENRISTEK DIKTI.

Hartono, Y., Huda, K., & Arseat, R. L. (2022). KONSTRUKSI MATERI DAN PRAKSIS PEMBELAJARAN SEJARAH KONTROVERSIAL G-30-S/PKI ERA POST TRUTH. Refleksi: Jurnal Riset Dan Pendidikan, 1(1), 9–16. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/refleksi.v1i1.13970

Huda, K. (2021). BUKU AJAR METODE PENULISAN SEJARAH (N. P. Astuti (ed.); 1st ed.). UNIPMA Press.

Huda, K., & Renggani, L. A. (2021). Menarasaikan bentuk nilai-nilai perempuan komunitas samin di Kabupaten Bojonegoro. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 6(1), 77–87. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/gulawentah.v6i1.9663

Undang-undang Republik Indonesia Noomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya, Pub. L. No. 130 dan 5168, 77 (2010). http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbgorontalo/wp-content/uploads/sites/29/2014/06/UU-11-Tahun-2010-ttg-Cagar-Budaya_BPCB-Gorontalo.pdf

Kiswinarso, H., & Hanif, M. (2016). KEBIJAKAN PEMERINTAH KABUPATEN PONOROGO DALAM PELESTARIAN SITUS PENINGGALAN SEJARAH TAHUN 2000-2015. AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA, 6(01), 65–81. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/ajsp.v6i01.882

Kochhar, S. K. (2008). Pembelajaran Sejarah. Grasindo.

Madjid, M. D., & Wahyudi, J. (2014). Ilmu Sejarah: Sebuah Pengantar. Prenada Media Group.

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Milles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia.

Nadiah, F., Huda, K., & Wibowo, A. M. (2022). Partisipasi masyarakat dalam pelestarian cagar budaya Omah Londo di Kabupaten Sragen 2017-2022. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 223–231. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/viewFile/2540/1992

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. RajaGrafindo Pustaka.

Sariyono, H., & Nursa`ban, M. (2010). Kartografi Dasar. UNY.

Setiaji, N. C., & Hanif, M. (2018). Kajian Makna Simbolis Patung dan Monumen di Kabupaten Ponorogo Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal. AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA, 8(01), 59–74. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/ajsp.v8i01.2069

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. PT. Pustaka Insan Madani.

Susanto, H. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah (Isu, Gagasan dan Strategi Pembelajaran). Aswaja Pressindo.


Article Metrics

Abstract has been read : 468 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/ajsp.v13i1.13302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya Indexed by: 

    

Copyright Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya ISSN 2087-8907 (printed) , ISSN 2052-2857(online)

Lisensi Creative Commons
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats