Pengaruh Pembelajaran Daring Asynchronous Terhadap Tingkat Pemenuhan CPMK Statistika

Kiki Henra, Nur Qalbi Tayibu, Ika Nirmala Masliah

Abstract


Matakuliah Statistika pada program studi Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Puangrimaggalatung memiliki 3 sks, pada kondisi secara umum mahasiswa yang memiliki latarbelakang keilmuan non eksakta cenderung jenuh dalam proses belajar untuk memahami materi, dengan kondisi Pandemi Covid-19 saat ini mendorong bermunculannya metode pembelajaran daring yang inovatif salah satunya metode daring asynchronous dengan memanfaatkan platform Google Classroom, kondisi dalam pembelajaran daring ini tetap menuntut mahasiswa untuk memenuhi capaian pembelajaran agar hasil belajar pada akhir semester sesuai dengan indikator kelulusan capaian CPMK yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan penerapan pembelajaran daring Asynchrnous memiliki pengaruh terhadap tingkat pemenuhan CPMK statistika dengan menggunakan instrumen observasi selama proses pembelajaran berlangsung, tes hasil belajar pada saat UTS dan UAS, serta kuesioner online pada saat akhir semester. Sampel pada penelitian merupakan sampel populasi penuh seluruh mahasiswa Prodi Administrasi Pendidikan semester 3 sebanyak 28 mahasiswa. Teknik analisis data dilakukan secara inferensial menggunakan SPSS dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan model regresi Y=17,148 + 0,765x yang membuktikan adanya pengaruh pembelajaran daring Asynchronous (X) sebesar 25,2% terhadap tingkat pemenuhan CPMK statistika (Y) dengan persentase kelulusan mahasiswa pada matakuliah Statistika sebesar 78,6%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring asynchronous memiliki pengaruh terhadap tingkat pemenuhan CPMK Statistika mahasiswa.


Keywords


Asynchronous, Capaian Pembelajaran, Statistika, Pembelajaran Daring, elearning

Full Text:

PDF

References


Al, J., Santoso, B., Stkip, N., Pacitan, P., & Djafar, H. (2020). Penerapan E-Learning Berbasis Google Classroom Penerapan E-learning Berbasis Google classroom Sebagai Media Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Tengah Pandemi. Jurnal Al Qiyam, 1(1), 100–108.

Amadea -Margareta, K., & Ayuningtyas, D. (2020). Perbandingan Efektivitas Pembelajaran Sinkronus dan Asinkronus Pada Materi Program Linear. Jurnal PRIMATIKA, 9(2), 111–120.

Arifin Rahmanto, M., & Bunyamin. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 119–135.

Cen, X., Sun, D., Rong, M., Fekete, G., Baker, J. S., Song, Y., & Gu, Y. (2020). The Online Education Mode and Reopening Plans for Chinese Schools During the COVID-19 Pandemic: A Mini Review. Frontiers in Public Health, 8, 566316.

Coogle, C., & Floyd, K. (2015). Synchronous and Asynchronous Learning Environments of Rural Graduate Early Childhood Special Educators Utilizing Wimba© and Ecampus. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 11(2), 173–187.

Daniyah Salsabila, V., Mukti, T. S., Putri, F. R., Nur, S., & Hasanah, J. (2020). Capaian Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Model Dan Motivasi Belajar. Conferences.Uin-Malang.Ac.Id, 5, 252–258.

DePorter, Bobbi; Hernacki, M. (2005). Quantum learning : membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Salatiga: Kaifa.

Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5-22.

Didin, F. S., Mardiono, I., & Yanuarso, H. D. (2020). Analisis Beban Kerja Mental Mahasiswa saat Perkuliahan Online Synchronous dan Asynchronous Menggunakan Metode Rating Scale Mental Effort. OPSI, 13(1), 49.

Dyah Nirmala Arum Janie. (2012). Statistik Deskriptif & Regresi Linier Berganda Dengan SPSS. Semarang: Semarang University Press.

Fahmi, M. H. (2020). Komunikasi Synchronous dan Asynchronous dalam E-Learning pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Nomosleca, 6(2), 146-158.

Han, I., & Shin, W. S. (2016). The use of a mobile learning management system and academic achievement of online students. Computers and Education, 102, 79–89.

Hasan, B. (2020). Pemanfaatan Google Classroom dalam Mata Kuliah Menggunakan Media Video Screencast O-Matic. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 15(1), 195–201.

Heggart, K. R., & Yoo, J. (2018). Getting the Most from Google Classroom: A Pedagogical Getting the Most from Google Classroom: A Pedagogical Framework for Tertiary Educators Framework for Tertiary Educators. Australian Journal of Teacher Education, 43(3), 140–153.

Isna Normalita Sari. (2019). Pengaruh Penggunaan Googleclassroom Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (Universitas Islam Indonesia).

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246–253.

Maryono, I., Lucita Dewi, S. A., & Syaf, A. H. (2018). Karakteristik Pencapaian Kemampuan Pembuktian Dan Kepercayaan Diri Mahasiswa Melalui Metode Moore. Jurnal Analisa, 4(2), 72–82.

Mcgrath, P. D., & Campbell, K. L. (2016). The Importance of Residency Sessions in Building Learning Communities in Two Distance Learning Programs. The Nagoya Gakuin Daigaku Ronshu; Journal of Nagoya Gakuin University; LANGUAGE and CULTURE, 27(2), 9–18.

Mendikbud RI. (2020) Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. , Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Nirfayanti, & Nurbaeti. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59.

Octaberlina, L. R., & Muslimin, A. I. (2020). Efl students perspective towards online learning barriers and alternatives using moodle/google classroom during covid-19 pandemic. International Journal of Higher Education, 9(6), 1–9.

Perveen, A., & Perveen, A. (2016). Synchronous and Asynchronous E-Language Learning: A Case Study of Virtual... Open Praxis, 8(1), 21–39.

Primandari, A. H., & Kesumawati, A. (2020). Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik Menggunakan Problem Based Learning dan Strategi Blended Learning. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 2(2).

Putro, K. Z. (2020). Pola Interaksi Anak dan Orangtua Selama Kebijakan Pembelajaran di Rumah. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 124–140.

Singh, V., & Thurman, A. (2019). How Many Ways Can We Define Online Learning? A Systematic Literature Review of Definitions of Online Learning (1988-2018). American Journal of Distance Education, 33(4), 289–306.


Article Metrics

Abstract has been read : 1294 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.8537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)