Islam, kolonial dan tradisi lisan: Tinjauan kritis terhadap babad Tempurejo
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustinova, D. E. (2015). Memahami Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Calpulis.
Assiroji, D. B. (2020). Konsep Kaderisasi Ulama di Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 47–70. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30868/ei.v9i01.661
Dewi, V. M., Hartanto, W., & Puji, R. P. N. (2020). Pangeran Diponegoro Dalam Perang Jawa 1825-1830. Sindang: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 2(2), 147–158. https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JS/article/download/254/476/
Habsari, N. T. (2017). Makam Kuno Belanda (Kerkhof) di Kabupaten Ngawi dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 7(2), 68–83. https://doi.org/10.25273/ajsp.v7i2.1490
Ham, O. H. (2018). Madiun dalam Kemelut Sejarah : Priyayi dan Petani di Keresidenan Madiun Abad XIX. KPG.
Handoko, P., & Pujimahanani, C. (2014). ANALISIS UNSUR SASTRA BABAD SEJARAH MADURA, BABAD GIRI KEDHATON, DAN SERAT PARARATON. Dinamika: Jurnal Sastra Dan Budaya, 1(2), 97–114. http://repository.unitomo.ac.id/1889/
Hanif, M., Chasanatun, F., & Wibowo, A. M. (2021). KAMPUNG BUDHA SODONG: Kearifan Lokal dalam Mitigasi Pandemi Covid-19 (1st ed.). UNIPMA Press.
Hanif, M., Hartono, Y., & Wibowo, A. M. (2019). Pengembangan Model Internalisasi Nilai Kesenian Dongkrek Guna Meningkatkan Ketahanan Budaya Siswa SMA Kabupaten Madiun. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 3(2), 134–143. https://doi.org/10.24114/gondang.v3i2.14252
Hartono, Y., & Huda, K. (2020). Sejarah Kontroversial G 30 S/PKI: Konstruksi Materi dan Praksis Pembelajaran (S. Anekani (ed.); 1st ed.). UNIPMA Press.
Hasanah, L. U., & Andari, N. (2021). Tradisi Lisan sebagai Media Pembelajaran Nilai Sosial dan Budaya Masyarakat. Jurnal Ilmiah Fenomena: Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 48–66. https://doi.org/https://doi.org/10.25139/fn.v4i1.3232
Hayati, Y. I. N., & Hanif, M. (2019). Upacara Mendhak Ki Buyut Terik (Studi Nilai Budaya Dan Potensinya Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah). Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 9(1), 79–93. https://doi.org/10.25273/ajsp.v9i1.3638
Huda, K. (2020). Perempuan Kapuk dan Keterbelengguan HAM. In S. Arifin & N. Muthohirin (Eds.), Minoritas dalam pandangan syariah dan HAM: Narasi Kaum Muda Muslim (1st ed., pp. 169–187). Literasi Nusantara.
Huda, K. (2021). BUKU AJAR METODE PENULISAN SEJARAH (N. P. Astuti (ed.); 1st ed.). UNIPMA Press.
Irwanto, D. (2012). Kendala dan Alternatif Penggunaan Tradisi Lisan dalam Penulisan Sejarah Lokal di Sumatera Selatan. Jurnal Forum Sosial, 5(2), 123–126. https://repository.unsri.ac.id/24854/
Iwana, N., & Hanif, M. (2021). Kesenian Teledek Dalam Upacara Minta Hujan di Lembeyan Magetan (Kajian Nilai Budaya dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah). Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 4(1), 46. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v4i1.5032
Kuntowijoyo. (2003). Metodologi Sejarah. Tiara Wacana Yogya.
Luwiyanto, & Herawati, N. (2015). Babad Pacitan: Jagakarya Pendiri Dinasti Penguasa di Pacitan. Prosiding Seminar Nasional "Revolusi Mental Melalui Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 171–180.
Mahamid, M. N. L. (2022). Karesidenan Madiun 1896-1942: Kiprah Penguasa Belanda dalam Modernisasi Administrasi hingga Perubahan Sosial-Politik. KBM Indonesia.
Maknun, M. L. (2018). Harmoni Hindu-Muslim Berbasis Tradisi Lisan Sejarah Desa Saren Budakeling Karangasem Bali. Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan, 6(2), 341–366. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/fikrah.v6i2.4005
Mantra, & Widiastuti, S. (2014). FUNGSI DAN MAKNA TRADISI LISAN GENJEK KADONG ISENG. Jurnal Bakti Saraswati, 03(02), 31–39. https://www.neliti.com/id/publications/75016/fungsi-dan-makna-tradisi-lisan-genjek-kadong-iseng
Miftaqurrohman, & Sa`idah, N. (2019). Sejarah Lokal dan Tradisi Lisan tentang Babad Tempurejo. Oase Pustka.
Mubin, F., & Aziz, A. (2020). POLITIK PENDIDIKAN ISLAM INDONESIA: PERLAWANAN PESANTREN TERHADAP HEGEMONI PENDIDIKAN BARAT ERA KOLONIALISME BELANDA. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 3(1), 123–135. https://doi.org/https://doi.org/10.36670/alamin.v3i1.45
Neonnub, F. I., & Habsari, N. T. (2017). Belis : Tradisi Perkawinan Masyarakat Insana Kabupaten Timor Tengah Utara. Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 8(01), 107–126. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/ajsp.v8i01.2035
Puguh, D. R. (2012). Pemanfaatan Tradisi Lisan di Era Globalisasi: Industri Kreatif. Mozaik: Jurnal Ilmu Humaniora, 11(1), 22–32. http://journal.unair.ac.id/filerPDF/ 3 PEMANFAATAN TRADISI LISAN DI ERA GLOBALISASI.pdf
Qur`ani, H. B. (2018). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BABAD TANAH JAWA. Jentera: Jurnal Kajian Sastra, 7(2), 182–197. https://doi.org/https://doi.org/10.26499/jentera.v7i2.918
Rohmadi, R. W., Maulana, A. K., & Suprapto, S. (2021). REPRESENTASI TRADISI LISAN DALAM TRADISI JAWA METHIK PARI DAN GEJUG LESUNG. Diwangkara: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya Jawa, 1(1), 36–41. https://jurnal.lppmstkipponorogo.ac.id/index.php/DIWANGKARA/article/ view/107
Rosikin, A., & Hartono, Y. (2016). Museum Benteng Van Den Bosch (Benteng Pendem) Di Kelurahan Pelem Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi (Latar Belakang Sejarah, Nilai, Dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar). Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 6(02), 31–50. https://doi.org/10.25273/ajsp.v6i02.1039
Rukun, R., & Hanif, M. (2021). Kesenian Gajah-gajahan di Kaponan Mlarak Ponorogo (Studi nilai budaya dan potensinya sebagai sumber pembelajaran IPS SD). Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 6(2), 165. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v6i2.11305
Sapto, A. (2015). Pelestarian Kekuasan Pada Masa Mataram Islam : Sebha Jaminan Loyalitas Daerah Terhadap Pusat1. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 9(2), 153–161. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um020v9i22015p153-161
Turaeni, N. N. T. (2020). FUNGSI DAN MAKNA TRADISI LISAN CECANGKRIMAN BAGI MASYARAKAT BALI. Bebasan: Jurnal Ilmiah Kebahasaan Dan Kesastraan, 7(1), 15–18. https://jurnalbebasan.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/bebasan/article/view/79
Utomo, C. B., & Kurniawan, G. F. (2017). Bilamana Tradisi Lisan Menjadi Media Pendidikan Ilmu Sosial di Masyarakat Gunungpati. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 2(2), 168–184. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/harmony.v2i2.20166
Widyastuti, T., Habsari, N. T., Ratu, A., & Nurcahya, A. (2020). The Phenomenon of Vertical Conflict in the Preservation of Historical Sites: Ngurawan, Madiun-East Java. 6th International Conference on Social and Political Sciences (ICOSAPS 2020), 313–316. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icosaps-20/125949695
Zahro, N. L., & Mardikun. (2020). PERANG DIPONEGORO DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT JAWA 1825-1830. Jurnal Akademika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 19(1), 89–94. http://jurnal.ipw.ac.id/journal/jurnal-akademika-jurnal-ilmiah-kependidikan/article/95/perang-diponegoro-dan-pengaruhnya-terhadap-kehidupan-masyarakat-jawa-1825-1830.htm
Article Metrics
Abstract has been read : 962 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/ajsp.v12i2.11165
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya Indexed by:
Copyright Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya ISSN 2087-8907 (printed) , ISSN 2052-2857(online)
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.