Literasi sikap kemandirian dalam berwirausaha melalui metode pembelajaran daring bagi mahasiswa peserta PMM prodi Pendidikan Sejarah UNIPMA

Authors

  • S Soebijantoro Universitas PGRI Madiun
  • Bela Septianingrum Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/ajsp.v12i1.11955

Keywords:

literasi, kemandirian, historiopreneur, PMM

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi literasi  kemandirian dapat meningkatkan sikap kemandirian mahasiswa peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) melalui metode daring pada pembelajaran  historiopreneurship di era  pandemi Covid 19. Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu berupa studi kasus. Sumber data diperoleh melalui wawancara, angket , studi arsip dan dokumen serta observasi langsung. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Observasi dilakukan dengan pengamatan langsung secara non partisipasi dalam berbagai kegiatan pembelajaran di kampus. Wawancara dilakukan baik secara terstruktur dengan daftar pertanyaan yang telah disistematisasikan berdasarkan gambaran awal yang didapat ataupun secara. Sedangkan data peningkatan sikap kemandirian dilakukan dengan menggunakan angket yang dianalisa melalui skala likert. Secara keseluruhan analisis data penelitian ini berpedoman pada langkah-langkah analisis data penelitian kualitatif dari Moleong (2011), yaitu: reduksi data, penyajian data, dan  penarikan simpulan. Dari analisis data diperoleh hasil 1)  Diperlukan literasi kesejarahan sebagai sebuah ilmu pengetahuan tentang masa lampau yang bermanfaat bagi manusia serta melakukan komersialisasi dengan jiwa dan semangat yang mampu menghadirkan produk-produk hasil kajian kesejarahan yang bisa diterima oleh masyarakat.2) Terdapat data peningkatan sikap kemandirian mahasiswa yaitu dengan 75,2 % responden mahasiswa PMM menunjukkan sikap sangat setuju bahwa  sikap kemandirian merupakan kunci keberanian seseorang untuk menekuni bidang kewirausahaan, 3) 81,3 % mahasiswa menyatakan bahwa di era transformasi digital, pariwisata sejarah merupakan bidang garapan lulusan prodi Pendidikan sejarah serta merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alisuf, Sabri. (20100. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Pedoman Ilmu Jaya.

Allport, W. Gordon. (1954). The Nature of Prejudice. United States of America : Addison-Wesley Publishing Company.

Andrea Lako. (2010). Pengangguran Sarjana, Kesalahan PT. Suara Merdeka http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2010/01/09/94400/Pengangguran-Sarjana-Kesalahan-PT diakses 1 Juni 2016

Berlianantiya, M. Huda, K., Feriandi, Y.A., Harmawati, Y. (2020). PKM bagi Siswa SMK Wijaya Kusuma Kabupaten Madiun Melalui Pelatihan Ecopreneur. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 11 (1), 74-80, DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.2349.

Cahyo B.U. (2009). PengembanganKurikulum Sejarah Berbasis Entrepreuer ship. MakalahLokakarya Nasional Pengembangan Kurikulum Sejarah Berbasis Skill danEntrepreneurship untuk Peningk atan Kompetensi Lulusan â€, R abu 3 Juni 2009 FIB UNDIP.

Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendiknas. (2008). Kerangka Acuan Pendidikan Karakter: Jakarta

Elizabeth B. Keefe and Susan R. Copeland. (2011). What Is Literacy? The Power ofa Definition. Research & Practice for Persons with Severe Disabilities2011, Vol. 36, No. 3Y4, 92–99. https://pealcenter.org/wp-content/uploads/2017/05/What_is_Literacy.pdf

Irene Picton (2014). The Impact of ebook on The Reading Motivation and Reading Skills of Children and Young People. London: National Literacy Trust.

Jodi Pilgrim , Elda E. Martinez. (2013). Defining Literacy in the 21st Century: A Guide to Terminology and Skills. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1110822.pdf

Koesnandar. (2008). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web (http:wwwe-dukasi.net artikel/index.php/id diakses 23 Maret 2016

Mansheng Zhou ,Haixia Xu. (2012). A Review of Entrepreneurship Education for College Studentsin China. Journal .administrativesciences2012, 2, 82-98. file:///C:/Users/User/AppData/Local/Temp/admsci-02-00082.pdf

Michael G. Fullan dan Suzanne Stiegelbauer. (1991). The New Meaning of Educational and Change. New York : Teacher College Press.

Michael Stewart. (2015). Why University need an entreprenuersial Spirit. The World Economic Forum. https://www.weforum.org/agenda/2015/05/why-universities-need-an-entrepreneurial-spirit/ Diakses tanggal 10 Oktober 2016

Moleong, Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

31-01-2022

Issue

Section

Articles