Tutor Sebaya Dalam Penerapan Integrated Curriculum Bagi Siswa Kelas V SDN Banjaransari 2 Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi
DOI:
https://doi.org/10.25273/wjpm.v1i2.12711Keywords:
integrated curriculum, kelompok kecil, tutor sebayaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan penerapan tutor sebaya dalam integrated curriculum  sebagai upaya meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Banjaransari 2, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi. Pembelajaran saat ini lebih banyak menggunakan metode daring, dikarenakan jumlah positif covid19 yang tinggi. Demi keselamatan anak didik kita sebagai tulang punggung bangsa kita, maka pembelajaran daring lebih diutamakan. Namun tentunya banyak sekali kendala yang dihadapi, karena tidak semua siswa memiliki HP. Semisal mereka memiliki HP, kuota internet mereka tidak punya. Atau data seluler yang mereka miliki jumlahnya sangat terbatas, atau provider jaringan data dalam keadaan down. Hal ini tentunya merupakan polemik yang tidak bisa kita hindarkan. Ada beberapa pihak yang memaksa pembelajaran tatap muka dengan kuota terbatas, ada yang tetap berkomitmen belajar daring lebih aman bagi siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan integrated curriculum dengan tutor sebaya merupakan solusi untuk pembelajaran di era pandemi. Karena siswa dibentuk menjadi kelompok-kelompok kecil, ada siswa yang memimpin dalam pembelajaran itu sehingga tercipta belajar berdasarkan zona aman nyaman bagi lingkungan mereka. Selain kelompok kecil diperlukan tutor sebaya sebagai perwakilan guru dalam menugaskan materi kepada siswa. Bisa dipastikan siswa belajar lebih konsentrasi, karena ketika mereka mengalami kesulitan mereka tidak akan malu bertanya kepada temannya.
Â
Downloads
References
Akbar, S.(2014). Studi Meta Analisis terhadap Pengembangan Perangkat dan Implementasi Pembelajaran Tematik di 4 SD. Pengembangan Perangkat dan Implementasi Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran di Sekolah. Malang: Universitas Malang.
Aqib, Zainal.( 2019). Manajemen Belajar & Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta : Pustaka Referensi.
Aqib, Zainal. (2020). Profesionalisme Guru dalam pembelajaran, 1(1) 1-5: Yama Widya.
Trianto.(2013). Model Pembelajaran Terpadu.Jakarta: Bumi Aksara
Trianto. (2012) . Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustaka.
Sutrisno, dan Herawati S. (2003). Pembelajaran Terpadu.Jakarta :Pusat Penerbit Universitas Terbuka.
Sukmadinata, Nana Syaodih.(2003). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sadeli,H.( 2013). Karakteristik Penelitian Kualitatif. Dalam Aminudin (Ed), Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra 12-25. Malang: HISKI Komisariat Malang dan YA3
https://www.kompasiana.com. (2021).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Â
Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner are required to cite the original source, including the author's names, Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) Authors grant Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner the right of first publication. Although authors remain the copyright owner.