Situs mangiran Desa Sidorejo Kabupaten Madiun sebagai sumber belajar sejarah lokal

Anida Putri Lestari, S Soebijantoro

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui potensi yang terdapat pada Situs Mangiran yang dapat dipergunakan sebagai sumber belajar sejarah lokal. Penelitian dilakukan di situs mangiran Desa Sidorejo Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun. Metode yang dipergunakan adalah deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Observasi dilakukan secara non partisipasi dalam berbagai kegiatan masyarakat. Wawancara dilakukan secara terstruktur dengan daftar pertanyaan yang telah disistematisasikan berdasarkan gambaran awal yang di peroleh. Analisis data berpedoman pada reduksi data, penyajian data dan  penarikan simpulan. Dari hasil analisa data ditemukan bahwa potensi situs mangiran sebagai sumber belajar sejarah lokal adalah Pertama, memberikan pemahaman kepada siswa bahwa situs tersebut semakin memperkuat fakta bersama situs lain yang diketemukan di wilayah Kabupaten Madiun tentang dinamika sosial ekonomi dan budaya masyarakat  yang mencerminkan corak budaya Majapahit, Kedua menambah dan memperluas pengetahuan siswa bahwa sejarah Madiun diwarnai sejumlah kekuatan politik yang silih berganti untuk menguasai wilayah Madiun sejak zaman klasik, mulai dari kekuatan politik yang bersifat lokal hingga kekuatan politik yang merupakan bagian dari kerajaan besar, seperti Singosari, Majapahit, Demak hingga Mataram Islam.


Keywords


situs; mangiran; pembelajaran; sejarah lokal

Full Text:

PDF

References


Barbara, B., Seels, & Richey, R. C. (1994). Instructional Technology: The Definition and Domain of the Field. AECT.

Cbsjatim. (2019). Cagar Budaya dan Sejarah Jawa Timur Situs Mangiran. Cagar Budaya Dan Sejarah Jatim DiSBUDPAR PROV JATIM. https://cagarbudayajatim.com/index.php/2019/05/16/situs-mangiran/

Dwiyanto, D., Baguswanto, & Pardiyono, H. (2013). Kajian Naskah Babad Bedhahing Mangir. Museum Negeri Sonobudoyo Dinas Kebudayaan Yogyakarta.

Hariyono. (1995). Mempelajari Sejarah Secara Efektif. Pustaka Jaya.

Hartono, Y. (2019). EKSPLORASI DAN EVALUASI NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA PADA SISWA SMA (STUDI KASUS DI SMA KOTA SURAKARTA). Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNIPMA, 55–63. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNHP/article/viewFile/766/738

Huda, K. (2021). BUKU AJAR METODE PENULISAN SEJARAH (N. P. Astuti (ed.); 1st ed.). UNIPMA Press.

Undang-undang Republik Indonesia Noomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya, Pub. L. No. 130 dan 5168, 77 (2010). http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbgorontalo/wp-content/uploads/sites/29/2014/06/UU-11-Tahun-2010-ttg-Cagar-Budaya_BPCB-Gorontalo.pdf

Isjoni. (2007). Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Alfabeta.

Melianti, E., & Wibowo, A. M. (2019). Peran Perempuan Papua dalam Peningkatan Ekonomoni Keluarga di Kelurahan Wonosari Jaya Distrik Wania (Nilai Budaya dan Potensinya Sebagai Sumber Pembelajaran IPS SMP). Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 4(2), 78–84. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/gulawentah.v4i2.5523

Munandar, A. A. (2003). Karya Arsitektur Dalam Kajian Arkeologi. Jurusan Arkeologi Fakultas Ilmu Pengetahuan.

Nuttall, D. (2021). What is the purpose of studying history? Developing students’ perspectives on the purposes and value of history education. History Education Research Journal, 18(1), 88–108. https://www.researchgate.net/publication/351009217_What_is_the_purpose_of_studying_history_Developing_students%27_perspectives_on_the_purposes_and_value_of_history_education

Sagala, S. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.

Siregar, E., & Nara, H. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.

Wasino. (2007). Dari Riset Hingga Tulisan Sejarah. UNNES Press.

Widja, I. G. (1991). Sejarah Lokal Suatu Perspektif dalam Pengajaran Sejarah. Angkasa.

Widodo, J. (2020). Sejarah dan penemuan Situs Mangiran Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun. Dusun Mangirejo Kecamatan Saradan.

Widyastuti, T., Habsari, N. T., Ratu, A., & Nurcahya, A. (2020). The Phenomenon of Vertical Conflict in the Preservation of Historical Sites: Ngurawan, Madiun-East Java. 6th International Conference on Social and Political Sciences (ICOSAPS 2020), 313–316. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icosaps-20/125949695

Wulandari, A. O., Utomo, C. B., & Suryadi, A. (2019). Pelaksanaan Penilaian Afektif Pada Pembelajaran Sejarah Kurikulum 2013 Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Temanggung Tahun Ajaran 2018 / 2019. 7(1), 9–21.

Yulianti, D., & Habsari, N. T. (2021). Kesenian Penthul Tembem Di Kota Madiun (Studi Sejarah Dan Nilai Budaya). AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA, 11(2), 205–217. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/ajsp.v11i2.9907


Article Metrics

Abstract has been read : 952 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/ajsp.v12i2.13142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya Indexed by: 

    

Copyright Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya ISSN 2087-8907 (printed) , ISSN 2052-2857(online)

Lisensi Creative Commons
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats