NILAI MORAL DALAM NOVEL “CINTA SUCI ZAHRANA” KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SASTRA PADA SISWA KELAS VIII MTs MINHAJUTTULAB DOLOPO KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Binti Mualifah, Agus Budi Santoso, Ermi Adriani Meikayanti

Abstract


Novel “Cinta Suci Zahrana” karya Habiburrahman El Shirazy merupakan salah satu novel islami yang menaburkan pesan-pesan nilai moral kepada pembaca secara vulgar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moral dalam novel “Cinta Suci Zahrana” karya Habiburrahman El Shirazy dan mendeskripsikan implementasi nilai moral movel “Cinta Suci Zahrana” pada pembelajaran sastra di kelas VIII MTs Minhajuttulab Dolopo Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi (observation), dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Dalam menganalisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (Conclusion Drawing/verivication).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pada novel “Cinta Suci Zahrana” karya Habiburrahman El Shirazy terdapat beberapa nilai moral yaitu, kesabaran, tawakal, taat beribadah, penolong, rajin bekerja dan belajar. 2) Implementasi nilai moral novel “Cinta Suci Zahrana” dapat ditunjukkan melalui kegiatan pembelajaran dengan cara siswa diberi pertanyaan, respon tentang latar dalam novel “CSZ” yang sudah dibaca dan diamati, serta respon tentang penokohan dalam novel “CSZ” yang sudah dibaca dan diamati. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai moral dalam novel “Cinta Suci Zahrana” Karya Habiburrahman El Shirazy dan pengimplementasian pembelajaran sastra dapat memberikan dampak positif bagi para siswa.

 


Keywords


Nilai Moral, Novel, Pembelajaran Sastra.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 443 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v3i2.2105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats