Implementasi nilai-nilai kejuangan raden ajeng kartini di SMPN 3 Madiun

Authors

  • Andani Arum Sari Universitas PGRI Madiun
  • Anjar Mukti Wibowo Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/ajsp.v12i2.13300

Keywords:

implementasi, nilai, kejuangan, kartini

Abstract

Di dalam sejarah Indonesia penelitian mengenai perempuan termasuk penelitian yang masih kurang mendapat perhatian dibanding penelitian di bidang ilmu sosial yang lain. Ilmu sosiologi dalam hal ini merupakan contoh untuk penelitian mengenai perempuan. Saat ini penelitian mengenai peran perempuan dalam sejarah masih sedikit sehingga menarik untuk dikaji. Raden Ajeng Kartini adalah salah satu tokoh perempuan Indonesia yang telah mendapatkan perhatian. Sejak lama telah dikumandangkan perjuangan dan pemikirannya mengenai emansipasi wanita. Nilai-nilai bisa digali atas perjuangan dan pemikirannya lalu diimplementasikan oleh generasi sekarang. Penelitian ini mengungkap bentuk penerapan nilai-nilai kejuangannya pada SMPN 3 Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif studi kasus dengan teknik purposive sampling yang menggunakan beberapa informan yang ditunjuk sebagai subjek penelitian. Kemudian analisis data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMPN 3 Madiun sebenarnya telah menerapkan nilai-nilai kejuangan Kartini bagi seluruh warga sekolah sejak dahulu dan tidak terlepas melalui pembiasaan dan keteladanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, A. (2019). BENTUK-BENTUK PERILAKU BIAS GENDER. LENTERA: Journal of Gender and Children Studies, 1(1), 1–18. https://journal.unesa.ac.id/index.php/JOFC/article/view/6819

Anugeraheni, S., & Soebijantoro, S. (2021). Nilai-Nilai Kepemimpinan dan Pendidikan Karakter: Studi Tokoh Bupati Sumoroto III Raden Mas Brotodirjo. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 11(1), 98–107. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/ajsp.v11i1.8228

Aprilia, I. E., & Wibowo, A. M. (2021). Situs Sunan Rejodanu Desa Pucang Rejo Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun Sebagai Wisata Sejarah Dan Religi. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 11(1), 108–119. https://doi.org/10.25273/ajsp.v11i1.8219

Dewi, F. K., Soebijantoro, S., & Wibowo, A. M. (2021). Akulturasi Etnis Tionghoa Dalam Pengembangan Seni Budaya Di Kelenteng Tri Dharma Hwie Ing Kiong Di Kota Madiun. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 11(2), 218–235. https://doi.org/10.25273/ajsp.v11i2.9887

Fakih, M. (2004). Analisis Gender & Transformasi Sosial. Pustaka Pelajar.

Habsari, N. T., & Huda, K. (2019). PERAN PAGUYUBAN SANKAN PARANING DUMADI TERHADAP PENGUATAN. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNIPMA, 94–99. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNHP/article/viewFile/772/744

Hanif, M., Hartono, Y., & Wibowo, A. M. (2018). Kesenian Dongkrek Internasilisasi Nilai dan Ketahanan Budaya. Jakad Media Publishing. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=XszXDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA22&dq=info:pFzCfA0FlMQJ:scholar.google.com&ots=XRXbQeWG16&sig=N_NDlx2znYVqOFnoXpQBEHEcrU4&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Huda, K. (2020). Perempuan Kapuk dan Keterbelengguan HAM. In S. Arifin & N. Muthohirin (Eds.), Minoritas dalam pandangan syariah dan HAM: Narasi Kaum Muda Muslim (1st ed., pp. 169–187). Literasi Nusantara.

Kuntowijoyo. (2003). Metodologi Sejarah. Tiara Wacana Yogya.

Sudrajat. (2007). KARTINI: PERJUANGAN DAN PEMIKIRANNYA. Mozaik: Kajian Ilmu Sejarah, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/moz.v2i1.4489

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

31-07-2022

Issue

Section

Articles