Pembelajaran sejarah di Madrasah Aliyah berbasis budaya literasi digital
DOI:
https://doi.org/10.25273/ajsp.v14i1.12138Keywords:
sejarah, budaya, literasi, digitalAbstract
Downloads
References
Ameliah, R., Negara, R. A., & Rahmawati, I. (2021). Status Literasi Digital di Indonesia 2021. KOMINFO. Retrieved 26 Januari 2022 from https://cdn1.katadata.co.id/media/microsites/litdik/Status_Literasi_Digital_diIndonesia%20_2021_190122.pdf
Giovanni, F., & Komariah, N. (2020). Hubungan Antara Literasi Digital Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri 6 Kota Bogor. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 7(1), 147. https://doi.org/10.21043/libraria.v7i1.5827
Irhandayaningsih, A. (n.d.). Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. 10.
KBBI. (2022). Literasi. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Retrieved 25 Januari 2022 from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/literasi
Kemp, S. (2021). Digital 2021: Indonesia. Kepios. Retrieved 24 Januari 2022 from https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia
Kuntowijoyo. (2018). Pengantar Ilmu Sejarah. Tiara Wacana.
Magelang, E.-l. M. K. (2020). E-learning MAN Kota Magelang. MAN Kota Magelang. Retrieved 2020 from https://learning.mankotamagelang.sch.id/teacher
Pahlevi, M. R., Asmi, A. R., & Yunani, Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis History Mapping Pada Materi Sejarah Perkembangan Kota Palembang. AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA, 11(2), 146. https://doi.org/10.25273/ajsp.v11i2.8578
Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 Kurikulum 2013 11b. PMP SEJ-minat SMA.pdf. (n.d.).
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 16 TAHUN 2022 TENTANG STANDAR PROSES PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH, (2022). https://pusmendik.kemdikbud.go.id/pdf/file-99
Rahadian, S., & Setiawan, H. (2021). Pengembangan Media Komik Kerajaan Kanjuruhan Berbasis Online Dalam Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA, 11(2), 136. https://doi.org/10.25273/ajsp.v11i2.8832
Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. 1, 16.
Sari, N. P., & Makaria, E. C. (2022). Tantangan Guru pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 2962–2969. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2561
Setyaningsih, W., Chandra, L., & Kurnianingrum, R. (2020a). Dokumen Materi dalam E-Modul Pra Aksara. I. A. I. N. Salatiga.
Setyaningsih, W., Chandra, L., & Kurnianingrum, R. (2020b). Dokumen Pengembangan desain literasi digital di smartphone. I. A. I. N. Salatiga.
Setyaningsih, W., Chandra, L., & Kurnianingrum, R. (2020c). Dokumen Penugasan dalam e-modul pra aksara. I. A. I. N. Salatiga.
Setyaningsih, W., Chandra, L., & Kurnianingrum, R. (2020d). Pengembangan grand desain literasi digital pada pembelajaran sejarah I. A. I. N. Salatiga.
Shavab, O. A. K. (2020). LITERASI DIGITAL MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO PADA PEMBELAJARAN SEJARAH. Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 14(2), 142. https://doi.org/10.17977/um020v14i22020p142-152
Sormin, S. A., Siregar, A. P., Priyono, C. D., & Snjpsfisunp. (2019). KONSEPSI LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI ERA DISRUPTIF [Preprint]. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/bxskc
Status_Literasi_Digital_Indonesia__2021.pdf. (n.d.).
Sumiati, E. (2020). MANFAAT LITERASI DIGITAL BAGI MASYARAKAT DAN SEKTOR PENDIDIKAN PADA SAAT PANDEMI COVID-19.
Susanto, H., Irmanita, W., & Syurbakti, M. M. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DARING MASA PANDEMI COVID-19. 8(1).
Sutrisna, I Putu Gede. (2020). GERAKAN LITERASI DIGITAL PADA MASA PANDEMI COVID-19. https://doi.org/10.5281/ZENODO.3884420
Syaifuddin, M., Ummam, A. W., Sm, B., Sodiq, A. R., & Zakiah, I. N. (2022). Penyuluhan Penerapan Literasi Digital Bagi Siswa Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.25008/altifani.v2i1.195
Syarifah, I. L., Hidayah, F. N., Raharani, F. A.-N., Izzah, N., Mukarromah, S., & Yulianti, Y. (n.d.). Pentingnya Literasi Digital di Era Pandemi.
Tanjung, S., & Supriatna, N. (2021). LITERASI KREATIF: MEMBANGUN KETERAMPILAN ABAD 21 MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL KESULTANAN LANGKAT. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 6(2), 101–109. https://doi.org/10.15294/harmony.v6i2.47999
Tim Litbang MPI, M. P. (2021). 4 Kasus Penyebaran Hoaks Paling Fenomenal, dari Covid Sampai Babi Ngepet. okenews, 2. https://nasional.okezone.com/read/2021/10/18/337/2487775/4-kasus-penyebaran-hoaks-paling-fenomenal-dari-covid-sampai-babi-ngepet?page=2
Tricahyono, D., Musadad, A. A., & Rejekiningsih, T. (2021). Integrasi Media Berbasis Peta Persebaran Candi Hindu-Budha Di Tulungagung Dengan Pendekatan Kontruktivisme Dalam Pembelajaran Sejarah. Diakronika, 21(2), 101–120. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol21-iss2/205
Universitas Lambung Mangkurat, Anis, M. Z. A., Susanto, H., Universitas Lambung Mangkurat, Fathurrahman, F., & Universitas Lambung Mangkurat. (2021). Studi Evaluatif Pembelajaran Sejarah Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan, 5(1), 60–69. https://doi.org/10.29408/fhs.v5i1.3358
Wijaya, T., & Ediyono, S. (2022). Pembelajaran Sejarah Berbasis Media Online dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa di Era Revolusi Industri 4.0. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 5(3), 196. https://doi.org/10.20961/shes.v5i3.59322
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International
Under the following terms:
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
NonCommercial - You may not use the material for commercial purposes.
ShareAlike - If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.