Penerapan Metode Cooperative Script Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SDN 3 Karangan Badegan Ponorogo
DOI:
https://doi.org/10.25273/wjpm.v1i2.12801Keywords:
Cooperative Script, Audio Visual, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tepat tidaknya penerapan metode Cooperatif Script berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN 3 Karangan Badegan Ponorogo mulai bulan April sampai Juni 2021 menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan catatan lapangan. Instrumen penilaian berupa lembar observasi aktivitas guru, siswa, catatan lapangan, dan dokumentasi. Instrumen penilaian meliputi soal evaluasi, lembar observasi penilaian sikap siswa dan penilaian keterampilan siswa. Teknis analisis data adalah data collection, data reduction, data display, dan conslussion. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa. Hal itu berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Dibuktikan dengan rata-rata ketuntasan belajar tahap pratindakan 30%, siklus I 75%, siklus II 98%. Kesimpulan, penerapan metode cooperative script berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.
Downloads
References
Ahmad Fujiyanto. “Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antar makhluk Hidup (Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No, 1 (2016)
Meilani, Rima, and Nani Sutarni. "Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar." Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper) 1.1 (2016): 176-187.
Mahdalena, Sari, and Moh Sain. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VA Siswa Sekolah Dasar Negeri 010 Sungai Beringin." Asatiza: Jurnal Pendidikan 1.1 (2020): 118-138)
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitiansuatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Ramli, Muhammad. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Pres
Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Konsep. Yogjakarta: Pustaka Belajar.
Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sutirman, (2013). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif, Yogyakarta: Media Ilmu
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri, kencana
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Â
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner are required to cite the original source, including the author's names, Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.