BANK KATA: Ide Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Asri Musandi Waraulia

Abstract


Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia mempunyai empat keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan menulis, membaca, menyimak, dan berbicara yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Keempat keterampilan berbahasa dianggap penting dalam kehidupan, sehingga siswa tidak hanya diberi teori dan penjelasan tentang pengajaran bahasa, tetapi seharusnya juga mendapat efektivitas dan pelatihan dari model pembelajaran agar mereka menguasai dan menerapkan keterampilan berbahasa tersebut. Pembelajaran bahasa di sekolah memang sangat penting karena  dapat menunjang pembelajaran bidang studi lain.

Salah satu penunjang keberhasilan dalam pembelajaran adalah degan menggunakan inovasi baru. Inovasi ditunjukkan dengan penggunaan media dalam pembelajaran, sebagai salah satu bentuk kreativitas guru. Contoh media yang dapat digunakan dalam pembelajaran ialah media ”Bank Kata”. Media bank kata ini ialah media pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang berupa kumpulan kata-kata yang dibuat dengan cara menuliskan kata pada lembaran kertas, dapat dibentuk kotak, bulat, atau sesuai dengan kreativitas guru. Semakin banyak kata yang disediakan semakin lengkap bank tersebut.

Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Media Pembelajaran, Bank Kata.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo

Rohani, Ahmad. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Sadiman, Arief, dkk. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.


Article Metrics

Abstract has been read : 2210 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/widyabastra.v1i2.1151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Widyabastra



Creative Commons License
Widyabastra by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Widyabastra Stats