Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan HOTS dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMPN 3 Pulung
DOI:
https://doi.org/10.25273/wjpm.v1i2.12802Keywords:
Discovery Learning, HOTS, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan HOTS dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 3 Pulung dengan menggunakan model discovery learning. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Jenis peneltian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) . Subyek peneltian ini adalah siswa kelas VIIIB SMPN 3 Pulung. Teknik pengumpulan data pada peneltian ini menggunakan lembar observasi, lembar tes dan dokumentasi. Teknik Analisa data yang digunakan yaitu teknik analisa kualitatif . Adapun hasil penelitian sebagai berikut : 1) Kualitas pembelajaran menggunakan Discovery Learning secara berturut turut dari siklus 1 dan siklus 2 adalah 76,19 dan 90,48; 2) Sedangkan kemampuan HOTS pada prasiklus 16%, siklus 1  dan siklus 2 secara berturut turut yaitu 28 % dan  72 %. Hal ini sudah diatas target dari penelitian yaitu ≥ 50% dan 3) Ketuntasan hasil belajar IPS pada prasiklus 20% sedangkan pada siklus 1 dan siklus 2 yaitu 52% dan 80%. Dari hasil penelitian untuk ketuntasan belajar sudah diatas indicator keberhasilan yaitu 75 % sehingga penelitian ini cukup sampai dua sklus.
Downloads
References
Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks kurikulum 2013.
Bandung : PT Refika Aditama
Arifin, Zainal (2011). Evaluasi Pembelajaran Bandung : Remaja Rosdakarya
Depdiknas (2016) Penilaian. Jakarta : Raja Grafindo
Herdian. 2010. Metode Pembelajaran Discovery.
https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/metode-pembelajaran-discovery-penemuan. Diunduh 2 juli2021
Hosnan, M (2014) Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran
Abad 21. Bogor : Graha Indonesia
Purwanto (2011) Evaluasi hasil Belajar .Yogyakarta : Pustaka Belajar
Syah, Muhibbin (2017) Psikologi Pendidikan Suatu pendekatan Baru. Bandung :
PT Remaja Rosdakarya
Sukmadinata, Nana Syaodih (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung
Graha Aksara
Sanjaya, Wina.(2011) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada
Media Group
Wahidmurni, Alifin Mustikawan dan Ali Ridho (2010) Evaluasi Pembelajaran
:Kompetensi dan Praktik Yogyakarta : Nuha Letera
Wina Sanjana (2009), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Pendidikan Jakarta :Kencana
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Â
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner are required to cite the original source, including the author's names, Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.