Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan HOTS dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMPN 3 Pulung

Indah Lestari, Muhamad Hanif, Parji Parji

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan HOTS dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 3 Pulung dengan menggunakan model discovery learning. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Jenis peneltian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) . Subyek peneltian ini adalah siswa kelas VIIIB SMPN 3 Pulung. Teknik pengumpulan data pada peneltian ini menggunakan lembar observasi, lembar tes  dan dokumentasi. Teknik Analisa data yang digunakan yaitu teknik analisa kualitatif . Adapun hasil penelitian sebagai berikut : 1) Kualitas pembelajaran menggunakan Discovery Learning secara berturut turut dari siklus 1 dan siklus 2 adalah  76,19 dan 90,48; 2) Sedangkan kemampuan HOTS pada prasiklus 16%, siklus 1  dan siklus 2 secara berturut turut yaitu 28  % dan  72 %. Hal ini sudah diatas target dari penelitian yaitu ≥ 50% dan 3) Ketuntasan hasil belajar IPS pada prasiklus 20% sedangkan pada siklus 1 dan siklus 2 yaitu 52% dan 80%. Dari hasil penelitian untuk ketuntasan belajar sudah diatas indicator keberhasilan yaitu 75 % sehingga penelitian ini cukup sampai dua sklus.


Keywords


Discovery Learning; HOTS; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks kurikulum 2013.

Bandung : PT Refika Aditama

Arifin, Zainal (2011). Evaluasi Pembelajaran Bandung : Remaja Rosdakarya

Depdiknas (2016) Penilaian. Jakarta : Raja Grafindo

Herdian. 2010. Metode Pembelajaran Discovery.

https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/metode-pembelajaran-discovery-penemuan. Diunduh 2 juli2021

Hosnan, M (2014) Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran

Abad 21. Bogor : Graha Indonesia

Purwanto (2011) Evaluasi hasil Belajar .Yogyakarta : Pustaka Belajar

Syah, Muhibbin (2017) Psikologi Pendidikan Suatu pendekatan Baru. Bandung :

PT Remaja Rosdakarya

Sukmadinata, Nana Syaodih (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung

Graha Aksara

Sanjaya, Wina.(2011) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada

Media Group

Wahidmurni, Alifin Mustikawan dan Ali Ridho (2010) Evaluasi Pembelajaran

:Kompetensi dan Praktik Yogyakarta : Nuha Letera

Wina Sanjana (2009), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan Jakarta :Kencana


Article Metrics

Abstract has been read : 444 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v1i2.12802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats