Penerapan Metode Cooperative Script Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SDN 3 Karangan Badegan Ponorogo

Miftahul Mujib, Muhammad Hanif

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tepat tidaknya penerapan metode Cooperatif Script berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN 3 Karangan Badegan Ponorogo mulai bulan April sampai Juni 2021 menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan catatan lapangan. Instrumen penilaian berupa lembar observasi aktivitas guru, siswa, catatan lapangan, dan dokumentasi. Instrumen penilaian meliputi soal evaluasi, lembar observasi penilaian sikap siswa dan penilaian keterampilan siswa. Teknis analisis data adalah data collection, data reduction, data display, dan conslussion. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa. Hal itu berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Dibuktikan dengan rata-rata ketuntasan belajar tahap pratindakan 30%, siklus I 75%, siklus II 98%. Kesimpulan, penerapan metode cooperative script berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.


Keywords


Cooperative Script; Audio Visual; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmad Fujiyanto. “Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antar makhluk Hidup (Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No, 1 (2016)

Meilani, Rima, and Nani Sutarni. "Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar." Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper) 1.1 (2016): 176-187.

Mahdalena, Sari, and Moh Sain. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VA Siswa Sekolah Dasar Negeri 010 Sungai Beringin." Asatiza: Jurnal Pendidikan 1.1 (2020): 118-138)

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitiansuatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Ramli, Muhammad. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Pres

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Konsep. Yogjakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutirman, (2013). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif, Yogyakarta: Media Ilmu

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri, kencana


Article Metrics

Abstract has been read : 321 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/wjpm.v1i2.12801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner by Universitas PGRI Madiun

ISSN: 2828-1322 (PRINT) & ISSN: 2827-9875 (ONLINE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats