ANALISIS PERISTIWA TUTUR DENGAN METODE SPEAKING (SETTING AND SCENE, PARTICIPANTS, ENDS, ACT SEQUENCES, KEY, INSTRUMENTALITIES, NORM OF INTERECTION AND INTERPRETATION, GENRES) DALAM ACARA TALK SHOW MATA NAJWA DI TRANS7

Ayu Fri Hartini, Panji Kuncoro Hadi, Asri Musandi Waraulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan  peristiwa tutur dengan metode SPEAKING yang terdapat dalam acara talk show mata najwa di trans7 dan mendeskripsikan serta menjelaskan persamaan dan perbedaan peristiwa tutur yang terdapat dalam acara talk show mata najwa pada setiap episodenya. Penelitian ini dilakukan pada April 2019 dengan fokus kajian peristiwa tutur dalam acara talk show mata najwa. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif. Teknik penumpulan data dalam penelitian ini adalah metode simak bebas libat cakap. Data penelitian ini adalah peristiwa tutur dalam acara talk show mata najwa pada April dengan mengambil 4 episode yang tayang pada tanggal 3, 10, 17, dan 24 April 2019. Berdasarkan permasalahan serta pembahasan yang telah dilakukan oleh peneliti, maka penelitian pada acara talk show mata najwa sudah memenuhi syarat peristiwa tutur yang sesuai dengan rumusan masalah yang dikaji oleh peneliti. Peristiwa tutur dalam acara talk show mata najwa pada episode debat usai debat, Jokowi atau Prabowo, suara penentu, dan usai pemilu ini, pada hasil analisis yang diteliti sudah memenuhi syarat peristiwa tutur SPEAKING (setting and scene, participants, ends, act sequences, key, instrumentalities, norm of interection, and interpretation, genres). Persamaan dan perbedaan peristiwa tutur pada setiap episode berdasarkan hasil analisis peristiwa tutur tersebut terdapat 7 persamaan dan 3 perbedaan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa keseluruhan setiap episode pada April 2019 sudah memenuhi syarat peristiwa tutur dan dari keempat episode tersebut terdapat 7 persamaan dan 3 perbedaan.


Keywords


Peristiwa Tutur, Komponen Tutur SPEAKING, Dell Hymes, Talk Show Mata Najwa

Full Text:

PDF

References


Chaer, A., & Leonie Agustina. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta:Rineka Cipta.

Syafyahya, L., & Aslinda. (2014). Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: PT Refika Aditama.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi penelitian kualitatif (Cet. Ke-30.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Djauharie, A. S. S., & Anggrani, R. E. (2017). Daya Tarik Acara Talkshow “Ini Talk Show” di Net TV (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi UTA’45 Jakarta). PRoMEDIA, 3(1).

Anwas, O. M. (2010). Televisi mendidik karakter bangsa: harapan dan tantangan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(9), 256-266.

Tekkay, A., Himpong, M., & Paputungan, R. (2017). Persepsi Masyarakat Tentang Talkshow “Mata Nadjwa” Di Metro TV (Studi Pada Masyarakat Bahu Kecamatan Malalayang). JURNAL ACTA DIURNA, 6(2).


Article Metrics

Abstract has been read : 5862 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v8i01.6762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats